Ayu Ting Ting Profile
Ayu Ting Ting Profile Photo

Ayu Ting Ting

Profesi
Penyanyi, presenter
Nama Asli
Ayu Rosmalina
Tgl Lahir
Jun 20, 1992
Lahir di
Depok, Jawa Barat, Indonesia
Profesi
Penyanyi, presenter
Populer
Merilis single "Alamat Palsu" (2007)
Tempat Lahir
Depok, Jawa Barat, Indonesia
Tinggi Badan
160
Kewarganegaraan
Indonesia
Warna Rambut
Hitam
Ayah
Abdul Rozak
Ibu
Umi Khalsum
Pekerjaan Ibu
Penyanyi
Pendidikan
  • Kuliah jurusan Ekonomi Manajemen di Universitas Gunadarma, Depok
  • Hendry B. Hendarso (04-Jul-13 - 01-Apr-14)
Saudara
Syifa (adik)
Suami/Istri
Hendry B. Hendarso (04-Jul-13 - 01-Apr-14)
Kekasih
Shaheer Sheikh (aktor, mantan)
Anak-anak
Bilqis Khumairah Razak (perempuan, L. 28-Des-13)
Populer Sejak
Merilis single "Alamat Palsu" (2007)

Penyanyi dangdut bernama asli Ayu Rosmalina yang lebih dikenal dengan Ayu Ting Ting, lahir di Depok, 20 Juni tahun 1992. Ia merupakan anak pertama dari dua bersaudara pasangan Abdul Rozak dan Umi Khalsum. Keluarga Ayu berlatar-belakang sederhana. Ayahnya berprofesi sebagai pegawai negeri dan ibunya seorang penyanyi. Ayu saat ini sedang menuntut gelar sarjana manajemen di Universitas Guna Dharma. Namun karena kesibukannya sekarang, Ayu memilih cuti dulu dari kuliah.

Ayu mulai dikenalkan dengan musik dangdut semenjak ia berusia empat tahun. Selain musik dangdut, ia juga dikenalkan dengan dunia modeling oleh orangtuanya. Namun, keinginan Ayu di musik dangdut terlihat lebih kuat. Ia sudah menyanyi di acara pernikahan sejak usia 14 tahun. Kala itu, Ayu menerima honor Rp 250 ribu setiap kali manggung.

Ia kemudian menyandang nama belakang "Ting Ting" yang terilhami dari lagu dangdut berjudul sama. Lagu itu merupakan track di album "Dilanjut Aja" (2007). Ayu juga menyanyikan single "Alamat Palsu" yang ditulis oleh seorang pencipta lagu dangdut asal Tasikmalaya. Pada saat itu, "Alamat Palsu" sudah termasuk dalam album "Dilanjut Aja", namun nyatanya single tersebut belum meledak.

Empat tahun setelah"Dilanjut Aja", lagu "Alamat Palsu" tiba-tiba booming dan menjadi sangat populer di Indonesia. Popularitas lagu itu otomatis menaikkan tarif nyanyi Ayu hingga mencapai puluhan juta rupiah per manggung.

Setelah meledaknya single "Alamat Palsu" yang menjadi sangat populer di penghujung tahun 2011, Ayu merilis single kedua yang berjudul "Sik Asik" pada pertengahan Desember 2012. Ia juga menghadirkan album kompilasi "Ayu Ting Ting & Friends" (2012) dengan menggandeng sederet penyanyi seperti Citra Scholastika ("Galau Galau Galau" dan "Everybody Knew") dan Gisella Anastasia ("Pencuri Hati").

Dalam penampilannya, Ayu berusaha menjadi dirinya sendiri. Ia lebih mengandalkan suaranya ketimbang jogetannya ketika manggung, hal yang sangat kontradiktif dengan kebanyakan penyanyi dangdut lain.

Ayu yang sangat menggemari K-Pop, menjadikan dandanan ala penyanyi Korea (dari segi fashion hingga warna rambut) sebagai trademark-nya. Dengan itu, Ayu berharap penikmat musik Indonesia lebih bisa membedakan dirinya dengan penyanyi dangdut yang lain.

Sayangnya kehidupan cinta Ayu tak sesukses karirnya di dunia musik dangdut. 4 Juli 2013, penyanyi yang pernah menjadi presenter "Dahsyat" itu resmi dipersunting Hendri B. Hendarso alias Enji. Sayangnya sejak awal, pernikahan Ayu dan putra mantan Kapolri Jenderal (pur) Bambang Hendarso Danuri tersebut sudah bermasalah.

Ayu dan Enji yang selalu mesra saat pacaran melangsungkan pernikahan yang terkesan mendadak dan tertutup. Padahal April 2013, Ayu masih semangat mengungkap proses pemotretan pre-weddingnya di Kota Tua, Jakarta.

