Buntut Ratusan CPNS Mengundurkan Diri: Sebagian Kursi Kosong Bakal Diisi Pelamar Lain
Instagram/bkngoidofficial
Nasional

Sebelumnya, telah terungkap alasan 105 orang CPNS yang lolos seleksi tahun 2021 mengundurkan diri. Kini jumlah CPNS yang mengundurkan diri berkurang lantaran akan diisi calon yang lain.

WowKeren - Pada pemberitaan sebelumnya, disebutkan ada 105 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lolos seleksi tahun 2021 mengundurkan diri. Namun kini jumlah tersebut menjadi 100 orang, lantaran 5 kursi kosong itu akan digantikan oleh peserta seleksi CPNS yang berada di urutan setelahnya.

"Angka CPNS yang mengundurkan diri turun (100, dibanding minggu kemarin 105) karena instansi biasanya masih berusaha menggantikan peserta yang mundur," ujar Kepala Biro (Karo) Hukum, Humas, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama kepada Kompas.com, Jumat (27/5).

Lebih lanjut, Satya menerangkan bahwa kursi CPNS yang ditinggalkan itu masih bisa diganti jika CPNS sebelumnya belum mendapat penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP). Nantinya kursi tersebut akan diisi oleh peserta seleksi CPNS yang berada di urutan selanjutnya.

Berdasarkan aturan yang tertuang dalam Pasal 54 Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Nomor 27 Tahun 2021, pelamar yang dinyatakan lulus seleksi CPNS diangkat dan ditetapkan sebagai calon PNS setelah mendapat persetujuan teknis oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan penetapan NIP dari Kepala BKN.


Setelah itu, calon PNS wajib menjalani masa prajabatan atau percobaan selama satu tahun lamanya. Masa prajabatan ini dilaksanakan melalui proses pendidikan dan pelatihan yang hanya dapat diikuti sekali.

Apabila calon PNS dinyatakan memenuhi syarat yakni lulus pendidikan dan pelatihan serta sehat jasmani dan rohani, kata Satya, maka yang bersangkutan diangkat menjadi PNS oleh PPK. Meski demikian, CPNS juga memiliki kesempatan untuk mengundurkan diri.

"Jadi memang bisa digantikan oleh peserta ranking di bawahnya, namun dengan catatan belum diajukan NIP-nya," jelas Satya. "Oleh karena itu, angka yang mengundurkan diri turun minggu ini."

Sementara terkait alasan mundurnya 105 CPNS yang lolos seleksi tahun 2021 itu salah satunya adalah gaji dan tunjangan yang akan diterima. Menurut Satya mereka kaget melihat gaji dan tunjangan yang akan diterima sebagai PNS terlalu kecil.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait