Thailand Cabut Aturan Wajib Masker, Kecuali untuk Golongan Tertentu
Dunia

Pemakaian masker disarankan untuk golongan tertentu ketika berhadapan dengan orang lain, seperti orang yang berusia 60 tahun ke atas dan wanita hamil, serta penderita kanker.

WowKeren - Penurunan kasus COVID-19 di Thailand menjadikannya semakin terkendali, dengan kekinian pemerintah telah memutuskan untuk menghentikan kewajiban memakai masker bagi warganya. Menurut pengumuman yang ditandatangani oleh Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha, Thailand tidak lagi mengharuskan orang untuk memakai masker.

Dalam pengumuman yang dimuat dalam Royal Gazette tertanggal 23 Juni tersebut, pemakaian masker menjadi bersifat sukarela, baik untuk masker higienis maupun kain. Pengumuman itu dikeluarkan sebagai tanggapan atas situasi COVID-19 yang membaik di negara itu.

Menurut CNA, Kementerian Kesehatan Masyarakat Thailand telah mencabut mandat untuk memakai masker baik untuk ruang dalam dan luar ruangan. Pengumuman Royal Gazette juga mengatakan bahwa orang-orang masih disarankan untuk memakai masker di tempat atau area ramai, di mana jarak sosial tidak memungkinkan atau ventilasi tidak baik.


Pemakaian masker juga disarankan untuk golongan tertentu ketika berhadapan dengan orang lain, seperti orang yang berusia 60 tahun ke atas. Wanita hamil, dan penderita kanker, diabetes, penyakit kardiovaskular, atau penyakit ginjal kronis juga disarankan hal yang sama.

Individu yang terinfeksi COVID-19 dan kontak berisiko tinggi, serta orang dengan penyakit pernapasan, juga harus menggunakan masker untuk kebaikan mereka sendiri. Pelonggaran protokol kesehatan terkait COVID-19 lainnya yang tercantum dalam pengumuman itu juga mencakup operasi tempat hiburan, pub, bar, dan restoran yang menjual alkohol yang diizinkan buka lagi.

Namun, pelaku usaha harus tetap mematuhi undang-undang dan langkah-langkah pencegahan penyakit. Sebelumnya, bisnis hanya dapat beroperasi dan menyajikan alkohol hingga tengah malam. Dengan diberlakukannya kebijakan ini, pemerintah berharap agar masyarakat bisa hidup dan melakukan kegiatan sosial dan ekonomi dengan cara yang mendekati normal.

Prayut Chan-o-cha sebelumnya juga sempat menyampaikan rasa terima kasih ke publik Thailand karena kerja sama mereka untuk tetap mengenakan masker. Berkat langkah semacam itu, Thailand disebutnya mampu mengontrol penyebaran COVID-19.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait