Panda Jantan Raksasa yang Hidup Paling Lama di Dunia Meninggal Diusia 35 Tahun
Dunia

Kabar duka tersebut disampaikan oleh pihak kebun binatang di Hong Kong yang selama ini merawat panda yang hidup terlama di dunia tersebut. Kabar meninggalnya panda itu disampaikan pada Kamis (21/7).

WowKeren - Kabar duka datang dari kebun binatang di Hong Kong. Panda jantan raksasa yang hidup paling lama di dunia telah meninggal di usia 35 tahun. Panda tersebut memiliki nama An An.

Kabar meninggalnya pandan raksasa yang memiliki usia terpanjang di dunia itu disampaikan oleh pihak kebun binatang Hong Kong, yang merupakan tempat hewan asal Tiongkok itu menghabiskan sebagian besar hidupnya pada Kamis (21/7). Sebelum meninggal, kesehatan An telah memburuk dalam beberapa pekan terakhir.

Kemudian keadaan tersebut juga semakin diperparah dengan penurunan aktivitas fisik An, nafsu makan yang menurun, dan dia pun di-eutanasia oleh dokter hewan pada Kamis (21/7) pagi. Hal ini berdasarkan dari sebuah pernyataan dari Taman Hiburan dan Kebun Binatang Ocean Park.

Di sisi lain, pihak taman mengatakan bahwa usia An setara dengan 105 tahun usia manusia. Sementara untuk meng-eutanasia An juga merupakan keputusan sulit yang dibuat untuk ulasan kesejahteraan dengan berkonsultasi dengan para ahli Tiongkok.


Sebagai informasi, An An merupakan panda yang lahir di alam liar di Provinsi Sichuan China daratan. An An sendiri diketahui merupakan salah satu dari sepasang panda yang dihadiahkan ke Hong Kong oleh Beijing untuk merayakan ulang tahun kedua penyerahan kota itu dari Inggris pada tahun 1999.

An An dan pasangannya yakni Jia Jia pun menghabiskan sisa hidupnya di Ocean Park. Mereka bahkan disebut sebagai pasangan terhormat. Pasalnya, Jia Jia juga memegang rekor dunia Guinness untuk panda tertua yang masih hidup dan yang pernah ada di penangkaran ketika dia meninggal diusia 38 tahun pada 2016 lalu.

Sedangkan menurut World Wildfire Fund, rentang hidup rata-rata panda di alam liar adalah 14-20 tahun. Setelah kematian Jia Jia, kehidupan An An di tahun 2021 disebut dihabiskan dengan menyendiri.

Bahkan saat merayakan ulang tahunnya yang ke-35 tahun, An An sendirian dengan buah Haagen-Dasz dan kue es bambu, dengan dikelilingi oleh sejumlah kartu ulang tahun buatan tangan dari staf Taman.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait