Maia Estianty Sentil Yadi Sembako Terlalu Menuhankan Guru Spiritual
Instagram/maiaestiantyreal
Selebriti

Maia Estianty tak segan memberikan komentar menohok kala mendengar cerita Yadi Sembako yang seolah diperdaya Gus Anom. Ia pun merasa bahwa Yadi secara tidak sadar seperti terhipnotis.

WowKeren - Maia Estianty dibuat tercengang kala mendengar cerita Yadi Sembako terkait kasus dengan sang guru spiritual, Gus Anom. Pasalnya, selain terjerat kasus hukum karena ulah Gus Anom, rupanya Yadi juga mengorbankan banyak hal. Mulai dari menampung Gus Anom tinggal di rumahnya hingga mobilnya ikut digadaikan.

Bahkan selama Gus Anom tinggal di rumahnya, Yadi dan istri menyiapkan kamar utama untuk ditempati sang guru. Yadi juga mengaku rugi tenaga dan pikiran lantaran setiap hari harus memikirkan bagaimana menjamu Gus Anom dengan layak. Hal inilah yang membuat Maia tak habis pikir.

"Dia tinggal di rumah saya, kita ngelayani dia. Kita kan tiap hari sama istri mikirin besok masak apa, ini rokoknya beliau gimana. Kendaraan saya juga digadai sama beliau," ungkap Yadi di podcast sang musisi, Sabtu (30/12). "Wow, kok mau?" sahut Maia.

Yadi lantas menjelaskan jika ia tidak pernah bisa menolak apa pun yang diminta sang guru. Mendengar hal itu, Maia menduga bahwa Yadi seolah tengah terhipnotis dengan semua tingkah laku Gus Anom.

"Susah ya bicara kalau kita kesirep, kayak terhipnotis sesuatu yang enggak sadar aja gitu," kata Maia. "Saya sih enggak pernah bilang disirep atau apa, cuma teman-teman aja yang 'kok bisa begini ya, Yad'. Saya sih enggak suuzon, saya selalu positive thinking. Saking positive thinking-nya makanya kesetiaan kita jadi dimanfaatin sama orang lain," timpal Yadi.


Mendengar pengakuan Yadi, Maia bisa mengerti. "Jadi, orang baik tuh antara gob**k atau polos beda tipis ya," sindir Maia. "Nah itu, kayaknya saya yang dibilang bunda gob**k polos jadi satu," jawab Yadi sambil terkekeh. "Aku pernah di sana soalnya, terlalu positive thinking sampai enggak sadar kalau lagi ditipu," ujar Maia yang mengaku senasib.

Namun, Maia berujar jika mungkin Yadi tanpa sadar telah menjadikan guru spiritualnya sebagai Tuhan. Melihat bagaimana cara Yadi memperlakukan Gus Anom dengan begitu spesial, sampai tidak sadar dirinya diperdaya.

"Mungkin, apakah terlalu menghormati guru sampai melupakan Tuhan? Ada enggak sih kayak gitu? Kadang-kadang gini, kalau kita punya guru apalagi guru spiritual, kadang-kadang kita manutnya kayak enggak keguguhan. Dalam artian menuhankan dia daripada Tuhan, jadi dia kayak dewa kita, kayak Tuhan kita," tutur Maia. "Mungkin tipis banget itu bedanya, takutnya begitu bun. Tapi, dia masih tetap ngajarin ke Tuhan selama ini," balas Yadi.

Dengan adanya peristiwa ini, Maia memberikan masukan untuk Yadi. "Berarti pelajarannya adalah, kalau ketemu guru-guru antara ucapan dan perilaku berbeda langsung tinggalin aja ya kan?" tanya Maia. "Betul, itu yang saya dapat sekarang. Jadi, pembelajaran berharga dari milih orang-orang yang berusaha membuat kita menjadi lebih baik tuh, kalau ucapan sama perilakunya enggak sama harus kita pertanyakan, harus kita telaah lagi," tukas komedian 50 tahun tersebut.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait