Lirik Lagu '3D' Jungkook BTS Disensor Situs Musik Korea Gegara Dianggap Eksplisit
Musik

Netizen yang jeli segera menyadari bahwa lirik tertentu telah disensor di platform streaming musik Korea seperti MelOn dan Genie, namun tetap tidak berubah di YouTube dan situs lirik standar.

WowKeren - Jungkook BTS comeback dengan single baru berjudul "3D" di mana idol tersebut berkolaborasi dengan Jack Harlow. Namun, di hari perilisan, lirik lagu tersebut rupanya sudah dipermasalahkan sehingga harus disensor.

Mengingat "3D' adalah lagu kolaborasi, ada ekspektasi yang tinggi bahwa liriknya akan jauh dari gaya K-Pop konvensional. Netizen yang jeli segera menyadari bahwa lirik tertentu telah disensor di platform streaming musik Korea seperti MelOn dan Genie, namun tetap tidak berubah di YouTube dan situs lirik standar.

Pengguna dapat melakukan streaming lagu dan mengakses informasi lengkap tentang lagu tersebut, termasuk liriknya. Namun, analisis yang lebih rinci mengungkapkan bahwa beberapa lirik asli, terutama yang dikaitkan dengan kontribusi Jack Harlow, telah disensor.

Lirik lagu "3D" yang disensor adalah "playing with yourself". Meskipun tidak semua lirik yang disensor bersifat eksplisit, namun lirik tersebut mengandung unsur seksual sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi anak di bawah umur, sehingga keputusan untuk menyensornya dapat dimengerti.


Lirik Lagu 3D Jungkook BTS Disensor Situs Musik Korea Gegara Dianggap Eksplisit

Menanggapi hal ini, fans bercanda bahwa sensor secara paradoks membuat liriknya menjadi lebih eksplisit, terutama dari sudut pandang fans Barat. Di sisi lain, netizen Korea kesal karena liriknya harus disensor.

"Kenapa mereka menyensor liriknya? Mari kita putuskan apa yang ingin kita dengarkan!" komentar netizen. "Aku penasaran dengan versi tanpa sensor sekarang. Kenapa repot-repot?" kata netizen lainnya. "Beneran bikin frustrasi saat platform streaming menyensor konten. Kita harus mempunyai pilihan untuk memilih," imbuh yang lain.

"Aku harap mereka merilis versi dengan lirik aslinya. Itu bagian dari ekspresi artisnya," ujar netizen. "Sensor selalu memicu kontroversi. Nggak bisakah mereka menemukan jalan tengah?" komentar yang lain. "Aku memahami perlunya penyensoran, tapi hal ini bisa mengecewakan bagi penggemar yang ingin menikmati musik secara keseluruhan," tambah lainnya.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait