Butuh Perhatian Ekstra, Ketahui 10 Tips Merawat Rambut Keriting Agar Tetap Mudah Diatur
Lifestyle

Buat pemilik rambut keriting, yuk simak cara merawatnya.

WowKeren - Setiap orang memiliki tipe rambut masing-masing. Mulai dari yang lurus, bergelombang, ikal hingga keriting. Tiap tipe rambut tersebut juga punya jenis-jenis lainnya yang berbeda. Intinya, setiap rambut tidak dapat disamakan cara perawatannya.

Nah, buat kalian yang memiliki rambut keriting, jangan samakan dengan rambut lurus. Seperti diketahui, rambut kering mudah kusut jika tidak benar cara perawatannya. Apalagi setelah bangun tidur, rambut kering akan susah diatur.

Perawatan rambut keriting dapat dikatakan harus lebih ekstra dari lainnya agar tak mudah kusut dan tetap mudah diatur. Berikut 7 tips merawat rambut keriting. Yuk simak di bawah ini.

(wk/nris)

1. Lakukan Keramas dengan Cara yang Tepat


Lakukan Keramas dengan Cara yang Tepat

Rambut keriting biasanya memiliki tekstur yang kasar dan kering. Maka dari itu, jangan terlalu sering keramas. Cucilah rambut minimal 2 kali seminggu agar rambut tidak semakin kering.

Selain itu, sampo mengandung sodium laureth sulfate atau detergen yang berfungsi untuk menyatukan minyak dengan air. Padahal, rambut keriting membutuhkan minyak alami agar tetap lembab. Jika merasa perlu keramas, kalian dapat menggunakan dry shampoo.

Nah, untuk cara melakukan keramas juga harus diperhatikan. Mulai keramas dari bagian akar rambut. Fokuslah terlebih dahulu membersihkan kulit kepala. Kemudian bawa busa sampo ke seluruh rambut dengan cara memijat lembut. Jangan menggosok rambut terlalu keras, ya.

2. Jangan Lupa Gunakan Conditioner


Jangan Lupa Gunakan Conditioner

Pemilik rambut keriting sangat membutuhkan conditioner. Penggunaan conditioner pada rambut keriting bahkan lebih penting dari pada sampo, lho. Semakin keriting rambut seseorang, semakin sulit minyak terdistribusi dengan baik di kulit kepala.

Oleh karena itu, penggunaan conditioner diperlukan. Untuk rambut keriting, pilihkan conditioner yang memberikan efek lembut dan lembap pada rambut. Saat menggunakan conditioner, kalian bisa membilasnya dengan air yang temperaturnya dingin lantaran membantu nutrisi di dalamnya lebih menyerap ke dalam helai rambut.

3. Sisir Rambut Keriting Sebelum Keramas


Sisir Rambut Keriting Sebelum Keramas

Nah, sebelum keramas, ada ritual lain yang harus kalian lalukan. Sebaiknya kalian menyisir rambut terlebih dahulu. Tips ini berguna agar rambut tidak semakin kusut saat keramas. Resiko rambut tercabut juga akan berkurang.

4. Sisir Rambut saat Masih Basah


Sisir Rambut saat Masih Basah

Menyisir rambut saat masih basah mungkin menjadi pantangan bagi sebagian tipe rambut. Namun, untuk rambut kering, sebaiknya kalian menyisir rambut saat masih basah. Rambut yang disisir saat sudah kering malah akan mudah patah dan kusut.

Sisir yang paling baik untuk rambut keriting adalah yang memiliki gigi jarang. Mulai lah menyisir rambut dari ujung terlebih dahulu kemudian ke atas. Setelah kering, rambut akan lebih teratur.

5. Sisir Rambut Keriting dengan Jari


Sisir Rambut Keriting dengan Jari

Rambut keriting yang mudah kusut mungkin menyulitkan kalian saat disisir. Apalagi jika menggunakan sisir dengan gigi yang rapat. Maka dari itu, coba sisir rambut memakai jari terlebih dahulu. Biarkan kusut pada rambut teratasi. Setelah itu, kalian bisa menggunakan sisir.

6. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Hairdryer


Jangan Terlalu Sering Menggunakan Hairdryer

Alat-alat perawatan rambut seperti catokan dan hairdryer dapat membuat rambut rusak. Buat para pemilik rambut keriting, angin panas dari hairdryer malah akan semakin membuat rambut kalian mengembang. Jadi, lebih baik keringkan secara alami saja, ya.

7. Keringkan Rambut Keriting dengan Diffuser


Keringkan Rambut Keriting dengan Diffuser

Namun, jika kalian sedang buru-buru, diffuser bisa menjadi pilihan tepat. Diffuser berbentuk corong yang dipasang di mulut hairdryer. Corong ini akan membantu agar angin yang keluar dari hairdryer tidak terlalu kencang sehingga rambut keriting bisa tetap rapi.

Selain itu, sebelum mengeringkan rambut menggunakan diffuser, kalian wajib memeras terlebih dahulu air dengan kain atau handuk berbahan microfiber. Setelah itu, aplikasikan produk pelindung panas agar rambut tetap sehat.

8. Sisir Rambut Sebelum Tidur Lalu Bentuk Cepol


Sisir Rambut Sebelum Tidur Lalu Bentuk Cepol

Saat tidur, rambut juga wajib dijaga, ya. Kalian perlu menyisir rambut sebelum tidur. Hal ini dilakukan agar rambut tidak terlalu kusut saat pagi hari.

Selain itu, kalian bisa mengikat rambut dengan gaya cepol saat tidur. Pastikan tidak ada rambut yang tertinggal. Hal ini akan membuat rambut tidak mudah bergesekan dengan bantal dan menjaga bentuk rambut. Gelombang pada rambut kalian akan tetap terjaga keindahannya.

9. Jangan Keramas dengan Air Hangat


Jangan Keramas dengan Air Hangat

Bagi yang suka mandi dengan air hangat, jangan sekali-kali digunakan untuk rambut, ya.
Suhu air hangat dapat merusak rambut dengan merangsang kutikel untuk terbuka. Rambut akan menjadi rapuh. Sementara itu, air dingin dapat menutup kutikel rambut dan mengunci kelembapan di dalamnya dengan sempurna.

10. Rawat dengan Vitamin Rambut


Rawat dengan Vitamin Rambut

Vitamin sangat penting untuk menjaga rambut kering tetap indah dan sehat. Pilihlah vitamin rambut yang mengandung vitamin E dan mineral oil yang dimurnikan agar rambut tidak berminyak dan mampu menutrisi secara mendalam. Untuk mengaplikasikan vitamin, kalian perlu mengaplikasiklannya pada batang rambut dari tengah hingga ujung. Tips ini akan membuat rambut tidak terlihat kaku dan mencegahnya bercabang.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait