Istana Ungkap Formasi Paskibraka Upacara HUT RI ke-77 Lengkap, Gladi Kotor Digelar Besok
YouTube/SekretariatPresiden
Nasional

Menurut Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, para peserta Upacara HUT RI ke-77 telah melakukan latihan langsung di Istana pada Jumat (12/8) hari ini. Gladi kotor pertama upacara akan digelar pada Sabtu (13/8) besok.

WowKeren - Upacara HUT RI ke-77 di halaman Istana Merdeka akan dilaksanakan dengan formasi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) lengkap. Hal ini disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

"Semua pasukan penuh 17-8-45 kita mainkan," terang Heru di Kompleks Istana Kepresidenan pada Jumat (12/8). "Selama latihan pakai masker dan hari H pakai masker."

Menurut Heru, para peserta Upacara HUT RI ke-77 telah melakukan latihan langsung di Istana pada Jumat hari ini. Gladi kotor pertama upacara akan digelar pada Sabtu (13/8) besok.

Selain itu, seluruh peserta dari Paskibraka, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), dan prajurit dari tiga matra TNI juga akan berlatih bersama pada Sabtu besok. Istana juga akan menggelar gladi bersih pada Senin (15/8) minggu depan.

"Mulai besok sudah ada latihan menyamakn waktu detik-detik untuk fly pass karena kita kunci di detik- detik proklamasi ada jamnya, menitnya, ada detiknya," paparnya.


Sebagai informasi, fly pass adalah atraksi sejumlah pesawat tempur TNI Angkatan Udara (AU) yang akan ditunjukkan menjelang peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia.

"Untuk fly pass, dari Angkatan Udara dikerahkan penuh," ungkapnya. "Tetapi ada peragaan helikopter nanti lintas dari AU, Angkatan Laut, Polri, dan lainnya itu juga. Mungkin ada 6-8 helikopter."

Diketahui, Istana Kepresidenan akan menggelar dua kali upacara dalam puncak peringatan HUT RI ke-77 pada Rabu (17/8) pekan depan. Yang pertama adalah upacara kenaikan bendera Merah Putih yang dimulai pada pukul 09.45 WIB, dengan mengundang sekitar 1.000 hingga 2.000 warga untuk menyaksikan secara langsung.

Dan yang kedua adalah upacara penurunan bendera Merah Putih yang dimulai sekitar pukul 15.00 WIB, dengan mengundang sekitar 3.000 warga. Ini merupakan pertama kalinya Istana Kepresidenan menggelar upacara HUT Kemerdekaan RI secara terbuka dengan mengundang masyarakat pasca pandemi COVID-19.

"Harus menggunakan masker, minimal tes negatif antigen, sudah mendapat vaksin booster dan mengikuti aplikasi PeduliLindungi," tegas Heru. "Itu daftar syarat pertama untuk turut hadir di Istana."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait