Oscar Lawalata Resmi Ganti Kelamin di KTP-Paspor, Ibunda Sempat Takut Berubah Drastis
Instagram/oscarlawalata
Selebriti

Oscar Lawalata sudah mengganti kelamin dan namanya, Asha Smara Darra, di KTP, paspor dan identitas lainnya. Disisi lain, ibunda Oscar, Regina Lawalata, sempat kembali curhat perasaannya terkait perubahan sang anak.

WowKeren - Desainer Oscar Lawalata buka suara seputar perubahan yang ia alami setelah melakukan operasi ganti kelamin. Dalam talk show "Kick Andy", Oscar membeberkan kalau ia secara legal sudah resmi berganti kelamin dan menyandang nama Asha Smara Darra.

"Semua dokumen sudah sesuai dengan nama saya dan itu resmi," seru Asha. "Saya datang ke persidangan melalui pengadilan di Indonesia dan memang prosedurnya begitu. Sebaiknya kalau kita sudah mengganti kelamin kita, semua sebaiknya kita laporkan juga. Karena memang secara hukum di Indonesia itu akan diganti sesuai jenis kelamin kita."

Presenter "Kick Andy", Andy F Noya, juga menanyai soal hubungan Asha dengan sang ibu, Regina Lawalata, yang kabarnya renggang. Asha tak menampik kalau sang ibu ketakutan atas perubahan drastis dirinya.

"Karena pemahaman mama saya terhadap sosok transgender itu dan dia takut pada waktu ada perubahan ini, saya tidak mendapatkan seperti apa yang saya bayangkan," kata Asha. "Ini cukup berat buat keluarga saya. Sampai mama bilang, 'Ini apalagi? Saya sudah gak kuat'. Mama takut saya mengubah penampilan saya secara drastis. Karena mama saya melihat transgender begitu. Saya bilang, saya punya style lho, jangan dilihat saya tampil seheboh apa."

Regina pun sempat dihadirkan di sesi obrolan tersebut. Regina sempat flashback soal pendapatnya terkait keputusan Oscar menjadi perempuan.


"(sekarang) Sudah ikhlas," kata Regina. "Tentu sebagai seorang ibu, kita kan kalau melahirkan itu sudah jelas anaknya laki dan perempuan. Dari kecilnya Asha saya melihat, dia lebih halus atau lebih feminin dari pada Mario (Mario Lawalata). Pada saat dia SD saya nggak terganggu, tapi begitu dia SMP, saya sudah melihat kenapa dia berbeda. Pada suatu saat dia juga bertanya kenapa dia berbeda dari Mario. Itu sulit sekali saya jawab."

Regina pun memilih berdoa pada Tuhan agar ia dan Asha diberi jawaban yang bisa diterima keduanya. Ia juga sempat merasa perubahan Asha ini karena dosa yang telah ia perbuat di masa lalu. Ia juga selalu menjadi tameng buat Asha karena sejak kecil selalu dipandang berbeda.

"Karena terlalu lama single mom, apakah ini ada pengaruh juga. Tapi kenapa Mario nggak," kata Regina. "Tapi pelan-pelan saya mencoba menjadi Asha, saya mulai berpikir, kalau dia punya perasaan begini, bagaimana cara dia bahagia. Karena dia tidak seperti adiknya. Saya selalu jadi tameng, penderitaan dia saya bisa merasakan."

Karena terlalu protektif, Regina pun secara tak langsung menentang keputusan Asha menjadi perempuan. Ia beberapa kali menasihati Asha terkait dosa dan mengingatkan soal Tuhan. Namun Asha berusaha memberikan pengertian agar sang ibu bisa menerima perubahannya.

"Saya sebagai ibu tidak boleh egois," kata Regina. "Saya nggak marah, saya berterima kasih pada Tuhan diberi anak seperti Oscar, banyak hal membanggakan saya. Tapi kenapa Tuhan kasih? Oh itu mungkin jawaban Tuhan, 'Harus ibu seperti kamu yang punya anak seperti ini'."

Walau sempat susah menerima, Regina juga menghargai perjuangan Asha dan konsistennya untuk menjadi perempuan. Ia pun ikhlas menerima keputusan Asha tersebut.

(wk/riaw)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru