Birthday Spotlight: Ham Eun Jung T-Ara Day
Instagram/eunjung.hahm
Selebriti

Ham Eun Jung T-Ara baru saja memasuki usia barunya pada hari Selasa (12/12). Simak lika-liku perjalanannya di dunia hiburan selama menjadi idol sekaligus aktris yang telah disiapkan oleh Tim WowKeren.

WowKeren - Ham Eun Jung T-Ara baru saja memasuki usia baru pada hari Selasa (12/12). Oleh karena itu, tim WowKeren menyiapkan persembahan khusus untuk merayakan ulang tahun idol sekaligus aktris cantik itu di Rubrik Birthday Spotlight.

Eun Jung dikenal sebagai idol yang mempunyai visual yang cantik dan natural. Meski kini sudah berusia kepala 3, visual Eun Jung dinilai sama sekali tidak berubah. Ia justru disebut semakin memesona seiring bertambahnya usia.


Selain memiliki wajah yang cantik, Eun Jung juga dikenal karena segudang talentanya. Selain mempunyai suara yang merdu, ia juga mempunyai kemampuan akting yang baik. Tidak heran jika ia bisa menjalani karier sebagai idol dan aktris dalam waktu bersamaan.

Tak perlu menunggu lagi, mari cek perjalanan karier dari Eun Jung sejak ia belum resmi debut hingga proyek masa depannya!

(wk/alfa)

1. Pradebut


Pradebut

Eun Jung lahir di Senggye-dong, Nowon-gu, Seoul pada 12 Desember tahun 1985. Ia merupakan anak tunggal di keluarganya di mana kelahirannya sudah sangat dinanti-nantikan oleh orang tuanya.

Dalam salah satu wawancara di tahun 2010 lalu, Eun Jung menceritakan kalau ia lahir ke dunia di tahun ke-10 pernikahan kedua orang tuanya. "Ibuku memilikiku setelah 10 tahun menikah dengan ayahku, itu tentu sangat menyakitkan," curhat Eun Jung.

Pada kesempatan yang sama, Eun Jung juga menerangkan kalau ia seolah-olah mewujudkan mimpi sang ibu sebagai seorang aktris. "Setelah menonton beberapa artis terkenal di masa lalu, dia (ibu Eun Jung) ingin menjadi seorang aktris. Sekarang aku melakukannya (debut), dia sangat bersyukur karena aku memilih akting sebagai prioritas. Dia percaya kalau doanya dikabulkan," kata Eun Jung.

2. Debut


Debut

Eun Jung dapat dikatakan tidak mempunyai banyak masa predebut. Pasalnya, ia sudah debut di dunia hiburan sejak masih berusia 7 tahun. Pada tahun 1995, ia memenangkan kontes "Little Miss Korea". Pada tahun yang sama setelah kontes berlangsung, ia debut menjadi aktris cilik di drama "A New Generation of Adults".

Sejak debut sebagai aktris cilik, Eun Jung menjadi bagian di beberapa drama dan film. Bahkan, ia juga dipilih sebagai bintang iklan.

Setelah menjadi aktris cilik selama beberapa tahun, Eun Jung mempunyai mimpi baru. Ia ingin debut sebagai seorang penyanyi. Sehingga, ia menjalani trainee idol selama tiga tahun sejak tahun 2006 lalu.

Pada tahun Juli 2009, Eun Jung resmi debut sebagai member T-Ara. Ia sempat berposisi sebagai leader T-Ara sampai Boram menggantikan posisinya pada September 2010.

Meski meninggalkan posisi sebagai leader, Eun Jung tetap memerankan peran penting di T-Ara. Pasalnya, ia merupakan main vocal, main rapper, dan main dancer di girl group ternama tersebut.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Eun Jung semakin terkenal di dunia hiburan Korea karena kesuksesan comeback T-Ara dengan "Roly-Poly" yang dirilis pada musim panas tahun 2011 lalu. Lagu ini membuat T-Ara juga semakin terkenal di kancah internasional.

"Roly-Poly" yang mengusung konsep tahun 1990-an dinilai sangat menarik. Apalagi, Eun Jung cs menunjukkan kemampuan akting di MV lagu tersebut. Tak hanya mempunyai konsep yang menarik, "Roly-Poly" juga dianggap sangat ear catching dan memiliki musik yang sangat pas dengan musim panas.

Pada tahun yang sama, Eun Jung juga membintangi drama musikal hits, "Dream High". Pada drama ini, Eun Jung berperan sebagai salah satu pemeran utama bernama Yoon Beki.

Peran Yoon Beki dinilai sangat ikonik pada masa itu. Bahkan, gaya rambut pendek ala Eun Jung di "Dream High" viral. Sampai saat ini, drama yang juga dibintangi Suzy, Kim Soo Hyun, hingga Taecyeon dan Wooyoung 2PM ini masih sering dibicarakan para penggemar.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Eun Jung diketahui memang menjalani aktivitas solo sejak awal debutnya bersama T-Ara. Namun, ia resmi debut solo sebagai penyanyi pada Mei tahun 2015 lalu.

Saat debut solo, Eun Jung memilih menggunakan nama panggung baru, yakni Elsie. Ia merilis mini album bertajuk "I'm Good" dengan title track berjudul sama. Untuk lagu debut solonya, Eun Jung menggaet K.Will untuk bernyanyi bersamanya.

Selain debut solo, Eun Jung juga beberapa kali mengisi OST drama. Salah satunya, "Goodbye" yang merupakan OST dari web drama T-Ara, "Sweet Temptation", pada tahun 2015 lalu.

Tak hanya fokus di bidang tarik suara, Eun Jung juga menjalani karier solo di bidang lainnya. Ia juga sempat didapuk menjadi MC, menjadi bintang iklan, debut sebagai penulis buku, dan tentunya bergabung di beberapa drama dan film.

5. Kontroversi


Kontroversi

Skandal bullying T-Ara di tahun 2012 menjadi kontroversi terbesar Eun Jung sebagai seorang selebriti. Kala itu, Eun Jung cs dituduh telah merundung teman satu grup mereka, Hwayoung.

Kala itu, Hwayoung mengungkapkan bahwa T-Ara telah memperlakukannya dengan tidak baik dan membuatnya memilih keluar dari grup. Tuduhan Hwayoung sontak membuat T-Ara dibenci oleh publik Korea meski girl group tersebut membantah tegas tuduhan bullying ini. Ketika skandal bullying muncul, Eun Jung bahkan sampai dikeluarkan dari drama "Five Fingers".

Eun Jung dan T-Ara sendiri masih menjalani aktivitas mereka di dunia hiburan seperti biasa tak lama setelah skandal bullying. Namun, popularitas girl group ini sontak menurun drastis karena dicap "idol penindas".

Pada tahun 2015 lalu, Eun Jung bahkan sempat menangis ketika menyinggung skandal bullying T-Ara di acara Mnet "4 Things Show". Pasalnya, ia merasa kalau skandal bullying T-Ara sangat tidak adil dan membuatnya kehilangan kepercayaan diri.

Setelah 5 tahun berlalu, tepatnya di tahun 2017, T-Ara akhirnya terbukti tidak melakukan tindakan bullying. Hwayoung ketahuan melakukan berbagai kebohongan untuk mendapatkan simpati publik. Skandal bullying T-Ara bahkan dinilai kontroversi "paling plot twist" menurut para penggemar.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Setelah kasus bullying terbukti hanya fitnah, karier T-Ara kembali melecit. Namun, semua member T-Ara kini tengah fokus dengan karier solo masing-masing. Walau begitu, member T-Ara yang tersisa, yakni Eun Jung, Qri, Hyomin, dan Jiyeon memberikan kado kepada para penggemar dengan comeback di tahun 2021 lalu.

Eun Jung cs rela keliling mencari produser untuk menciptakan lagu comeback mereka. Girl group bahkan rela menggunakan dana pribadi dan juga menyiapkan semua keperluan comeback sendiri karena tidak mempunyai agensi untuk aktivitas grup.

Setelah comeback, T-Ara memastikan bahwa mereka akan terus bersama. Eun Jung cs berjanji akan kembali berkumpul untuk membuat musik baru bersama-sama. Sehingga, Eun Jung akan kembali menjadi idol di masa depan.

Selain berkarier sebagai idol, Eun Jung akan hadir dengan drama dan film barunya. Terakhir, ia menjadi pemeran utama di drama spesial "Behind The Shadows" yang ditayangkan pada pertengahan November lalu.

Saat ini, Eun Jung disibukkan dengan kegiatan promosi bersama beberapa brand. Ia juga kerap kali diundang di acara fashion dan hadir di pemutaran VIP film layar lebar. Idol cantik ini cukup rajin menunjukkan aktivitasnya di dunia hiburan atau kehidupan sehari-harinya melalui Instagram pribadinya, @eunjung.hahm.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel