Birthday Spotlight: Happy Jang Won Young Day
Instagram/for_everyoung10
Selebriti

Wonyoung merayakan ulang tahunnya yang ke-19 (20 tahun menurut perhitungan Korea) pada 31 Oktober lalu. Simak perjalanan karier idol yang visualnya diakui tersebut lewat Birthday Spotlight pekan ini.

WowKeren - Seperti pekan-pekan sebelumnya, tim redaksi WowKeren kembali mengulas perjalanan karir bintang Korea Selatan melalui rubrik mingguan Birthday Spotlight. Kali ini, idol populer yang menghiasi rubrik Birthday Spotlight adalah Jang Won Young IVE.

Giselle merayakan ulang tahunnya yang ke-19 (20 tahun menurut perhitungan Korea) pada 31 Oktober lalu. Menariknya, Wonyoung pertama kali diperkenalkan kepada publik lewat acara survival "t=Produce 48]" di mana saat itu usianya belum menginjak 14 tahun.

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Wonyoung lahir di Seoul pada 31 Agustus 2004. Ayahnya, Jang Walseung, mengoperasikan restoran masakan Tiongkok generasi ketiga milik keluarganya di Daerim-dong, Yeongdeungpo-gu, Seoul. Wonyoung punya kakak perempuan, aktris Jang Da Ah, yang juga merupakan artis di bawah naungan Starship Entertainment.

Setelah debut dengan IZ*ONE, label grup Off the Record mengumumkan niat Wonyoung untuk menyelesaikan pendidikan melalui home-schooling pada bulan April 2019. Dia kemudian meninggalkan Sekolah Menengah Yonggang dan mengikuti ujian kualifikasi, lulus dengan nilai sempurna dalam bahasa Korea, bahasa Inggris dan matematika. Wonyoung lulus dari School of Performing Arts Seoul pada 9 Februari 2023.

2. Debut


Debut
Twitter/official_izone/IVEstarship

Dari 15 Juni hingga 31 Agustus 2018, Wonyoung mewakili Starship Entertainment bersama Ahn Yujin dan Cho Kahyeon di acara televisi realitas survival girl grup "Produce 48". Dia akhirnya menempati posisi pertama dan debut dengan IZ*ONE.

Mini album debut Korea IZ*ONE, "Color*Iz", dirilis pada 29 Oktober 2018 di bawah label Off the Record dengan "La Vie en Rose" sebagai single utama. Baik mini album maupun single utamanya langsung meraih kesuksesan komersial, membuat grup ini memenangkan penghargaan Rookie of the Year di beberapa acara, termasuk Golden Disc Awards dan Seoul Music Awards.

Setelah pembubaran IZ*ONE pada 29 April 2021, Wonyoung kembali ke Starship Entertainment sebagai trainee bersama rekan satu grup dan rekan satu labelnya, Yujin. Pada 4 November 2021, Starship Entertainment mengungkapkan Wonyoung sebagai salah satu dari enam member girl grup baru mereka, IVE. Pada tanggal 1 Desember 2021, Wonyoung resmi debut sebagai member IVE dengan merilis album single "ELEVEN".

3. Puncak Karier


Puncak Karier
Twitter/IVEstarship

Pada 5 April 2022, Wonyoung bersama IVE merilis album single kedua mereka, "LOVE DIVE, dipimpin oleh single dengan nama yang sama. Satu minggu setelah dirilis, lagu tersebut menjadi viral dan mencapai 200 juta penayangan untuk tantangan TikToknya. "LOVE DIVE" naik ke nomor satu di Circle Digital Chart, menjadi lagu nomor satu pertama mereka di Korea Selatan. Single ini juga menarik 28,9 juta streaming dan terjual 2.800 di luar AS dalam minggu pertama. Di chart Billboard tanggal 23 April, "LOVE DIVE" naik ke nomor 10 di chart Global Excl. US, menjadi lagu grup pertama yang mencapai 10 besar. "LOVE DIVE" menghabiskan total 29 minggu berturut-turut di chart ini.

"LOVE DIVE" juga menduduki nomor 9 di chart Apple Music Global. Video musiknya melampaui 100 juta view pada tanggal 15 Juni. "LOVE DIVE" menduduki peringkat no. 1 di Melon Yearly Chart dan Circle Digital Yearly Chart. Dengan kesuksesan komersial grup tersebut, "LOVE DIVE" dianugerahi Song of the Year di berbagai acara penghargaan, termasuk di MAMA Awards, Melon Music Awards, Golden Disc Awards, dan Asia Artist Awards. Grup ini juga dianugerahi Best Female Group dan Best New Artist di Melon Music Awards, Rookie Artist of the Year di Golden Disc Awards, juga memenangkan berbagai penghargaan musik akhir tahun di Genie Music Awards, Circle Chart Music Awards, Seoul Music Awards.

Pada 18 Juli 2022, Starship Entertainment mengumumkan bahwa IVE akan melakukan comeback pada bulan Agustus dengan album single ketiga mereka, "After Like". Lagu tersebut menduduki puncak tangga lagu dan naik ke nomor satu di Circle Digital Chart, membuat IVE mendapatkan lagu nomor satu kedua mereka di Korea Selatan. Video musik "After Like" mengumpulkan 57 juta view di YouTube dalam 3 hari setelah dirilis.

"After Like" naik di nomor 9 di chart Billboard Global Excl.US serta menduduki nomor 23 di chart Spotify Global. "After Like" menjadi lagu pertama grup yang mencapai Perfect all-kill, sebuah pencapaian chart musik di mana sebuah lagu secara bersamaan menduduki peringkat nomor satu di chart real-time, harian, dan mingguan berbagai platform streaming musik Korea Selatan, termasuk MelOn, Bug, Musik Genie, dan YouTube Musik. "After Like" memenangkan acara musik sebanyak 14 kali, menjadi lagu dengan kemenangan acara musik terbanyak pada tahun itu. "After Like" terjual lebih dari 1,7 juta copy.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo
Instagram/for_everyoung10

Pada September 2021, Wonyoung diumumkan sebagai pembawa acara baru program "Music Bank" bersama Sunghoon ENHYPEN. Atas penampilan keduanya di program tersebut, mereka dianugerahi Best Couple Award at the 2021 KBS Entertainment Awards.

Setelah debut Wonyoung sebagai member IVE, dia terus mendukung berbagai merek fashion dan gaya hidup. Pada tanggal 20 Mei 2022, Wonyoung secara resmi diumumkan sebagai model terbaru SK Telecom. Pada Juni 2022, ia terpilih sebagai model, bersama rekan satu grupnya, Leeseo, untuk Pepsi 2022 K-Pop Campaign.

Pada 18 Juli 2022, Wonyoung terpilih sebagai duta merek pakaian golf GOSPHERES. Pada 21 Juli 2022, ia diumumkan sebagai duta global dan inspirasi baru untuk merek lensa kontak berwarna Hapa Kristin. Pada 16 Agustus 2022, ia terpilih sebagai model untuk merek fesyen luar ruangan Prancis, Eider. Tiga hari kemudian, Wonyoung diumumkan sebagai duta Korea pertama untuk merek perhiasan Prancis Fred Joaillier. Pada 2022, Surat Kabar Bisnis Maeil menyatakan Wonyoung telah "muncul sebagai blue chip di dunia periklanan."

Pada bulan September 2022, Wonyoung menjadi inspirasi bagi Suecomma Bonnie, merek sepatu Korea Selatan di bawah Kolon Industries. Dia menjadi model untuk koleksi Musim Gugur/Dingin tahun 2022 "Young and Rich" serta kolaborasi ulang tahun ke-20 merek tersebut dengan Barbie. Pada bulan Februari 2023, Wonyoung menjadi inspirasi baru untuk merek fashion kasual Korea Selatan SJSJ. Pada bulan Agustus 2023, ia terpilih sebagai model terbaru untuk merek kecantikan Korea Selatan Amuse.

Pada bulan September 2022, Wonyoung menghadiri Paris Fashion Week 2022 sebagai duta merek fashion mewah Miu Miu dan Fred Joaillier. Pada bulan yang sama, kontraknya sebagai pembawa acara "Music Bank" diperpanjang.

5. Kontroversi


Kontroversi
Instagram/for_everyoung10

Di awal debut IVE, Wonyoung dituding dianakemaskan oleh agensi lantaran outfit panggungnya kerap dibuat berbeda dan terkadang lebih bagus dari member lainnya. Sang idol juga sempat menuai kritik saat ia tak ikut menyanyi selama encore "LOVE" di "Music Bank" yang disiarkan 29 April 2022.

Wonyoung pernah menjadi sorotan saat ia dituding menolak untuk balas membungkuk ke idol lain selama ia menjadi MC "Music Bank". Pelantun "I AM" itu juga menuai kritik saat dituduh menari dengan malas-malasan selama performance IVE di KBS Gayo Daechukje 2022.

Di luar panggung, cara Wonyoung memakan stroberi dengan dua tangan juga sempat menuai kontroversi, namun banyak netizen membelanya. Cara sang idol makan pizza di iklan juga dikritik karena dinilai tak seperti orang pada umumnya.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Instagram/for_everyoung10

Starship Entertainment telah mengkonfirmasi bahwa IVE akan comeback dengan karya baru pada Oktober 2023. Agensi juga memastikan jadwal promosi dan perilisan akan diumumkan dalam waktu dekat. Selain itu, IVE juga akan memulai tur konser dunia bertajuk "SHOW WHAT I HAVE" yang akan dimulai di Seoul pada 7 dan 8 Oktober 2023.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait