Usai Minta Maaf, T Koes Band Janji Tidak Akan Bawakan Lagu Koes Plus
Instagram
Selebriti

Keluarga besar Koeswoyo belakangan ini melarang T Koes band untuk membawakan lagu-lagu Koes Plus. Pihak T Koes pun meminta maaf dan tetap akan melaksanakan kewajibannya untuk membayar royalti.

WowKeren - Keluarga besar band legendaris Koes Plus melarang band T Koes untuk membawakan karya cipta milik orang tua mereka sejak 22 September lalu. Pengumuman dadakan itu pun membuat publik bertanya-tanya tentang apa yang terjadi. Banyak netizen yang menduga jika hal ini berhubungan dengan masalah uang atau royalti.

Namun Sari Koeswoyo dengan tegas membantah tudingan tersebut. Ia pun menyinggung tentang adab yang telah membuat kesabaran mereka habis. Hal senada juga disampaikan oleh David Koeswoyo.

Menanggapi pelarangan tersebut, penggagas band T Koes pun telah menyatakan permintaan maafnya. Manajer band T Koes, Watie, juga menyampaikan bahwa pihak T Koes tidak akan membawakan lagu-lagu ciptaan band legendaris itu lagi.

"Kami menerima pelarangan itu," ujar Watie dalam konferensi pers di Dikota Backyard, Kemang, Jakarta Selatan pada Selasa (26/9). "Dan berjanji untuk tidak membawakan lagu-lagu Koes Plus lagi dalam setiap penampilan T Koes."

Kuasa hukum T Koes, Marulam Simanjuntak, memastikan bahwa grup Fajaru Al Azhari cs itu sudah tidak lagi membawakan lagu-lagu Koes Plus sejak tampil terakhir di Pekanbaru, Riau, Sabtu (23/9). Pihak T Koes tetap akan melaksanakan kewajibannya untuk membayar royalti atas lagu-lagu gubahan ulang dalam penampilan mereka.


"Tanggal 23 September itu sudah tidak membawakan lagu Koes Plus, itu di Pekanbaru. Tapi taat royalti tetap dijalankan," kata Marulam. "Dari dulu T'Koes selalu taat pada hukum royalti, tidak ada keraguan soal itu. Mau [lagu] Koes Plus atau tidak, tetap taat pada hukum royalti."

Selama ini T Koes memang mendedikasikan diri untuk membawakan lagu-lagu lawas karya Koes Plus. Jim Qory Al Ghafary selaku pemain bas T Koes tak ayal merasa ikut sedih dengan keputusan ini.

"Sedih sih pasti sedih ya, karena 16 tahun ini kami melestarikan karya-karya ini. Tetapi karena dilarang, ya harus kami taati karena memang seperti ini situasinya," ungkap Jim. "Ini juga menjadi trigger juga bagi kami untuk berkarya."

"Sebenarnya T Koes itu sudah ada tiga album, satu di antaranya adalah lagu kita sendiri yang di-mix dengan lagu-lagu Koes Plus. Saat itu kami bertemu dengan Pak Yoen untuk izin dan segala macam," sambung Jim.

Atas kejadian ini, Jim mengaku akan semakin rajin membawa karya sendiri. "Ke depannya, kami akan semakin rajin membawakan karya-karya sendiri, karena kami memang sepertinya terlalu berada di zona nyaman untuk membawakan lagu-lagu kakek kita," tandas Jim.

(wk/diah)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru