Angka Kecelakaan di Musim Mudik Lebaran 2022 Disebut Turun 31 Persen Dibanding 2019
Nasional

Setelah pelaksanaan mudik Lebaran, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi berharap agar kasus COVID-19 juga bisa terkendali. Diharapkan tidak ada peningkatan kasus COVID-19 harian.

WowKeren - Puncak arus balik Lebaran 2022 telah berakhir dan rekayasa lalu lintas di sejumlah titik ruas jalan tol sudah dihentikan. Korlantas Polri lantas mengungkapkan bahwa angka kecelakaan saat mudik Lebaran tahun ini turun sebesar 31 persen dibanding tahun 2019.

"Tapi secara awal dulu kita sampaikan bahwa patut kita syukuri bahwa yang kita laksanakan kemarin sama-sama dengan masyarakat dan kehati-hatian yang dilaksanakan angka kecelakaan kita menurun 31 persen dibandingkan dengan angka 2019, fatalitas juga menurun," ungkap Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi, Senin (9/5).

Setelah pelaksanaan mudik Lebaran, Firman berharap agar kasus COVID-19 juga bisa terkendali. Diharapkan tidak ada peningkatan kasus COVID-19 harian.

"Inilah yang kami harapkan operasi lancar bisa bersilaturahmi, kecelakaan turun, fatalitas juga turun dan moga-moga COVID-nya juga tidak yang dibawa pulang kembali ke Jakarta," jelasnya.

Di sisi lain, Polda Jawa Barat mencatat ada 103 kecelakaan yang terjadi selama operasi Ketupat di Jabar. Dari ratusan insiden selama masa mudik Lebaran tersebut, 37 orang dilaporkan meninggal dunia.


Meski begitu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo, mengatakan bahwa jumlah kecelakaan tahun ini sudah menurun dibanding tahun sebelumnya. "Tahun ini ada 103 kejadian, sementara tahun lalu 133 kejadian," ungkap Tompo dilansir Kompas.com.

Tompo menjelaskan bahwa kecelakaan lalu lintas didominasi di jalur arteri Jabar dengan 97 kejadian. Enam kecelakaan lainnya terjadi di jalur tol. Adapun jumlah korban meninggal dunia tahun ini mencapai 37 orang, turun dibanding Lebaran tahun lalu yang mencatatkan 78 korban meninggal.

"Yang meninggal dunia ada 37. Sebanyak 36 korban di jalur arteri dan satu di jalur tol. Sedangkan untuk luka berat ada 29 orang dan luka ringan 137 orang," terangnya.

Di sisi lain, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menilai pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran 2022 telah berjalan lancar. Ia pun berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam arus mudik dan balik.

"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama dari seluruh pihak dan juga dari masyarakat, sehingga pengamanan arus mudik dan arus balik ini bisa berjalan dengan lancar dan baik," paparnya.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait