Perjalanan Panjang Khofifah Hingga Akhirnya Dilantik Jadi Gubernur Jatim Usai Berulang Gagal
Instagram/khofifah.ip
Nasional

Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak akhirnya akan resmi dilantik menjadi Gubernur Jatim pada Rabu (13/2) ini.

WowKeren - Gubernur Jawa Timur akan segera berpindah tangan. Pada Rabu (13/2), Presiden Indonesia, Joko Widodo, rencananya akan melantik gubernur pengganti Soekarwo.

Sebagai gantinya, posisi Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim akan diisi oleh Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak. Kepastian pelantikan Khofifah ini sudah dibenarkan oleh Soekarwo. "Pelantikan Bu Khofifah dan Mas Emil sudah pasti 13 Februari di Istana Negara pukul 15.30 WIB," jelas Soekarwo di Grahadi, Surabaya, pada Senin (11/2) kemarin.

Sebelum akhirnya akan resmi dilantik, Khofifah rupanya harus menempuh perjalanan panjang dan berliku. Pasalnya, wanita yang pernah menjabat sebagai Menteri Sosial ini harus gagal berulang kali. Tak cukup sekali ia berusaha menduduki posisi Gubernur Jatim itu.

Khofifah pertama kali bersaing di Pilgub Jatim pada tahun 2008 lalu. Pada saat itu, ia bersaing dengan empat pasangan calon yang lain. Namun, ia akhirnya harus menempuh persaingan ketat dengan Soekarwo dan Saifullah Yusuf di putaran kedua. Khofifah lantas gugur dikalahkan oleh pasangan KarSa tersebut dengan perolehan suara 49,89 persen. Sementara KarSa unggul dengan 50,11 suara.


Tak menyerah, Khofifah kembali maju melawan Soekarwo yang kala itu kembali mencalonkan diri untuk periode kedua. Sayang, ambisi Khofifah untuk bisa menjadi Gubernur Jatim yang kedua kalinya, masih harus gagal. Ia dikalahkan Soekarwo dengan perolehan suara 37,62 persen. Sementara Soekarwo dan Saiful mendapatkan perolehan suara 47,25 persen.

Perjuangan Khofifah sempat vakum dengan diangkatnya dirinya menjadi Menteri Sosial di era pemerintahan Presiden Jokowi. Ia menjabat sebagai Menteri Sosial pada 27 Oktober 2014 hingga 17 Januari 2018. Khofifah lantas pamit untuk kembali bertaruh di Pilgub Jatim 2018.

Kesabaran Khofifah berbuah manis. Membawa Emil Dardak yang sebelumnya menjabat sebagai Bupati Trenggalek, Khofifah berhasil meraih kemenangan. Dalam Pilgub Jatim 2018 ini, Khofifah maju melawan Saifullah Yusuf yang berpasangan dengan Puti Guntur Soekarno.

Khofifah berhasil unggul dengan perolehan suara 53,55 persen. Sementara Gus Ipul dan Puti hanya mendapatkan suara 46,45 persen.

Usai resmi dilantik nantinya, Khofifah dan Emil akan diarak untuk mengelilingi Surabaya hingga menuju Kantor Gubernur Jawa Timur. Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur yang baru ini akan disambut dengan beberapa simpatisan yang sudah menunggu kedatangan mereka. Sejumlah personel kepolisian juga sudah dikerahkan untuk menjaga ketertiban dan keamanan arak-arakan.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait