Vidi Aldiano Profile
Vidi Aldiano Profile Photo

Vidi Aldiano

Profesi
Penyanyi pop
Nama Asli
Oxavia Aldiano
Tgl Lahir
Mar 29, 1990
Lahir di
Jakarta, Indonesia
Profesi
Penyanyi pop
Populer
Merilis single "Nuansa Bening" dari debut album "Pelangi Di Malam Hari" (2008)
Tempat Lahir
Jakarta, Indonesia
Tinggi Badan
178
Kewarganegaraan
Indonesia
Ayah
Harry Kiss
Pekerjaan Ayah
Pemilik event organizer
Ibu
Besbarini
Pendidikan
  • Lulus jurusan Enomoni di Universitas Pelita Harapan (2013)
Saudara
Diva (Adik), Vadi Akbar (penyanyi, adik laki-laki)
Kekasih
Sheila Dara Aisha (aktris/penyanyi)
Populer Sejak
Merilis single "Nuansa Bening" dari debut album "Pelangi Di Malam Hari" (2008)

Vidi Aldiano lahir di Jakarta, 29 Maret 1990 dengan nama Oxavia Aldiano. Ia adalah sulung dari tiga bersaudara pasangan Harry Kiss dan Besbarini. Vidi, demikian ia biasa disapa, berasal dari keluarga pecinta musik. Ayahnya yang kini memiliki usaha event organizer, dulunya adalah pembawa acara musik di stasiun TV nasional. Sedangkan ibunya adalah seorang guru les piano. Tak ayal jika di usia 3 tahun, Vidi sudah akrab dengan alat musik tersebut.

Cowok berzodiak Aries ini mengalami perjalanan terjal di awal karirnya sebagai penyanyi solo. Meski mengantongi pengalaman tampil di panggung Java Jazz 2005, Vidi masih ditolak di audisi "Indonesian Idol" tahun 2006. Tak hanya itu, demo rekaman Vidi juga ditolak oleh enam perusahaan yang dikiriminya. Pihak perusahaan beralasan, pada saat itu penyanyi solo pria belum banyak diminati oleh pasar musik. Cowok yang juga memiliki hobi fotografi ini akhirnya harus menerima penolakan, meski tak dipungkiri perusahaan rekaman memuji karakter vokal yang dimilikinya.

Tahun 2008, seorang produser kenalan ayahnya bersedia mengorbitkan Vidi. Cowok yang kuliah di jurusan Teknik Elektro Universitas Pelita Harapan ini melejit ketika merilis album pertama, "Pelangi di Malam Hari" pada tahun yang sama. Vidi kemudian menyanyikan ulang lagu lawas "Nuansa Bening" ciptaan Keenan Nasution. Lagu ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat Indonesia.

Sejak itu namanya mulai diperhitungkan sebagai salah satu penyanyi solo pria muda berbakat. Selain "Nuansa Bening", single "Status Palsu", "Cemburu Menguras Hati" dan "Cinta Jangan Kau Pergi" semakin meroketkan kepopuleran Vidi. Ia sukses meraih penghargaan "Most Favorite Male" di ajang penghargaan MTV Indonesian Awards 2009.

Memiliki warna suara yang unik, Vidi dipercaya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membawakan lagu ciptaannya, "Jiwaku Terang di Malam Itu", di acara resepsi jamuan makan malam puncak peringatan HUT-RI yang ke-64 di halaman Istana Kepresidenan, 17 Agustus 2009. Tak hanya sekali itu, untuk kedua kalinya, Vidi mendapat undangan menyanyi dari SBY. Pada kesempatan kedua tersebut, ia didaulat sebagai penyanyi di resepsi pernikahan anak kedua SBY, Ibas-Aliya, 26 November 2011. Di resepsi itu, Vidi menyanyikan dua buah lagu, "Nuansa Bening" dan "Jiwaku Terang di Malam Itu".

Vidi merilis album kedua yang diberi judul "Yang Kedua" pada tahun 2011). Album ini dikemas dalam bentuk yang unik, yaitu kaset, CD dan CD kemasan kaleng. Mengandalkan single "Datang dan Kembali" (2010), "Gadis Genit" (2011) dan "Lagu Kita" (2011), nama Vidi semakin melejit dengan kemampuan vokal berkarakter yang dimiliknya.

Vidi Aldiano Lirik Lagu