Jokowi Tunjuk Azwar Anas Jadi MenPAN-RB, Dijadwalkan Dilantik 7 September 2022
Instagram/azwaranas.a3
Nasional

Setelah ditunggu-tunggu, Presiden Jokowi akhirnya menunjuk pengganti MenPAN-RB Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia. Jokowi diketahui menunjuk Azwar Anas untuk mengisi posisi MenPAN-RB.

WowKeren - Posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) sebelumnya sempat kosong setelah MenPAN-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia. Namun kini, Presiden Joko Widodo tampaknya telah menunjuk pengganti Tjahjo.

Jokowi disebut akan melantik Azwar Anas sebagai MenPAN-RB baru. Adapun pelantikan ini direncanakan digelar di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (7/9) hari ini.

"Besok (hari ini), jam 13.30 (pelantikan MenPAN-RB baru), Azwar Anas (yang dilantik)," ujar sumber dari Liputan6.com di lingkungan pemerintahan, Rabu (7/9).

Sebagai informasi, Azwar Anas merupakan kader dari PDI Perjuangan yang saat ini tengah menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP). Selain itu, ia juga merupakan Bupati Banyuwangi periode 21 Oktober 2010-17 Februari 2021.

Azwar Anas diketahui juga sempat menjadi anggota MPR RI Fraksi Utusan Golongan. Ia mengawali karirnya sebagai politikus PDIP itu pada tahun 1997 silam.


Namun pada tahun 2004, Azwar sempat menjadi anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sayangnya, ia gagal melanjutkan karir di parlemen pada Pemilu lima tahun kemudian.

Setelah gagal dalam Pemilu, Azwar pun kembali ke kampung halamannya dan mengikuti Pilkada Banyuwangi. Ia pun berhasil dan terpilih sebagai Bupati Banyuwangi pada periode 2010-2015. Kemudian, ia kembali terpilih pada periode berikutnya.

Di tengah-tengah masa jabatannya, Azwar pun sempat mengikuti Pilgub Jawa Timur pada tahun 2018. Pada kala itu, ia menjadi calon Wagub dan berpasangan dengan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. Akan tetapi, perjalanan politiknya ini menemui kegagalan setelah beredar di publik dugaan foto syurnya.

Setelah itu, Azwar kembali bergabung dengan PDIP dan menjadi salah satu kader kebanggaan Parpol tersebut. Sebelumnya, sempat beredar isu bahwa Azwar Anas akan menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Bahkan, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto pun menyebut Azwar merupakan salah satu kandidat presiden dari PDIP.

Sebelum akhirnya menunjuk Azwar Anas menjadi MenPAN-RB, Jokowi sempat menunjuk sejumlah menterinya sebagai Plt MenPAN-RB, di antaranya adalah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, HAM (Menko Polhukam) Mahfud MD.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait