Angelina Jolie Profile
Angelina Jolie Profile Photo

Angelina Jolie

Profesi
Aktris, sutradara, penulis naskah
Nama Asli
Angelina Jolie Voight
Tgl Lahir
Jun 4, 1975
Lahir di
Los Angeles, California, AS
Profesi
Aktris, sutradara, penulis naskah
Populer
Berperan sebagai Gia Carangi di film "Gia" (1998)
Tempat Lahir
Los Angeles, California, AS
Tinggi Badan
172.5
Kewarganegaraan
Amerika
Warna Rambut
Hitam
Warna Mata
Hijau
Ayah
Jon Voight
Pekerjaan Ayah
Aktor
Ibu
Marcheline Bertrand
Pekerjaan Ibu
Aktris
Pendidikan
  • Lulus dari Beverly Hills High School (1991)
  • Pernah kuliah di New York University, jurusan film
  • Jonny Lee Miller (aktor, 28-Mar-96 - 03-Feb-99), Billy Bob Thornton (aktor, 05-Mei-00 - 27-Mei-03), Brad Pitt (aktor, sejak 23-Agt-14, proses cerai)
Saudara
James Haven (aktor/sutradara, kakak laki-laki)
Suami/Istri
Jonny Lee Miller (aktor, 28-Mar-96 - 03-Feb-99), Billy Bob Thornton (aktor, 05-Mei-00 - 27-Mei-03), Brad Pitt (aktor, sejak 23-Agt-14, proses cerai)
Kekasih
Timothy Hutton (aktor, 1998 - 1999)
Anak-anak
Maddox Chivan Jolie-Pitt (adopsi, L. 05-Agt-01), Pax Thien Jolie-Pitt (adopsi, L. 29-Sep-03), Zahara Marley Jolie-Pitt (adopsi, L. 08-Jan-05), Shiloh Nouvel Jolie-Pitt (perempuan, L. 27-Mei-06), Knox Leon (laki-laki, kembar, L. 12-Jul-08), Vivienne Marcheline (perempuan, kembar, L. 12-Jul-08)
Populer Sejak
Berperan sebagai Gia Carangi di film "Gia" (1998)

Angelina Jolie Voight atau yang akrab disapa Angelina Jolie lahir di Los Angeles 4 Juni 1975. Dia adalah putri pasangan aktor Jon Voight dan mantan aktris Marcheline Bertrand (meninggal 27 Januari 2007). Angelina memiliki seorang kakak bernama James Haven.

Tak lama setelah orangtua Angelina bercerai tahun 1976, dia dan James tinggal bersama ibu mereka yang memutuskan untuk berhenti menjadi aktris. Sejak masih kecil, Angelina sangat mengagumi bakat akting ibunya. Terinspirasi dari film-film yang dibintangi Marcheline, Angelina pun memutuskan untuk mendalami bidang akting.

Namun saat berusia 14 tahun, Angelina sempat berniat untuk menjadi pimpinan pengurus pemakaman. Dalam masa-masa tersebut, Angelina kerap mengenakan pakaian serba hitam dan mewarnai rambutnya dengan warna ungu. Dia bahkan sempat tinggal bersama kekasihnya. Dua tahun kemudian, setelah hubungan itu berakhir, Angelina memutuskan untuk kembali mempelajari bidang akting.

Ketika masih muda, Angelina kerap dijahili teman-temannya. Bahkan penampilannya pun cenderung seperti remaja kutubuku yang kerap mengenakan kacamata dan kawat gigi. Kondisi menjadi semakin sulit ketika Angelina tak berhasil di bidang akting. Diungkapkan Angelina, dia pernah mengoleksi pisau dan melukai tubuhnya demi menghilangkan stres.

Berlawanan dengan hubungannya dengan sang ibu, Angelina bahkan kerap berseteru dengan ayahnya. Mereka kemudian mencoba berdamai dan kembali dekat saat Jon tampil di film yang membuat namanya melejit, "Lara Croft: Tomb Raider" (2001). Namun, hubungan ayah dan anak itu tak kunjung membaik.

Setahun kemudian, Angelina mengajukan permohonan untuk menghilangkan nama belakang Voight dan menyandang nama Angelina Jolie. Pengadilan mengabulkan permohonan Angelina pada 12 September 2002. Pada tahun yang sama, Jon mengungkapkan pada media kalau putrinya itu memiliki masalah mental yang sangat serius. Karena pernyataan Jon tersebut, Angelina akhirnya memutuskan untuk berhenti berkomunikasi dengan ayahnya. Perang dingin antaa Angelina dan Jon sedikit mereda saat Jon menemui Angelina di lokasi syuting film "The Tourist", Venice, Italia.

Terkait karirnya sebagai aktris, nama Angelina mulai dikenal ketika dia berhasil meraih penghargaan Golden Globe kategori Best Performance by an Actress in a Supporting Role in a Series, Mini-Series or Motion Picture Made for Television lewat mini seri "George Wallace" (1997). Kepiawaiannya berakting semakin diakui saat dia meraih penghargaan Oscar kategori Best Supporting Actress lewat film "Girl, Interuppted" (1999). Adapun beberapa film yang pernah dibintanginya yakni "Lara Croft Tomb Raider: The Cradle of Life", "Sky Captain and the World of Tomorrow", "Mr and Mrs Smith, "Wanted", "Changeling" dan "Salt".

Di kehidupan pribadi, Angelina pernah menikah dua kali yakni dengan Jonny Lee Miller (28 Maret 1996 - 3 Februari 1999) dan Billy Bob Thornton (5 Mei 2000 - 27 Mei 2003). Kini dia telah menjalin kasih dengan mantan suami Jennifer Aniston, Brad Pitt. Mereka telah menjalin kasih sejak tahun 2005. Dari hubungan asmaranya dengan Brad tersebut, Angelina memiliki tiga orang anak kandung (Knox, Shiloh dan Vivienne) dan tiga orang anak angkat (Maddox, Pax dan Zahara).