Selain itu, pernikahan dadakan itu memunculkan isu kalau Ayu telah hami lebih dulu. Sang ayah, Abdul Rozak, sempat membantah rumor tersebut.

"Itu nggak benar," tegas Rozak. "Ayu kan sudah komitmen. Itu nggak. Saya jamin mudah-mudahan nggak."

Pertengahan Agustus, Ayu akhirnya mengakui kalau ia memang hamil anak pertama. Bersamaan dengan itu, muncul dugaan kalau Ayu dan Enji sedang bermasalah.

Ketidakhadiran Enji di samping Ayu pada beberapa kesempatan semakin menguatkan dugaan kalau mereka pisah ranjang. Namun isu tersebut dibantah Ayu.

"Aku baik-baik saja," tegas Ayu. "Kalau lagi nggak bareng dibilang pisah kalau lagi bareng gimana-gimana. Aku kan nyanyi, Enji juga kerja jadi kalau ketemu ya paling di rumah atau janjian di mana kan orang nggak harus semua tahu."

Enji pun juga menegaskan kalau ia masih suami Ayu. Namun beberapa waktu kemudian, ibu Ayu, Umi Khalsum, memastikan kalau putrinya akan menggugat cerai Enji.

"Pasti itu (gugat cerai), selesai dia (Ayu) lahiran pasti ada gugatan," ungkap Umi Kalsum, 6 November. "Sudah emang jalannya. Takdir anak saya. Kita semua juga sudah menerima."

Enji yang terkesan diam pun angkat bicara. Didampingi kuasa hukumnya, Hotman Paris, Enji menjelaskan bahwa keharmonisan pernikahannya dengan Ayu hanya terjadi 21 hari.

"Mungkin saya harus omong yang sebenarnya, saya gerah dengan akhir-akhir ini. Saya tekankan, saya tidak pernah tinggalkan istri saya. Dia malah yang lari dan keluar dari rumah saya. Saya malah berkali-kali jemput Ayu, tapi tidak ada itikad mau ikut saya," tegasnya saat jumpa pers di Kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, dua hari setelah pernyataan ibu Ayu. "Tapi dia enggak mau, saya enggak tahu kenapa, ya sudah saya pulang. Puncaknya pas Lebaran. Harusnya Lebaran istri sama suami, dia milih sama keluarganya, akhirnya saya lebaran sama keluarga saya."

Enji juga mengaku bahwa keluarga Ayu marah karena masalah resepsi pernikahan mereka yang awalnya dijadwalkan September 2013. Menurut Enji, keluarga Ayu berharap pernikahan putrinya bersama Enji berlangsung meriah. Namun hingga kini resepsi pernikahan itu belum terlaksana. Gara-gara keinginan orangtuanya itu, hubungan Ayu dan Enji tidak harmonis.

Kisruh rumah tangganya yang tak menemui ujung membuat Ayu sempat menghilang, Januari 2014. Kasus sembunyinya Ayu ini justru menimbulkan berbagai spekulasi di media tentang kelahiran anak pertamanya. Sebuah foto seorang bayi muncul di dunia maya yang diklaim sebagai anak Ayu. Namun hal tersebut dibantah oleh ayah Ayu.

Tak berselang lama kemudian, Ayu muncul di hadapan publik dalam keadaan sudah tak hamil lagi. Ayu pun mengaku bahwa ia memang sengaja bersembunyi untuk konsentrasi kepada kelahiran anak pertamanya tersebut.

"Kemarin memang istirahat, saya manusia biasa, punya privasi," ujar Ayu. "Saya butuh konsentrasi, pas ngelahirin nggak ada pikiran lelah atau capek, Alhamdulillah semua berjalan lancar."

Namun sayangnya Ayu menyembunyikan keberadaan bayi perempuan yang dinamakan Bilqis Khumariah Razak tersebut dari publik. Ia tak ingin Enji menemukan anak mereka.

Meski telah melahirkan buah hati, namun hal tersebut tak menyurutkan keinginannya untuk menceraikan Enji. Usai melahirkan, Ayu langsung mengajukan cerai terhadap Enji di Pengadilan Agama Depok, Jakarta, 27 Januari 2014.

Loading...
Ayu Ting Ting Lirik Lagu
Lirik Lagu
Lirik

Aku Percaya

Lirik Lagu
Lirik

Alamat Palsu

Lirik Lagu
Lirik

Bang Toing Duren

Lirik Lagu
Lirik

Bulan Dalam Kolam

Lirik Lagu
Lirik

Dangdutan

Lirik Lagu
Lirik

Geboy Mujair

Lirik Lagu
Lirik

Geol Ajep Ajep

Lirik Lagu
Lirik

Gregetan

Lirik Lagu
Lirik

Happy

Lirik Lagu
Lirik

Indonesia Negeri Kita Bersama

Lirik Lagu
Lirik

Joni Kimpul

Lirik Lagu
Lirik

Jutek