Konser 'BORN PINK' BLACKPINK di Vietnam Kena Kontroversi Lagi Hingga Terancam Batal H-1
Twitter/BLACKPINK
Musik

Pusat Perlindungan Hak Cipta Musik Vietnam (VPMC) telah meminta Komite Rakyat Hanoi untuk mencabut izin konser BLACKPINK di Vietnam, yang dijadwalkan akan diadakan pada 29 dan 30 Juli.

WowKeren - Izin konser BLACKPINK di Vietnam dapat dicabut karena kontroversi baru mengenai biaya royalti. Menurut media lokal Vietnam VN Express pada Jumat (28/7), Pusat Perlindungan Hak Cipta Musik Vietnam (VPMC) telah meminta Komite Rakyat Hanoi untuk mencabut izin konser BLACKPINK di Vietnam, yang dijadwalkan akan diadakan di My Dinh National Stadion di Hanoi pada 29 dan 30 Juli.

Secara khusus, VCPMC adalah satu-satunya organisasi di Vietnam yang disahkan oleh Asosiasi Hak Cipta Musik Korea (KOMCA). Namun, VCPMC menyatakan bahwa penyelenggara konser BLACKPINK, iME, "telah gagal mendapatkan izin dan membayar royalti yang diperlukan untuk melisensikan hak cipta penggunaan materi BLACKPINK di Vietnam".

Mengenai masalah ini, KOMCA menyatakan bahwa mereka mengirimkan dokumen yang relevan sebagai tanggapan atas permintaan VCPMC dan menyebutkan bahwa biaya royalti biasanya diselesaikan di muka, ada kasus di mana hal itu diselesaikan setelah konser. Komite Rakyat Hanoi saat ini sedang menyelidiki masalah tersebut.


Sebelumnya, konser BLACKPINK di Vietnam memicu kontroversi karena situs web kantor pusat iME menunjukkan Nine-Dash Line (Sembilan Garis Putus-putus) di petanya, sehingga menarik perhatian. Nine-Dash Line adalah masalah besar, mengingat negara-negara Asia Tenggara termasuk Vietnam dan Filipina berselisih dengan Tiongkok atas klaim kedaulatan di Laut China Selatan.

Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Vietnam, yang telah menanggapi dengan tegas kontroversi Nine-Dash Line, menyatakan bahwa setiap publikasi atau promosi materi yang menunjukkan Nine-Dash Line melanggar hukum Vietnam dan tidak akan ditoleransi. Akibatnya, iME menghapus peta yang bermasalah dan mengeluarkan permintaan maaf, dan Komite Rakyat Hanoi memberikan izin untuk konser BLACKPINK pada tanggal 25.

Meskipun ada kekhawatiran bahwa konser tersebut akan dibatalkan karena masalah biaya royalti yang disebutkan di atas, kemungkinan besar hal itu tidak akan terjadi karena puluhan ribu tiket telah terjual. Konser ini diperkirakan akan menarik sekitar 36.000 penonton setiap harinya.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait