Erupsi Gunung Soputan pada Bulan Oktober dan Desember 2018
Nasional

Simak kembali serangkaian kejadian bencana alam yang guncang Indonesia selama tahun 2018 dalam rangkuman Wowkeren berikut ini.

WowKeren - Memasuki bulan Oktober 2018, keaktivan salah satu gunung di Indonesia kembali menimbulkan kecemasan. Kali ini, kabar letusan gunung datang dari Gunung Soputan di Sulawesi Utara.

Gunung Soputan dikabarkan mengalami letusan pada 3 Oktober 2018 pukul 08.47 WITA. Berdasarkan keterangan dari Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, Gunung Soputan meletus dan mengeluarkan abu vulkanik. Terpantau tinggi kolom abu sekitar 4.000 meter di atas puncak kawah atau sekitar 5.809 meter di atas permukaan laut.

Pada saat kejadian tersebut dikabarkan, Gunung Soputan sendiri sudah berstatus Siaga. Kendati demikian, Sutopo meminta warga untuk tetap waspada dan lebih menyaring kabar-kabar hoaks yang banyak beredar.

Berada pada status Siaga, Gunung Soputan dikabarkan kembali meletus pada 16 Desember yang lalu. Letusan terjadi sekitar pukul 05.40 WIB. Tinggi abu yang dimuntahkan ditaksir mencapai 8.809 meter di atas permukaan air laut (DPL).

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel