ST12 Profile
ST12 Profile Photo

ST12

Profesi
Grup band
Tgl Lahir
Jan 20, 2004
Lahir di
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Profesi
Grup band
Populer
Merilis album "P.U.S.P.A" (2008)
Tempat Lahir
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Kewarganegaraan
Indonesia
Populer Sejak
Merilis album "P.U.S.P.A" (2008)

ST12 merupakan grup band Indonesia yang dibentuk di Bandung, Jawa Barat, 20 Januari 2004. ST12 didirikan oleh keempat punggawanya, Charly (vokalis), Pepeng (II) (gitaris), Pepep (drummer) dan Iman Rush (gitaris). Nama ST12 diambil dari alamat studio tempat keempat personil ini sering bertemu, Jalan Stasiun Timur No. 12.

Personil ST12 tumbuh dengan kecintaannya pada genre musik yang berbeda. Charly menggemari jazz, Pepeng tumbuh bersama musik rock sedangkan Pepep suka keduanya. Namun mereka memutuskan untuk debut dengan mengusung musik Melayu.

ST12 tak lantas mengawali karir mereka dengan mudah. Mereka sempat mengalami kesulitan menemukan label rekaman untuk merilis album pertamanya. ST12 pun menempuh jalan indie dan merilis "Jalan Terbaik" (2005). Namun sebelum sempat menuai ketenaran, mereka harus kehilangan satu personilnya, Iman Rush. Iman meninggal dunia saat menjalani tur promo album pertama di Semarang, Oktober 2005.

Peluncuran album perdana ST12 menuai kesuksesan. Aliran musik Melayu yang mereka usung sukses menyita perhatian penikmat musik Indonesia. Mereka lantas merilis album kedua, "P.U.S.P.A" (2008), di bawah naungan label Trinity Optima Production. Album berisi 12 lagu ini didedikasikan ketiga personil ST12 untuk kepergian Iman Rush.

Didukung oleh label rekaman baru, album kedua ST12 semakin melambungkan nama mereka. ST12 bahkan menjadi nominator kategori Grup Band Ngetop SCTV Awards 2008. ST12 pun mulai sering tampil di berbagai acara musik televisi. Lirik sederhana dan irama musik yang mendayu-dayu jadi faktor yang memperkuat setiap penampilan mereka.

Kesolidan ST12 diuji di 2011 setelah Charly memutuskan untuk keluar. Selang 4 hari, 13 Oktober 2011, Pepeng ikut hengkang. Perbedaan visi dan misi disinyalir menjadi penyebab perpecahan pelantun "Cari Pacar Lagi" ini. Hal ini diungkapkan oleh pihak Charly melalui manajernya, Randy. "Kalau saya melihatnya masih tetap masalah prinsip, soal pandangan dan visi band," ungkapnya.

Sebagai satu-satunya personil yang tinggal, Pepep melanjutkan aktifitas bermusik ST12. Ia mendapuk Ridho menggantikan posisi Charly. Drummer itu juga memperkenalkan anggota lainnya Koko (gitaris) dan Indra (bassis) saat peluncuran album terbarunya, "Lentera Hati", Maret 2013.

ST12 Lirik Lagu