Buruan Coba, Ini 8 Rutinitas Pagi yang Bisa Bantu Anda Raih Kesuksesan
Pexels/Andrea Piacquadio
SerbaSerbi

Dalam artikel kali ini, tim redaksi akan menghadirkan beberapa rutinitas pagi yang bisa menuntun Anda menuju kesuksesan. Langsung saja yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Kesuksesan tidak mungkin diperoleh secara instan. Butuh usaha, waktu dan tahapan yang panjang untuk mewujudkannya. Anda juga tidak boleh menyerah begitu saja saat mengalami kegagalan.

Kebanyakan orang sukses akan memanfaatkan waktunya di pagi hari dengan semaksimal mungkin karena kondisi otak masih segar dan tubuh memiliki banyak energi saat pagi. Oleh sebab itu, cara Anda memulai hari akan sangat mempengaruhi aktivitas Anda di hari itu.


Rutinitas pagi mengarah pada efisiensi serta penghematan waktu dan energi. Itulah mengapa beberapa orang yang paling dikagumi dan sukses di dunia memiliki rutinitas khusus saat pagi untuk memastikan harinya berjalan dengan produktif.

Sehubungan dengan hal ini, tim redaksi WowKeren telah merangkum beberapa rutinitas pagi yang bisa membantu Anda meraih kesuksesan. Tak perlu lama-lama, langsung saja yuk simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini:

(wk/eval)

1. Bangun Pagi


Bangun Pagi
Pexels/Miriam Alonso

Orang-orang sukses cenderung bangun lebih awal agar bisa memanfaatkan waktunya dengan sebaik mungkin. Oleh sebab itu, mulai sekarang Anda harus membiasakan diri untuk bangun lebih pagi dari biasanya.

Jangan matikan alarm saat berbunyi, namun segeralah beranjak dari tempat tidur untuk mencuci wajah. Jika benar-benar kesulitan bangun pagi, Anda bisa mengakalinya dengan tidur lebih awal di malam sebelumnya.

2. Buat To-Do-List Satu Hari


Buat To-Do-List Satu Hari
Pexels/Suzy Hazelwood

Setelah bangun pagi dan merapikan tempat tidur, Anda harus membuat to-do-list atau daftar pekerjaan yang akan dilakukan dalam satu hari. Cara ini dapat membantu kita untuk menentukan skala prioritas serta mencapai tujuan hari itu.

Anda bisa membagi to-do-list dalam beberapa tingkat seperti rendah, medium dan tinggi. Bila memungkinkan, tetapkan batasan waktu penyelesaian tugas untuk membuatnya lebih efisien.

3. Olahraga


Olahraga
Pexels/Andres Ayrton

Rutinitas pagi berikutnya yang bisa Anda coba adalah olahraga. Olahraga dapat membantu melepaskan endorfin yang bisa meningkatkan mood serta membuat tubuh lebih fokus dan berenergi. Dengan berolahraga pagi, tubuh akan mendapatkan aktivitas fisik yang cukup untuk menjalani hari.

Anda tak harus melakukan olahraga berat jika tak terbiasa melakukannya. Sebagai permulaan, Anda bisa berjalan kaki keliling kompleks, stretching, melakukan yoga hingga jumping jacks.

4. Sarapan Sehat


Sarapan Sehat
Pexels/Life Of Pix

Tubuh dan pikiran yang sehat memungkinkan kita untuk mencapai hal-hal besar, termasuk kesuksesan. Oleh sebab itu, Anda harus memberi tubuh Anda nutrisi yang cukup dengan mengkonsumsi makanan sehat setiap hari.

Jangan pernah lewatkan sarapan karena hal ini bisa membantu mengurangi stres, tegang dan kelaparan saat beraktivitas. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan bergizi yang mencakup protein dan lemak sehat. Selain itu, usahakan untuk mengkonsumsi minimal tiga gelas air di pagi hari untuk membantu meningkatkan konsentrasi.

5. Baca Buku atau Berita


Baca Buku atau Berita
Pexels/Artem Malushenko

Orang-orang sukses tak ragu mencoba hal baru, sehingga mereka cenderung memperluas wawasan dengan membaca buku atau berita. Dengan begitu, otak akan mendapat "makanan" yang cukup untuk memiliki pandangan baru.

Anda tidak harus membaca koran atau berita secara rinci. Yang terpenting adalah Anda tahu berita terkini yang sedang terjadi, terutama yang ada di sekitar Anda. Dengan begitu, Anda bisa tahu berbagai permasalahan yang sedang hangat dibicarakan.

6. Tidak Mengakses Media Sosial


Tidak Mengakses Media Sosial
Pexels/Magnus Mueller

Di era modern seperti saat ini, media sosial seolah jadi sahabat karib yang membersamai kita hampir setiap waktu. Namun media sosial juga kerap memberi pengaruh buruk bagi kesehatan psikologis seseorang. Sebab tak sedikit dari kita yang merasa iri atau merasa rendah diri saat melihat "kesempurnaan" yang diperlihatkan orang lain di media sosial.

Demi menghindari paparan negatif, usahakan untuk tidak mengakses media sosial di pagi hari. Anda pun bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat seperti membaca berita atau olahraga.

7. Menghabiskan Waktu dengan Keluarga


Menghabiskan Waktu dengan Keluarga
Pexels/Nataliya Vaitkevich

Kesibukan kadang sangat menyita waktu kita hingga melewatkan momen berharga bersama keluarga. Oleh sebab itu, usahakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di pagi hari sebelum berangkat kerja.

Ini adalah waktu yang tepat bagi Anda yang bekerja hampir sepanjang hari, sehingga tak bisa menghabiskan banyak waktu dengan keluarga saat malam. Kalian bisa melakukan berbagai aktivitas sederhana, seperti sarapan, membaca, berangkat kerja dan sekolah bersama atau sekadar berbincang akrab dengan satu sama lain.

8. Refleksi Diri


Refleksi Diri
Pexels/Ivan Oboleninov

Rutinitas terakhir yang bisa membantu Anda mewujudkan kesuksesan adalah refleksi diri. Bahkan mendiang Steve Jobs juga melakukan aktivitas satu ini.

Dalam pidato pembukaan Stanford di tahun 2005, Steve Jobs berkata, "Selama 33 tahun terakhir, aku telah melihat ke cermin setiap pagi dan bertanya pada diri sendiri, 'Jika hari ini adalah hari terakhir dalam hidupku, apakah aku ingin melakukan apa yang akan kulakukan hari ini?' Jika jawabannya adalah tidak, saya tahu saya harus mengubah sesuatu."

Teknik refleksi ala Steve Jobs ini tak hanya mudah dipraktekkan, namun juga memiliki dampak yang besar karena mampu mengubah kesadaran diri seseorang. Jadi, jangan pernah ragu untuk menirunya ya.

Demikian delapan rutinitas pagi hari yang bisa Anda lakukan untuk meniti kesuksesan. Semoga artikel di atas bermanfaat dan selamat mencoba!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait