Tak Banyak yang Tahu, Ini 7 Fakta Ri Sol Ju Istri Kim Jong Un
Starpost
SerbaSerbi

Negara Korea Utara memang sangat misterius. Begitu pula dengan Ibu Negara mereka. Intip 7 fakta istri Kim Jong Un

WowKeren - Pada Selasa (12/6) kemarin, Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menjalani serangkaian pertemuan di Pulau Sentosa, Singapura. Usai pertemuan tersebut mereka menandatangi sebuah dokumen

Pertemuan tersebut menandai pertama kalinya dalam sejarah pemimpin Korea Utara dan Amerika Serikat yang bertemu secara langsung. Hari bersejarah itu menjadi sorotan diberbagai belahan dunia.


Tak hanya soal dokumen yang ditandatangin namun juga beberapa hal. Seperti dampak ekonomi ke negara-negara lain, transportasi bahkan hotel para pemimpin negara tersebut. Sesuatu yang tak kalah menarik perhatian adalah soal istri dari Kim Jong Un.

Negara Korea Utara memang sangat misterius. Begitu pula dengan Ibu Negara mereka. Tidak banyak informasi mengenai sosok Ri Sol Ju yang diketahui sebagai istri Kim Jong Un. Ini dia 7 fakta wanita yang berada disamping diktator Korea Utara tersebut.

1. Ri Sol Ju Anak Keluarga Terpandang


Ri Sol Ju Anak Keluarga Terpandang

Ri Sol Ju diyakini berusia akhir 20-an atau awal 30-an. Tidak banyak yang diketahui soal keluarganya.

Menurut Michael Maden, seorang ahli yang menerbitkan "Leadership Watch Korea Utara", Ri Sol Ju dilahirkan sekitar tahun 1984 di Chongjin. Ia merupakan cucu dari Ri Pyong Chol, mantan kepala Tentara Rakyat Korea dan pasukan angakatan udara.

Kabarnya, Ri Sol Ju berasal dari keluarga yang terpandang. Ibunya adalah seorang ginekolog dan ayahnya seorang profesor. Beberapa lainnya menyebutkan bahwa ayah Ri Sol Ju adalah seorang perwira tentara rakyat Korea.

2. Ri Sol Ju Pernah Jadi Cheerleader dan Penyanyi


Ri Sol Ju Pernah Jadi Cheerleader dan Penyanyi

Sebelum menjadi istri Kim Jong Un, Ri Sol Ju adalah pemandu sorak dan juga penyanyi. Ia menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Kedua Geumseong di Pyongyang. Setelah lulus, Ri Sol Ju disebut-sebut belajar musik di Tiongkok.

Saat masa sekolahnya, ia dilaporkan bepergian ke Korea Selatan sebagai anggota tim pemandu sorak untuk Kejuaraan Atletik Asia 2005. Dalam kunjungannya, ia mengenakan hanbok hitam dan putih serta mengibarkan bendera Semenanjung Korea yang bersatu.

Mengenai kariernya sebagai penyanyi, Ri Sol Ju diketahui tergabung dalam grup musik Unhasu Orchestra saat sejumlah video penampilannya beredar. Beberapa laporan menyebutkan bahwa para petinggi berpengaruh di Korut menyita CD dan semua bukti karier Ri Sol Ju.

3. Ketahuan Berkencan dengan Kim Jong Un saat Menonton Konser


Ketahuan Berkencan dengan Kim Jong Un saat Menonton Konser

Hubungan keduanya mulai terendus media pada Juli 2012 ketika tengah menonton konser bersama di Pyongyang. Sejak hari itu, Ri Sol Ju sering terlihat berada di sebelah Kim Jong Un saat melakukan kunjungan.

Intelijen dari Korsel meyakini pernikahan keduanya telah berlangsung sejak sekitar 2010. Ri Sol Ju pertama kali muncul saat menghadiri pemakaman Kim Jong Il, ayah Kim Jong Un. Saat itu tidak ada yang mengetahui sosok Ri Sol Ju, beberapa mengira ia hanya kerabat dekat yang jarang terlihat.

Sebelum kehadiran Ri Sol Ju, Kim Jong Un sempat dikabarkan memiliki hubungan dengan penyanyi bernama Hyong Song Wol, anggota Electronic Music Band. Beberapa kabar simpang siur juga menyebutkan bahwa Hyong Song Wol dan Ri Sol Ju adalah orang yang sama.

Hyong Song Wol dan Kim Jong Un kabarnya mulai berkencan setelah berkenalan disebuah sekolah di Swiss. Namun awalnya hubungan cinta itu terputus karena ada larangan dari Kim Jong Il.

4. Menemani Kim Jong Un ke Beberapa Negara


Menemani Kim Jong Un ke Beberapa Negara

Layaknya istri pemimpin di negara lain, Ri Sol Ju mendampingi suaminya berkunjung ke negera lain. Ia pernah menemani Kim Jong Un saat pergi ke Beijing. Mereka menggunakan kereta api berlapis baja yang secara tradisional digunakan oleh para pemimpin Korut untuk berpergian ke luar negeri.

Kepergiannya ke Beijing adalah penampilan pertamanya dalam kunjungan diplomatik. Selama ini ia hanya terlihat di acara-acara domestik.

Namun, para pertemuan dengan presiden Korea Selatan April lalu, sosok Ryu Sol Ju tidak kelihatan. Kim Jong Un malah didampingi oleh adiknya.

5. Mengenakan Barang-Barang Merek Ternama


Mengenakan Barang-Barang Merek Ternama

Ri Sol Ju menjadi satu-satunya Ibu Negara Korut yang berani mengubah gaya busananya dan memotong rambut menjadi pendek. Pasalnya, istri pemimpin Korea Utara sebelumnya selalu mempertahankan rambut panjang mereka.

Korea Utara diketahui memiliki larangan untuk ketat soal pakaian sehari-hari warganya. Namun, Ri Sol Ju kerap mengenakan busana dan aksesoris bergaya barat.

Ri Sol Ju diketahui pernah memakai tas Dior yang bernilai ratusan juta. Ia juga sempat terlihat memakai tas merek Chanel. Dan saat semua memakai lencara Korea Utara, istri Kim Jong Un ini memilih mengenakan bros cantiknya.

6. Ri Sol Ju Memiliki Tiga Anak


Ri Sol Ju Memiliki Tiga Anak

Intelijen Korea Selatan mengungkapkan bahwa Ri Sol Ju memiliki tiga orang anak. Tetapi hanya satu anak yang namanya diketahui oleh publik.

Mantan bintang NBA, Dennis Rodman pernah mengunjungi Pyongyang pada 2013 silam. Ia mengatakan bahwa dirinya menggandeng anak Kim Jong Un yang bernama Ju Ae.

Menurut seorang anggota parlemen Korea Selatan, Ri Sol Ju melahirkan anak pertamanya pada tahun 2010. anak kedua dan ketiganya lahir pada 2013 dan 2017.

7. Membujuk Kim Jong Un Demi Kebebasan Wanita Korea Utara


Membujuk Kim Jong Un Demi Kebebasan Wanita Korea Utara

Meski jarang terlihat dan diekspos, Ri Sol Ju merupakan Ibu Negara yang peduli akan rakyatnya. Terutama tentang kebebasan wanita Korea Utara.

Ri Sol Ju diketahui dapat melunakkan tempramen Kim Jong Un yang keras. Sehingga Kim Jong Un membiarkan para wanita Korea Utara memakai celana, celana ketat hitam, jins serta sepatu hak tinggi dan platform. Ia juga mengizinkan mereka mengendarai sepeda.

You can share this post!

Related Posts