Jenazah Ratu Elizabeth II Dibawa ke Edinburg Lewat Jalur Darat
Dunia

Ratu Elizabeth II telah berpulang pada 8 September 2022 di usianya yang 96 tahun, atas berpulangnya sosok yang berpengaruh di dunia ini akan dimakamkan di Kapel St George.

WowKeren - Dipenuhi suasana haru, peti mati yang membawa Ratu Elizabeth II meninggalkan Balmoral pada Minggu pagi (11/9). Dilaporkan bahwa peti mati yang membawa jenazah sang Ratu akan memulai perjalanan perpisahan sembilan hari ke tempat peristirahatan terakhirnya di Windsor.

Sebuah mobil jenazah yang membawa jenazah Ratu Elizabeth II meninggalkan kastil Skotlandia pada pukul 10 pagi waktu setempat dan dijadwalkan untuk berkendara perlahan melalui jalur darat sejauh lebih dari 175 mil ke Istana Holyroodhouse di Edinburgh. Peti matinya akan dibaringkan di Ruang Tahta di istana kerajaan Skotlandia sebelum dibawa ke Katedral St. Giles pada hari Senin dalam prosesi yang mencakup Raja Charles III yang baru naik tahta.

Seperti diketahui, Ratu Elizabeth II akan beristirahat di katedral selama 24 jam dan anggota masyarakat akan dapat berjaga di peti matinya. Putri satu-satunya mendiang Ratu, Putri Anne diperkirakan akan mengantar jenazah ibunya ke London melalui pesawat.


Ratu Elizabeth akan dibawa ke Istana Buckingham di mana peti matinya dijadwalkan untuk beristirahat di Bow Room. Jenazahnya dijadwalkan untuk dibawa dengan kereta meriam Artileri Kuda Kerajaan Pasukan Raja dalam prosesi publik dan parade militer dari istana ke Westminster Hall pada Rabu pagi.

Peti mati itu kemudian akan disemayamkan selama empat hari penuh di bawah penjagaan 24 jam oleh tentara Inggris sebelum mulai dibawa dalam prosesi ke Westminster Abbey untuk pemakaman kenegaraan pada 19 September. Jenazah endiang ratu pun kemudian akan dibawa ke Kapel Windsor dan dikebumikan di Kapel St George.

Sementara itu, Ratu Elizabeth akan dimakamkan di dekat orangtua serta mendiang suaminya, Pangeran Philip yang meninggal pada April 2021 pada usia 99 tahun. Untuk berada di sebelah peristirahatan terakhir, makam Pangeran Philips akan dipindahkan untuk berada di sisi Ratu Elizabeth II.

Banyak kerumunan orang berkumpul saat iring-iringan yang membawa peti mati Ratu Elizabeth II melewati jembatan Raja George VI dalam perjalanan dari Balmoral ke Edinburgh. Karangan bunga yang dirangkai dari beberapa bunga favorit Elizabeth juga menghiasi peti jenazah. Bunga berjenis heather putih, dahlia, dan sweat pea itu semuanya diambil dari kebun Kastil Balmoral.

(wk/taki)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel