Asal Usul Hepatitis Akut Misterius Masih Membingungkan, Peneliti: Banyak yang Tak Masuk Akal
Dunia

Peneliti di sejumlah negara tampaknya tengah kebingungan dengan kasus hepatitis misterius yang menyerang anak-anak. Apalagi penyebab konvensional hepatitis biasa tak muncul dalam tes.

WowKeren - Kasus kerusakan hati misterius akut yang diidap ratusan anak kecil di seluruh dunia masih membingungkan para pakar dan pejabat kesehatan. Bukti terbaik yang tersedia menunjukkan penyakit perut yang cukup umum yang tidak diketahui menyebabkan masalah hati pada anak-anak yang sehat. Virus itu terdeteksi dalam darah anak-anak yang terkena penyakit itu, tetapi anehnya virus itu tidak ditemukan di hati mereka yang sakit.

“Ada banyak hal yang tak masuk akal,” kata Eric Kremer, peneliti virus di Institut Genetika Molekuler Montpellier, di Prancis, melansir Asahi Shimbun.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS dan para penyelidik di seluruh dunia sedang mencoba untuk memilah-milah apa yang terjadi. Penyakit itu bun dianggap langka. Pejabat CDC pekan lalu mengatakan mereka sekarang sedang menyelidiki 180 kemungkinan kasus di seluruh AS.

Sebagian besar anak-anak dirawat di rumah sakit, setidaknya 15 membutuhkan transplantasi hati dan enam meninggal. Lebih dari 20 negara lain telah melaporkan total ratusan kasus, meskipun jumlah terbesar ada di Inggris dan AS.

Gejala hepatitis atau radang hati termasuk demam, kelelahan, kehilangan nafsu makan, mual, muntah, sakit perut, urin berwarna gelap, tinja berwarna terang, nyeri sendi, dan penyakit kuning. Cakupan masalahnya baru mulai jelas bulan lalu, meskipun detektif penyakit mengatakan mereka telah mengerjakan misteri itu selama berbulan-bulan. Sangat sulit untuk menemukan penyebabnya, kata para ahli.

Penyebab konvensional peradangan hati pada anak-anak yang sehat--virus yang dikenal sebagai hepatitis A, B, C, D dan E--tidak muncul dalam tes. Terlebih lagi, anak-anak datang dari tempat yang berbeda dan sepertinya tidak ada paparan yang sama.


Apa yang muncul adalah adenovirus 41. Lebih dari setengah kasus di AS telah dites positif adenovirus, yang ada puluhan jenisnya. Dalam sejumlah kecil spesimen yang diuji untuk melihat jenis adenovirus apa yang ada, adenovirus 41 muncul setiap saat.

Fakta bahwa adenovirus terus muncul memperkuat kasus untuk memainkan peran, tetapi tidak jelas bagaimana, Dr Jay Butler, wakil direktur CDC untuk penyakit menular, mengatakan kepada The Associated Press.

Adenovirus sebelumnya telah dikaitkan dengan hepatitis pada anak-anak, tetapi kebanyakan pada anak-anak dengan sistem kekebalan yang lemah.

Analisis genetik baru-baru ini tidak menemukan bukti bahwa satu versi mutan baru dari virus yang harus disalahkan, kata Dr. Umesh Parashar, kepala kelompok CDC yang berfokus pada penyakit usus akibat virus.

Infeksi adenovirus tidak dilacak secara sistematis di AS, jadi tidak jelas apakah ada lonjakan aktivitas virus baru-baru ini. Faktanya, adenovirus sangat umum sehingga para peneliti tidak yakin apa yang membuat kehadiran mereka dalam kasus ini.

“Jika kita mulai menguji semua orang untuk adenovirus, mereka akan menemukan begitu banyak anak (yang memilikinya)," kata Dr. Heli Bhatt, ahli gastroenterologi pediatrik yang merawat dua anak Minnesota dengan masalah hati.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait