Comeback ATEEZ Ramai Diboikot Imbas Diduga Kolab dengan Musisi Pro Israel
X/ATEEZofficial
Musik

Kolaborasi baru ATEEZ dengan Don Diablo dalam remix "WORK Pt.2" menimbulkan reaksi keras dari penggemar, ATINY. Pemicu kontroversi ini karena Don diduga sebagai Zionisme, sehingga banyak yang menyerukan boikot.

WowKeren - ATEEZ, grup K-Pop populer, baru saja melakukan comeback dengan mini album ke-10 mereka bertajuk "GOLDEN HOUR: Part. 1" dengan lagu utama "WORK". Tak lama setelah itu, mereka merilis remix lagu tersebut, "WORK Pt.2", hasil kolaborasi dengan DJ dan produser musik asal Belanda, Don Diablo.

Kabar ini diumumkan oleh ATEEZ melalui akun Twitter resmi mereka, "KERJA Pt. 2 – ATEEZ X Don Diablo keluar sekarang! ATINY, kami menantikan cinta dan dukungan kalian." Pengumuman ini juga disertai tautan ke platform streaming seperti Spotify dan Apple Musik.

Namun, kolaborasi ini segera menimbulkan ketidakpuasan di kalangan penggemar setia ATEEZ, ATINY. Banyak dari mereka menyerukan boikot atas kolaborasi ini sebab Don Diablo diketahui memiliki hubungan dengan Zionisme. Sejumlah netizen memperlihatkan ketidaksetujuan mereka melalui berbagai media sosial, dengan tagar #KQDivestFromZionism, #kpop4palestine, dan #goldenhourforpalestine yang menjadi trending.

Pemicu utama ketidakpuasan ini adalah sebuah klip yang muncul kembali dari tahun 2019, di mana Diablo tampil di Tel Aviv, Israel dan menyatakan bahwa ia merindukan tempat tersebut serta memuji penontonnya sebagai "penonton terbaik di dunia". Hal ini tentunya menimbulkan protes karena Israel dianggap sebagai negara apartheid yang melakukan pendudukan dan pemerintahan ilegal di Palestina.


Seperti diketahui, hingga saat ini genosida yang dilakukan Israel terhadap Palestina belum juga usai. Berdasarkan sebuah laporan, sejak Oktober, jumlah korban tewas di Jalur Gaza telah melampaui 36 ribu orang, dengan lebih dari 80 ribu warga Palestina terluka, kelaparan, dan kehilangan tempat tinggal.

Menanggapi situasi ini, beberapa penggemar melakukan seruan tegas untuk memboikot remix tersebut. Seperti yang dinyatakan oleh salah stau akun fandom @tinys4palestine di X (sebelumnya Twitter). "ATINY! Ini adalah ajakan bertindak resmi! Kami memboikot remix ini! Don Diablo telah menunjukkan dukungannya kepada Israel dan itu TIDAK BOLEH! Harap luangkan waktu untuk mengirim email kepada KQ tentang hal ini!" seru penggemar ATEEZ.

Akun lain, @seonghwaster juga menyatakan, "Hei semuanya, DON DIABLO adalah seorang Zionis. Saya pribadi tidak akan melakukan streaming kolaborasi ini dan saya mendorong semua orang untuk bergabung dengan saya."

Kampanye boikot ini juga mencerminkan pesan yang lebih luas dari para penggemar untuk menjaga konsistensi nilai-nilai yang disampaikan oleh ATEEZ dalam musik mereka, yang kerap menyuarakan tentang perlawanan dan kebangkitan melawan penindasan. Kolaborasi dengan Diablo dinilai sebagai langkah yang kontradiktif dengan pesan-pesan tersebut.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait