Pedagang Pasar Sambut Zulkifli Hasan yang Kini Resmi Jadi Menteri Perdagangan
Nasional

Selain Menteri Perdagangan, Jokowi juga mengganti Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil dan memberikan jabatannya kepada mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto.

WowKeren - Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan telah resmi dilantik menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi pada Rabu (15/6) siang ini. Zulkifli mengaku baru diberitahu akan meduduki jabatan Mendag pada Selasa (14/5) malam.

"Saya baru tahu semalam. Dikasih tahu jam 7 diundang Istana," ungkap Zulkifli di kantor Kementerian Perdagangan. "Saya bilang siap perintah."

Terkait pelantikan Zulkifli sebagai Mendag baru, sejumlah pihak menyambut baik keputusan Presiden Joko Widodo tersebut. Salah satunya adalah Ikatan Pedagang Pasar Indonesia atau Ikappi.

"Ikappi mengucapkan welcome to jungle kepada Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan," ujar Ketua Umum DPP Ikappi, Abdullah Mansuri, kepada Jawa Pos.


Menurut Abdullah, posisi Mendag kini cukup rumit. Mengingat ada sejumlah persoalan yang harus ditangani, mulai dari isu minyak goreng hingga distribusi hewan kurban terkait Idul Adha.

"Memang ini tidak bisa diselesaikan secara langsung tetapi harapan Ikappi ada upaya perbaikan, penertiban dan konsolidasi nasional untuk kembali memulihkan ekonomi dalam negeri," paparnya.

Ia lantas menyambut dan mengucapkan selamat kepada Zulkifli yang kini menjabat sebagai Mendag. Abdullah menjelaskan bahwa diperlukan penguatan program untuk keberhasilan pangan nasional.

"Belum bisa banyak berkomentar terhadap Mendag yang baru, tetapi kami ingin menyambut. Welcome to jungle kepada Pak Menteri," katanya. "Belantara hutan ini harus diperbaiki, dirapikan dan satu harapan kami berpihak lah kepada pedagang pasar tradisional, berpihaklah kepada UMKM dan perkuat perdagangan dalam negeri agar tidak tersesat di dalam hutan."

Di sisi lain, Jokowi tidak hanya melakukan reshuffle terhadap posisi Mendag. Sang Presiden juga mengganti Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil dan memberikan jabatannya kepada mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru