Warga Tokyo Enggan Copot Masker Meski Tak Lagi Diwajibkan, Sudah Jadi Kebiasaan?
pixabay.com/Ilustrasi/leo2014
Dunia

Di Jepang, orang-orang justru enggan melepas masker mereka terlepas dari kebijakan pemerintah yang telah melonggarkan penggunaan masker wajah di luar ruangan.

WowKeren - Selama dua tahun terakhir, orang-orang telah dibiasakan untuk hidup dengan kebiasaan baru sebagai bagian dari protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Salah satunya adalah pemakaian masker di tempat umum.

Namun kini, ketika kasus telah berangsur-angsur menurun, sejumlah negara mulai melonggarkan aturan mereka, termasuk salah satunya aturan untuk memakai masker. Di Jepang, orang-orang justru enggan melepas masker mereka terlepas dari kebijakan pemerintah yang melonggarkan penggunaan masker wajah di luar ruangan.

Sebagaimana diketahui, pemerintah pada 20 Mei mengatakan masker tidak diperlukan di luar ruangan di antara orang-orang yang menjaga jarak sosial yang tepat. Namun tetap merekomendasikan penggunaannya di kereta api.

Kendati begitu, kebanyakan orang di Tokyo masih mengenakan masker, dengan banyak yang mengutip tekanan teman sebaya sebagai alasannya. "Saya merasa tidak nyaman jika tidak memakai masker," kata seorang siswa SMA berusia 18 tahun.


Dia mengatakan akan terus mengenakan masker di luar ruangan selama jam perjalanan karena hampir semua orang di sekitarnya melakukannya. "Jika lebih banyak orang melepasnya, saya mungkin akan mengikutinya," tambahnya.

Sementara itu, ada juga orang yang tetap memakai masker mereka karena itu sudah menjadi kebiasaan selama pandemi. "Ketika saya melepasnya, saya harus menyimpannya di suatu tempat. Lagi pula, saya memakainya saat naik kereta," kata Kinoroku Ando, seorang berusia 82 tahun yang bersepeda ke kantor.

Menurut aturan pemerintah yang baru, warga yang melakukan aktivitas jogging atau bersepeda tidak perlu memakai masker. Seorang karyawan berlari tanpa masker. Dia mengatakan dia melepas masker untuk joggingnya tetapi memilih waktu dan tempat ketika ada lebih sedikit orang di sekitar.

Menurutnya, dia kadang-kadang menerima tatapan tidak menyenangkan ketika tidak memakai maskernya. "Ketika jumlah kasus infeksi berkurang, akan lebih mudah untuk melepasnya," katanya.

Mitsuhiko Asakura, seorang karyawan perusahaan berusia 39 tahun tidak memakai masker saat bermain futsal. Namun jika berada di luar lapangan, dia biasanya memakai masker karena dia khawatir tentang apa yang mungkin dipikirkan orang lain. Dia baru akan merasa nyaman untuk melepas maskernya ketika perbandingan jumlah orang yang memakai dan tidak memakai 50-50.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait