Sungmin Profile
Sungmin Profile Photo

Sungmin

Profesi
Penyanyi
Nama Asli
Lee Sung min
Tgl Lahir
Jan 1, 1986
Lahir di
Gyeonggi, Korea Selatan
Profesi
Penyanyi
Populer
Bergabung dalam Boyband "Super Junior" (2005)
Tempat Lahir
Gyeonggi, Korea Selatan
Tinggi Badan
175
Kewarganegaraan
Korea Selatan
Ayah
Lee ChunHwa
Pekerjaan Ayah
Wiraswasta (pemilik perusahaan Sendbill)
Pendidikan
  • Seoul Arts University
  • Myongji University
Saudara
Lee Sungjin (Adik)
Suami/Istri
Kim Sa Eun (aktris, sejak 13-Des-14)
Populer Sejak
Bergabung dalam Boyband "Super Junior" (2005)

Lee Sung Min, atau yang lebih populer disapa Sungmin, lahir di Gyeonggi, Korea Selatan, 1 Januari 1986. Sungmin adalah anak sulung dari dua bersaudara berlatar belakang pengusaha. Ia memiliki adik laki-laki bernama Lee Sungjin. Karena merupakan anak dari Lee Chun Hwa, pemilik perusahaan Sendbill Corporation, Sungmin disebut sebagai personil Super Junior terkaya kedua setelah Choi Siwon.

Cowok yang menuntut pendidikan di Universitas Myongji ini mengikuti audisi "SM Youth Best Contest" di tahun 2002. Di kompetisi tersebut, Sungmin menjadi juara pertama dan memenangkan penghargaan "Best Outward Appearance". Sebagai pemenang, cowok yang gemar memasak ini semula akan diorbitkan sebagai salah satu personil boyband TRAX bersama Xiah Junsu. Namun rencana tersebut dibatalkan dan Sungmin resmi menjadi peserta training di bawah naungan SM Entertainment.

Nama Sungmin ikut melejit setelah Super Junior debut pada 2005. Cowok yang mengidap anemia ini merupakan personil yang ikut membangun Super Junior sejak awal terbentuk dan masih eksis sampai sekarang. Sungmin juga merupakan personil dari sub-grup pecahan Super Junior, Super Junior-T dan Super Junior-M.

Selain menyanyi, cowok yang pernah digosipkan punya hubungan khusus dengan Sunny Girls' Generation ini juga memiliki riwayat bermain di serial dan menyiarkan acara radio. Sungmin muncul di beberapa judul serial sebagai pemeran pembantu, seperti di "Banjun Theater Eps. Finding Lost Time" (2005), "Super Junior Unbelievable Story" (2008) dan "The President" (2010).

Debut pertama Sungmin sebagai penyiar ditandai saat ia menggantikan posisi %Kangin% menyiarkan acara "Chunji Reckless Radio" tahun 2007. Acara itu ia siarkan selama satu tahun bersama personil Girls' Generation, Sooyoung dan Sunny. Beberapa tahun kemudian, Sungmin dipasangkan dengan Ryeowook untuk menggantikan posisi Leeteuk dan Eunhyuk sebagai penyiar acara "KBS Super Junior Kiss The Radio (SUKIRA)" sejak Desember 2011.

Di tahun 2010, Sungmin terpilih menjadi salah satu dari 20 penyanyi asal Korea untuk menyanyikan soundtrack berjudul "Let's Go" (2010). Soundtrack ini dibuat untuk menarik partisipasi masyarakat atas digelarnya acara tahunan pemerintah, "G-20 Seoul Summit 2010", pada November 2010.

Video Sungmin
Sungmin Lirik Lagu