Biografi Gwyneth Paltrow

Terlahir dengan nama Gwyneth Kate Paltrow pada 11 November 1974, aktris asal Los Angeles, Gwyneth Paltrow, adalah anak pertama dari pasangan Blythe Danner (aktris) dan Bruce Paltrow (sutradara dan produser televisi). Gwyneth memiliki adik bernama Jake Paltrow yang merupakan sutradara film independen dan serial TV "NYPD Blue" (episode "Big Bang Theory" (1999), "Brothers Under Arms" (2000) dan "Andy Appleseed" (2003)).

Semasa kecil, Gwyneth dibesarkan di lingkungan film. Tak heran jika aktris yang kini berusia 35 tahun tersebut begitu mencintai akting dan film. Debut pertamanya di dunia akting dimulai lewat peran kecil di film yang juga dibintangi John Travolta, "Shout" (1991). Empat tahun kemudian, Gwyneth mendapat kesempatan untuk bermain di film box office "Se7en" (1995) yang membuatnya dinominasikan sebagai Best Supporting Actress di ajang Saturn Awards dan Satellite Awards.

Kepiawaiannya berakting, membuat Gwyneth yang saat itu masih muda mendapat banyak tawaran untuk membintangi film-film terkenal seperti "Emma" (1996), "Great Expectations"(1998), "A Perfect Murder" (1998) dan "Shakespeare in Love" (1998). Berkat kerja kerasnya, Gwyneth berhasil menyabet penghargaan Oscar pertamanya lewat perannya sebagai Viola De Lesseps di film "Shakespeare in Love".

Dalam perjalanannya, Gwyneth banyak memilih peran yang memiliki karakter klasik dan cenderung tampil di film-film serius. Namun hal ini tak berarti, Gwyneth tak bisa melepaskan diri dari perannya sebagai wanita serius. Lewat film "Duets" (2000), Gwyneth membuktikan kalau dia juga piawai bernyanyi. Sedangkan di film "Shallow Hall" (2001) dan "View on the Top" (2003), Gwyneth menunjukkan bakatnya sebagai aktris film komedi.

Tahun 2008, dia mendapat tawaran dari Robert Downey Jr. dan sineas Jon Favreau untuk bermain di film action "Iron Man". Robert khusus menawarkan Gwyneth untuk berperan sebagai asisten pribadi Tony Stark/Iron Man yang bernama Victoria "Pepper" Potts. Mengaku sempat ragu-ragu, Gwyneth akhirnya terbujuk rayuan Robert. Menurut Gwyneth, dia bersedia bermain karena ingin terlibat dalam penggarapan film besar yang dikenal banyak orang. Sebagai Pepper Potts, Gwyneth juga kembali tampil di sekuel film "Iron Man", "Iron Man 2". Sementara itu, Gwyneth berencana kembali menunjukkan kepiawaiannya bernyanyi lewat film musikal "Love Don't Let Me Down" yang akan dirilis akhir tahun ini.