Nicolas Cage Profile
Nicolas Cage Profile Photo

Nicolas Cage

Profesi
Aktor
Nama Asli
Nicholas Kim Coppola
Tgl Lahir
Jan 7, 1964
Lahir di
Long Beach, California, AS
Profesi
Aktor
Populer
Berperan sebagai Jack Singer di "Honeymoon in Vegas" (1992)
Tempat Lahir
Long Beach, California, AS
Tinggi Badan
182,5
Kewarganegaraan
Amerika
Ayah
August Floyd Coppola
Pekerjaan Ayah
Profesor bahasa
Ibu
Joy Vogelsang
Pekerjaan Ibu
Koreografer dan penari balet
Pendidikan
  • Bersekolah di Beverly Hills High School di Beverly Hills, California
  • Patricia Arquette (aktris, 8-Apr-95 - 18-Mei-01), Lisa Marie Presley (penyanyi, 10-Agt-02 - 16-Mei-04), Alice Kim (sejak 30-Jul-04, proses cerai)
Saudara
Marc Coppola (penyiar radio, l. 1957), Christopher Coppola (sutradara, l. 25-Jan-1962)
Suami/Istri
Patricia Arquette (aktris, 8-Apr-95 - 18-Mei-01), Lisa Marie Presley (penyanyi, 10-Agt-02 - 16-Mei-04), Alice Kim (sejak 30-Jul-04, proses cerai)
Kekasih
E.G. Daily (aktris), Uma Thurman (aktris), Christina Fulton (aktris, 1988), Kristen Zang (model, 1992-1994)
Anak-anak
Weston Coppola Cage (26-Des-90), Kal-El Coppola Cage (3-Okt-05)
Populer Sejak
Berperan sebagai Jack Singer di "Honeymoon in Vegas" (1992)

Lahir dengan nama Nicolas Kim Coppola pada 7 Januari 1964 di Long Beach, California, pria yang akrab disapa Nicolas Cage ini merupakan putra pasangan professor bahasa, August Coppola, dan penari sekaligus koreografer, Joy Vogelsang. Nicolas memiliki dua saudara yakni Christopher Coppola (sutradara) dan Marc "The Cope" Coppola (aktor sekaligus DJ radio). Dia merupakan keponakan dari sutradara kaliber Francis Ford Coppola dan sepupu dari Sofia Coppola.

Saat Nicolas berusia 12 tahun, Joy mengalami depresi dan sempat dirawat di rumah sakit. Tak lama kemudian Joy dan August bercerai. Meski demikian, Nicolas tak pernah berhenti mengagumi ayah ibunya. Nicolas bahkan dengan bangga mengungkapkan kalau August dan Joy telah mewariskan kecintaan terhadap seni sejak Nicolas masih muda. Tak hanya dibesarkan di lingkungan pecinta seni, Nicolas juga bercita-cita menjadi aktor sejak dia menonton film yang dibintangi mendiang James Dean, "East of Eden" (1955), ketika masih berusia 15 tahun. Bagi Nicolas, film bertema pencarian identitas seorang pemuda itu mirip dengan kehidupannya. Sejak saat itu, Nicolas pun memutuskan untuk menjalani karir sebagai aktor.

Tentu saja keputusan Nicolas itu bukanlah hal yang mudah. Meski sempat memulai debutnya sebagai aktor lewat film "Brubaker" (1980), Nicholas ternyata masih belum puas dengan karirnya dan semakin berambisi untuk mendapat peran besar. Gagal dari satu audisi ke audisi lainnya, membuat Nicolas nyaris putus asa dan berniat untuk melupakan impiannya tersebut. Nicolas pun berjanji pada dirinya sendiri kalau dia tidak berhasil mendapat peran ketika berusia 17 tahun maka dia akan melupakan impiannya dan memilih untuk berkarir sebagai marinir angkatan laut. Bagaimanapun kelautan juga merupakan salah satu bidang yang paling disukainya selain film.

Untungnya saja dia berhasil mendapat peran di film garapan pamannya, Francis, "Rumble Fish" (1983). Rupanya Nicolas enggan dianggap mendompleng ketenaran pamannya dan mengganti nama belakangnya dari Coppola menjadi Cage. Nama Cage terinspirasi dari karakter superhero dari komik terbitan Marvel, Power Man/Luke Cage, dan nama belakang dari komposer terkenal John Cage. Bersamaan dengan perubahan namanya, Nicolas mendapat kesempatan menjadi tokoh utama di film komedi "Valley Girl" (1983). Meski telah malang melintang di dunia film, nama Nicolas baru mulai dikenal ketika dia terpilih untuk memerankan tokoh utama Ben Sanderson di film produksi United Artists, "Leaving Las Vegas" (1995). Berkat kepiawaiannya menghidupkan karakter penulis naskah sekaligus pecandu alkohol, Nicolas berhasil meraih penghargaan pertamanya di ajang Oscar untuk kategori Best Actor.

Namanya semakin melejit saat Nicolas ikut membintangi film yang diproduseri Jerry Bruckheimer, "Con Air" (1997), bersama aktor kawakan John Malkovich dan John Cusack. Usai tampil di film "Con Air", Nicolas berhasil mendapat tawaran untuk bermain di film box office seperti "Face/Off" (1997), "City of Angels" (1998), "Gone in Sixty Seconds" (2000), "National Treasure" (2004), "Ghost Rider" dan "Bangkok Dangerous". Kepiawaiannya sebagai aktor laga juga dapat disaksikan di film terbarunya seperti "Bad Lieutenant: Port of Call New Orleans", "Kick-Ass" dan "The Sorcerer's Apprentice".

Berlawanan dengan kesuksesannya sebagai aktor, kehidupan pribadi Nicolas cenderung berantakan. Dia selalu mengalami nasib sial jika berhubungan dengan wanita. Aktor yang terkenal suka memerankan berbagai karakter tersebut pernah bercerai dua kali yakni dengan Patricia Arquette (8 April 1995 - 18 Mei 2001) dan Lisa Marie Presley (10 Agustus 2002 - 25 November 2002) . Nicolas juga pernah dituntut sebesar 13 juta dollar oleh Christina Fulton, kekasih sekaligus ibu yang melahirkan putra pertamanya, Weston Coppola Cage (26 Desember 1990), dengan tuduhan penipuan.

Masalah pribadi Nicolas tak berhenti sampai disitu, dia juga sempat tertimpa masalah keuangan dan harus menjual beberapa rumahnya demi melunasi hutangnya pada bank. Aktor yang telah menikah ketiga kalinya tahun 2004 dengan pelayan bernama Alice Kim (ibu Kal-El Coppola Cage) ini sempat menuduh kalau manajer keuangannya, Samuel J. Levin, yang membuat Nicolas mengalami masalah finansial. Samuel yang tak terima kemudian justru balas menuduh Nicolas yang dianggapnya terlalu boros dan suka bermewah-mewah. Saat ini, Nicolas masih menanggung utang sekitar puluhan juta dollar pada bank dan telah kehilangan rumahnya di New Orleans karena tidak membayar pajak penghasilan sebesar enam juta dollar lebih. Selain itu, Nicolas juga harus menjual dua rumahnya di Louisiana demi membayar hutangnya tersebut.