2 Member VCHA 'Adik' TWICE Dikhawatirkan Jadi Korban Whitewashing Agensi
X/@Official_VCHA
Musik

Camila dan Savanna VCHA tampil beda dalam foto comeback mereka yang diunggah ke akun X belum lama ini. Penampilan keduanya disebut berubah jika dibandingkan dengan potret pra-debut.

WowKeren - JYP Entertainment dan Republic Records menuai protes keras terkait dugaan melakukan tindak whitewashing pada kedua member girl grup baru mereka, VCHA yang baru debut pada September tahun lalu. Whitewashing sendiri adalah praktik mengubah warna kulit seseorang menjadi lebih putih dari aslinya. Entah dilakukan secara betulan, atau hanya saat pengeditan foto.

Whitewashing pun sudah menjadi masalah yang biasa di dunia K-Pop. Namun, sejumlah netizen tetap merasa khawatir jika kedua member VCHA, yaitu Camila dan Savanna menjadi korban praktik whitewashing oleh agensi. Hal ini disadari oleh netter setelah melihat foto comeback terbaru VCHA yang diunggah ke akun X (sebelumnya Twitter) baru-baru ini.

Kerap disebut sebagaik "adik" dari TWICE, VCHA beranggotakan enam member di antaranya ada Kaylee, Kendall, Savanna, KG, Camila, dan Lexi. Dari keenam member, Camila dan Savanna memiliki kulit yang cenderung lebih gelap jika dibandingkan dengan orang Korea. Hal ini sangat wajar, mengingat kedua idol cantik itu adalah warganegara asing.

2 Member VCHA \'Adik\' TWICE Dikhawatirkan Jadi Korban Whitewashing Agensi

Source: TikTok/X


Camila misalnya, ia adalah seorang warganegara Kanada. Sementara Savanna lahir di Florida, Amerika Serikat dan memiliki keturunan etnis Venezuela-Trinbagonian . Tak heran jika ia dipuji sebagai idol kulit hitam pertama yang debut di bawah JYP Entertainment. Meskipun sebenarnya warna kulit Savanna masih tergolong kecokelatan.

Fakta ini jelas membuat netter terkejut bukan main. Salah seorang netizen di TikTok lantas membandingkan penampilan Camila dan Savanna saat masih audisi dengan sekarang. Bisa dilihat, warna kulit keduanya kini terlihat lebih cerah. Keduanya benar-benar didandani layaknya idol K-Pop yang memiliki kulit putih.

Tak sampai di situ, netter juga berdebat mengenai rambut asli Savanna yang keriting, kini diluruskan dan dimodel bergelombang. Netizen merasa prihatin dengan dugaan JYP mengubah identitas non-Korea Camila dan Savanna. Bahkan dalam foto bersama, warna kulit Camila dan Savanna sudah hampir menyerupai member yang lain.

Netizen menduga bahwa JYP melakukan ini lantaran mengikuti standar kecantikan di Korea. Meski begitu, ada sejumlah netter yang berpendapat bahwa warna kulit Camila dan Savanna tampak lebih cerah karena efek cahaya saat pengambilan gambar. Pro kontra pun mewarnai dugaan whitewashing yang dilakukan oleh JYP.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait