SEVENTEEN Buat Kritikus Musik Tersentuh usai Bawakan 'Aju Nice' di Glastonbury 2024
X/pledis_17
Musik

Dengan membawa serta tradisi ‘Aju Nice’ atau ‘Never Ending Aju Nice’ di Glastonburry 2024, SEVENTEEN telah membuat kritikus musik ternama ikut bangga dan tersentuh.

WowKeren - Penampilan bersejarah SEVENTEEN (II) di Festival Glastonbury 2024 tak luput dari pengamatan kritikus musik ternama, Kim Young Dae. Kritikus itu bahkan tersentuh dengan keputusan grup membawakan “Never Ending Aju Nice” atau lagu “Very Nice” atau “Aju Nice” di sana.

Dalam sebuah video unggahannya, Kritikus Kim memberikan ulasan secara menyeluruh terhadap penampilan SEVENTEEN. Grup ini telah menjadi sejarah karena merupakan aksi K-Pop pertama di festival musik bergengsi di Inggris itu.

“(SEVENTEEN) memiliki fanbase yang cukup besar di asia. artinya ya, ada banyak [penggemar] Asia, tetapi juga banyak penggemar yang menyukai budaya Asia. asal budaya dari fanbase mereka berbeda.. dan ada lebih banyak hambatan jika berhubungan dengan Inggris.. orang melihat AS sebagai pusat budaya populer jadi sangat berarti bahwa SEVENTEEN tampil di Glastonbury,” kata Kritikus Kim.

Mengamati panggung dan perilaku penonton, Kritikus Kim menyoroti bagaimana bagian depan panggung utama yakni Pyramid Stage semakin ramai. Menurutnya, hal itu mengesankan.

”Saat SEVENTEEN tampil, kamu dapat melihat semakin banyak penonton berkumpul [untuk melihat mereka] secara real time. yang meninggalkan kesan bagiku adalah, mereka menunjukkan bagaimana SEVENTEEN selalu menghasilkan 'SEVENTEEN' di sana. Itu sungguh mengesankan,” pujinya.

“Ya, mereka mempunyai member asing, tetapi mereka juga belum tentu merupakan kelompok lokal. Mereka sudah memiliki subunit sejak saat itu kan? juga bukan berarti mereka menampilkan musik yang khusus diperuntukkan bagi penduduk Inggris,” paparnya.

Dari segi lagu, SEVENTEEN dianggap telah menentukan setlist dengan cermat. Meskipun konsep “K-Pop” masih dipenuhi stereotype oleh orang Barat, mereka telah melakukannya dengan baik.


“Mereka membuat lagu yang bisa dibawakan di acara musik, penghargaan MAMA, dll. dan jika kamu melihatnya, itu mungkin sedikit mengkhawatirkan. Sebagai seseorang dari generasi x, yang mengagumi grup-grup ini, mungkin khawatir akan menampilkan sesuatu yang sangat ‘K-POP’ di depan penonton seperti itu… tapi itu akhirnya menjadi kekhawatiran yang tidak berdasar,” ungkapnya.

Kritikus Kim pun kembali membahas tentang bertambahnya penonton. Ia masih tidak menyangka bahwa penonton Glastonbury 2024 tertarik pada grup K-Pop satu ini.

“Mereka benar-benar menunjukkan ketangguhan mereka, dan penampilan mereka sangat eksplosif. Dan saya benar-benar melihat ini, tidak yakin apakah saya mencobanya, tetapi penonton benar-benar tertarik pada penampilan SEVENTEEN (penonton bertambah). bukan hanya suatu kehormatan bagi mereka untuk menunjukkan penampilan seperti KPOP- katakanlah SEVENTEEN-penampilan seperti di panggung seperti Glastonbury, tapi penampilan itu sendiri sempurna. Itu Bagus.” lanjutnya.

Secara khusus, Kritikus Kim sangat terharu dan tersentuh karena SEVENTEEN membawa tradisi “Never Ending Aju Nice” ke sana. Hal ini mungkn biasa bagi para penggemar yang sudah menonton konser mereka, tetapi konsep encore seperti ini dianggap baru bagi festival musik Barat.

“(Menjelaskan never ending Aju Nice dengan baik) mereka bahkan melakukan INI di sana. Aku sangat tersentuh.. dan menggigil. Aku pikir itu adalah sesuatu yang hanya kamu lihat di konser Korea. dan mereka bahkan mendatangi seorang gadis kecil dan memintanya melakukan hal itu. ini dia. jika ada kebanggaan KPOP, inilah saatnya,” pungkas Kritikus Kim.

Dengan SEVENTEEN tampil di Glastonbury 2024 telah menambah daftar artis K-Pop menaklukkan kerumunan besar. Mereka menyusul BTS yang sudah bermain di Wembley Stadium pada tahun 2019 dan BLACKPINK menjadi headliner di Coachella tahun 2023 lalu. Penampilan SEVENTEEN ini menunjukkan bahwa K-pop benar-benar menjadi kekuatan global yang tidak bisa diabaikan.

Saat ini, SEVENTEEEN sudah berada dalam sejarah Glastonbury berkat penampilan mereka yang mendobrak batas dan meninggalkan kesan tak terlupakan bagi para penggemar. Diakhiri dengan kata-kata dari Joshua, “Terima kasih banyak karena telah mengundang kami. Kami adalah SEVENTEEN. Tolong ingat itu.”

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait