JYP Entertainment Berencana Stop Produksi Album Fisik, Dinilai Bakal Ngaruh ke TWICE dkk
Musik

Selama Laporan ESG JYP 2021, Park Jin Young membahas berbagai cara JYPE berupaya membuat dampak terhadap lingkungan, termasuk rencana untuk mengganti dan mereformasi CD artis mereka.

WowKeren - Album fisik K-Pop adalah bagian unik dan penting dari cara penggemar mendukung grup idol favorit mereka. Album sering kali terdiri dari 25 hingga 100 halaman foto, poster, dan photocard. Seperti yang bisa dibayangkan, album K-Pop sering membawa risiko menjadi sampah karena pembelian massal (membeli banyak album yang sama) lazim. Hal inilah yang sedang dihindari JYP Entertainment.

Penggemar sering membeli beberapa album fisik karena berbagai alasan: untuk mendapatkan photocard yang berbeda, untuk membantu meningkatkan jumlah penjualan album, dan untuk masuk ke acara fansign. Satu penggemar dapat menghasilkan ribuan penjualan album, dengan beberapa individu membeli ulang lebih dari 100 album untuk kesempatan berbicara dengan grup favorit mereka.

Di masa lalu, organisasi nirlaba di Korea mengeluhkan penggemar yang menyumbangkan album "kosong" (photocard dan konten internal lainnya telah diambil) dan yang agak rusak dalam jumlah besar sebagai cara untuk "membuang" album. Seringkali para penggemar ini akan meminta sertifikat donasi dan siaran pers meskipun album-album tersebut tidak banyak berguna bagi siapa pun yang mereka beri.

Meskipun sebelumnya mengatakan bahwa penjualan album fisik mengalahkan kesuksesan grup atas penjualan digital, Park Jin Young dan JYP Entertainment telah mendiskusikan rencana grup di bawah agensi tersebut untuk mengganti album fisik dengan versi digital ramah lingkungan dari album yang hanya dilengkapi dengan photocard dan menggunakan akses kode untuk semua konten lainnya.


Selama Laporan ESG JYP 2021 yang dirilis pada awal Agustus 2022, Park Jin Young membahas berbagai cara JYPE berupaya membuat dampak terhadap lingkungan, termasuk rencana "untuk mengganti dan mereformasi CD artis kami."

Grup dan perusahaan lain sudah mulai menerapkan upaya mereka sendiri pada album yang lebih ramah lingkungan. Victon merilis versi album mereka yang hanya dilengkapi dengan photocard di awal tahun 2022, sementara HYBE telah bereksperimen dengan berbagai versi digital album untuk grup mereka, termasuk album solo J-Hope.

Album ramah lingkungan J-Hope disambut dengan hasil yang beragam karena banyak penggemar mengeluh bahwa mereka lebih memilih album fisik untuk koleksi mereka sendiri. Ini adalah salah satu masalah yang dimiliki penggemar grup JYPE dengan pengumuman perusahaan serta penggemar sering bangga menlengkapi koleksi album artis yang mereka sukai.

Banyak penggemar juga khawatir tentang jumlah penjualan fisik untuk grup. Stray Kids dan TWICE sama-sama telah menjual 1 juta copy album di bawah label. Penjualan album fisik membantu grup peringkat lebih tinggi di tangga lagu di seluruh dunia termasuk Billboard dan penghargaan pengaruh yang dimenangkan.

Banyak penggemar, bagaimanapun, menghargai keadaan lingkungan atas penjualan album dan melihat perubahan sebagai hal yang positif. Pengurangan limbah album akan menjadi langkah ke arah yang benar, terutama untuk perusahaan besar seperti JYP, dan menjadi contoh bagi perusahaan lain untuk diikuti, setidaknya ke arah yang ramah lingkungan. Perusahaan diharapkan akan menemukan cara agar opsi album fisik dan ramah lingkungan tersedia dan mencegah pembelian massal album fisik untuk fansign terjadi.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait