Presiden Jokowi Berangkat Mudik ke Yogyakarta 30 April 2022, Dipastikan Tak Ada Halalbihalal
presidenri.go.id
Nasional

Mudik Lebaran 2022 tampaknya juga dilakukan oleh pemimpin Indonesia, Presiden Jokowi. Di samping itu, Wapres Ma'ruf Amin pun disebut juga akan mudik ke kampung halamannya.

WowKeren - Presiden Indonesia Joko Widodo pada Hari Raya Idul Fitri 1443 H atau Lebaran 2022, akan melaksanakan mudik. Akan tetapi, Jokowi tidak pulang ke kampung halamannya di Solo, melainkan memilih berlebaran di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Tengah.

Kepala Sekretarian Presiden, Heru Budi Hartono menuturkan bahwa Jokowi akan berangkat ke Yogyakarta pada Sabtu (30/4) besok. Akan tetapi, ia tidak mengungkapkan selama Jokowi di Yogyakarta ada agenda apa saja. "Berangkat Jogja hari Sabtu (30/4)," ungkap Heru kepada IDN Times, Jumat (29/4).

Sebagaimana diketahui, Jokowi sebelumnya juga telah menyampaikan bahwa ia akan mudik Lebaran 2022 ke Yogyakarta. Namun Jokowi juga tidak memaparkan agenda apa saja yang akan dilakukan selama berada di Yogyakarta.

"Saya mudik ke Solo, tapi saya enggak ke Solo, jadi saya ke Jogja," ungkap Jokowi saat meninjau pembangunan sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara pada Senin (25/4) lalu.


Lebih lanjut, Jokowi pun mengatakan bahwa ia juga akan melaksanakan salat Idul Fitri di Yogyakarta. Namun ia belum bisa memastikan akan berada di Yogyakarta berapa lama selama mudik Lebaran 2022.

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun memastikan tidak akan menggelar acara halalbihalal. Pasalnya acara tersebut dinilai berpotensi mengundang banyak orang. Sementara di Indonesia hingga saat ini masih berada dalam pandemi COVID-19.

"Enggak, seperti yang sudah saya sampaikan, halalbihalal, terutama yang menyangkut kerumunan orang banyak, pemerintah ajak sebaiknya tidak, utamanya para pejabat," tegas Jokowi.

Sama halnya dengan Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin pun berencana untuk mudik ke Banten. "Kalau mudiknya saya tidak jauh, saya kan mudik dekat sekali ke Banten situ, satu setengah jam," tutur Ma'ruf Amin dalam keterangannya, Selasa (26/4) lalu.

Terkait dengan melaksanakan salat Idul Fitri, berbeda dengan Jokowi yang melakukannya di Yogyakarta, Ma'ruf Amin menyebut kemungkinan akan melangsungkan ibadah tersebut di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. "Saya sendiri mungkin akan salat di Jakarta, mungkin di Istiqlal," beber Ma'ruf Amin.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait