Pejabat Komisi Penyiaran Sebut Akan Bahas Kontroversi 'Iklan IPhone' NewJeans Di Sidang Komite
Instagram
TV

Dalam panggilan telepon dengan iNews24 pada tanggal 9 Agustus, seorang pejabat dari KOCSC (Komisi Standar Komunikasi Korea) berbicara soal kontroversi iklan IPhone NewJeans.

WowKeren - Usai girlband NewJeans muncul dengan ponsel iPhone 14 Pro di panggung siaran musik, Komisi Standar Komunikasi Korea (KOCSC) pun meninjau siaran tersebut. Dalam panggilan telepon dengan iNews24 pada tanggal 9 Agustus, seorang pejabat dari KOCSC berbicara soal kontroversi tersebut.

"Keluhan tentang kontroversi atas kontroversi iklan iPhone NewJeans terus berlanjut. KOCSC telah menerima pengaduan dan sedang meninjau konten terkait. Kami akan memutuskan apakah akan mengangkat masalah ini di komite sesudahnya," ujar seorang pejabat dari KOCSC.

Sedangkan bagian yang bermasalah adalah pada siaran 30 Juli dari acara musik SBS “Inkigayo”. NewJeans, yang baru-baru ini menjadi model iPhone dari merk ponsel pintar Apple, tiba-tiba mengeluarkan iPhone 14 Pro di akhir pertunjukan dan saling memotret dimana pertunjukan tersebut juga disiarkan melalui mata kamera iPhone.


Gambar anggota NewJeans yang memegang iPhone bergantian muncul di media sosial. Di panggung sekitar 2 menit 30 detik, NewJeans menyutradarai sekitar 20 detik iklan tidak langsung. Sebagian besar panggung diarahkan sebagai iklan tidak langsung dan bahkan close-up dibuat cukup untuk mengenali iPhone, menyebabkan kontroversi.

Pasalnya menurut Undang-Undang Penyiaran dan peraturan tentang musyawarah penyiaran, iklan tidak langsung mengacu pada pemaparan produk iklan tidak langsung, dan lain-lain yang tidak terkait dengan pengembangan atau komposisi konten program siaran, sehingga sangat mengganggu arus tontonan. Selain itu, iklan yang memengaruhi pengembangan atau komposisi konten program penyiaran tunduk pada pertimbangan.

KOCSC meninjau bagian formal seperti tingkat pemaparan dan waktu penyiaran, dan KOCSC meninjau bagian konten untuk melihat apakah konten dari bagian yang relevan sesuai dengan iklan tidak langsung. Keputusan sendiri diambil melalui musyawarah oleh KOCSC atau rapat paripurna.

(wk/aiss)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait