10 Manfaat Cokelat yang Wajib Kalian Tahu, Enggak Bikin Gendut!
iStockphoto
Lifestyle

Tak hanya enak dimakan, cokelat juga memiliki banyak manfaat yang mungkin belum kalian ketahui.

WowKeren - Apa kalian suka cokelat? Cokelat merupakan sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao. Cokelat menjadi makanan favorit sebagian orang lantaran rasanya yang manis dan menyenangkan.

Cokelat sendiri umumnya diberikan sebagai hadiah sebagai lambang cinta. Apalagi cokelat masa kini memiliki bentuk dan corak yang unik. Cokelat pun kini memiliki banyak rasa, lho.

Tak hanya enak dimakan, cokelat juga memiliki banyak manfaat yang mungkin belum kalian ketahui. Mau tahu apa saja? Simak di sini, yuk.

(wk/nris)

1. Cokelat Akan Meningkatkan Penglihatan Mata


Cokelat Akan Meningkatkan Penglihatan Mata

Ingin sembuh dari mata minus? Para ilmuwan mengungkapkan bahwa mengonsumsi cokelat hitam atau dark chocolate dapat meningkatkan penglihatan. Penelitian membuktikan, orang dewasa yang konsumsi sebatan cokelat hitam memiliki peningkatan yang signifikan soal kejernihan visual dan kepekaan kontras. Hasilnya bisa didapatkan dalam waktu yang cukup singkat, hanya dua jam setelah mengonsumsi.

Cokelat mengandung flavonoid yang berfungsi melindungi pembuluh darah mata dan memperkuat kornea mata dan retina. Hal ini yang dipercaya melindungi mata dari kebutaan. Buat yang ingin tahu cara melindungi kesehatan mata lainnya, simak di sini.

2. Cokelat dapat Melindungi Kulit dari Sinar UV


Cokelat dapat Melindungi Kulit dari Sinar UV

Cokelat rupanya juga memiliki manfaat untuk kulit, lho. Padahal, sering banget ada yang bilang untuk tidak mengonsumsi cokelat lantaran dapat membuat jerawatan. Faktanya, beberapa penelitian mengungkapkan cokelat dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV.

Namun, untuk manfaat satu ini, kalian sebaiknya memilih cokelat yang rendah gula. Pasalnya, cokelat yang kebanyakan gula meningkatkan resiko jerawat.

3. Cokelat Hitam dapat Mencegah Diabetes


Cokelat Hitam dapat Mencegah Diabetes

Penderita diabetes mungkin harus menghindari cokelat yang manis, namun tidak untuk cokelat hitam. Jenis cokelat tersebut malah bermanfaat untuk mencegah diabetes, lho. Peningkatan kadar nitrit dioksida dalam tubuh sebagai manfaat dark chocolate juga bisa membantu meningkatkan respon sensitivitas insulin.

Sensitivitas insulin adalah hal yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga gula darah tetap stabil dan terhindar dari diabetes. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian terhadap 15 orang yang mengonsumsi cokelat hitam dan cokelat putih yang tidak memiliki kandungan phytochemical flavonoid. Hasilnya, cokelat hitam dapat mengurangi resistensi insulin, yakni faktor yang bisa membuat seseorang terkena diabetes.

4. Cokelat Tingkatkan Kemampuan Otak


Cokelat Tingkatkan Kemampuan Otak

Apa kalian sering lupa? Nah, cokelat mungkin bisa jadi jawabannya. Sebuah studi tahun 2014 menemukan, orang dewasa yang mengonsumsi suplemen kakao tinggi flavanoid selama tiga bulan tampil lebih baik dalam tes memori dibandingkan peserta yang mengonsumsi suplemen kakao rendah flavanoid.

Tak hanya itu, sebuah penelitian tahun 2012, menemukan bahwa dark chocolate dapat meningkatkan fungsi kognitif otak pada orang tua yang sebelumnya memiliki penurunan. Aliran darah ke otak juga jadi lancar.

5. Jantung Sehat dengan Konsumsi Cokelat


Jantung Sehat dengan Konsumsi Cokelat

Cokelat hitam juga memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini juga akan melindungi kalian dari resiko penyakit jantung dan stroke. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Heart, mengonsumsi dark chocolate dapat menurunkan resiko penyakit jantung hingga 11 % dan resiko stroke sebesar 23%.

Penelitian jangka panjang dalam Jama Internal Medicine yang melibatkan 470 pria lanjut usia menemukan, konsumsi minuman cokelat hitam secara rutin mampu mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 50%. Banyak banget manfaatnya, kan?

6. Mengurangi Nafsu Makan yang Berlebihan


Mengurangi Nafsu Makan yang Berlebihan

Buat yang tengah diet, cokelat hitam juga bisa jadi pilihan yang tepat. Menurut sebuah penelitian oleh para peneliti Universitas Kopenhagen, mengonsumsi cokelat hitam dapat membantu mengatur nafsu makan, lho. Hal ini berlaku bagi kalian yang menyukai makanan manis, asin atau berlemak.

7. Menurunkan Berat Badan


Menurunkan Berat Badan

Nah, selain menekan nafsu makan, sebuah penelitian telah membuktikan bahwa cokelat hitam bisa membuat seseorang merasa lebih kenyang. Hal ini sama seperti manfaat dari jambu biji, apel dan lainnya. Dengan manfaat tersebut, tentunya kalian dapat menurunkan berat badan, kan?

8. Cokelat dapat Mengobati Diare


Cokelat dapat Mengobati Diare

Saat diare, biasanya banyak orang akan memanfaatkan berbagai bahan alami. Padahal, cokelat juga dapat menyembuhkan diare, lho. Hal ini lantaran cokelat hitam memiliki kandungan yang dapat membuat mikroba baik dalam tubuh meningkat dan membunuh mikroba jahat yang ada. Mikroba baik pada cokelat mampu mencegah berkembangnya bakteri jahat pada usus yang bisa membuat diare.

9. Cokelat akan Membuat Perasaan Lebih Bahagia


Cokelat akan Membuat Perasaan Lebih Bahagia

Kalian pasti sudah mengetahui bahwa cokelat merupakan stimulan kebahagiaan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychopharmacology menyebutkan bahwa seorang yang minum minuman cokelat yang kaya plifenol sekali sehati melaporkan dirinya merasa lebih tenang dan lebih banyak konten daripada yang tidak.

Cokelat juga mengandung phenethylamine. Zat itu mampu menghasilkan hormon endorfin dalam tubuh. Hormon endorfin sendiri merupakan hormon yang membuat seseorang merasa lebih bahagia.

10. Bermanfaat untuk Sindrom Kelelahan Kronis


Bermanfaat untuk Sindrom Kelelahan Kronis

Cokelat juga bermanfaat untuk mengurangi rasa lelah. Hal tersebut lantaran kandungan cokelat bisa membuat peningkatan pada aksi neurotransmitter yang bisa membuat orang lebih rilex. Dalam takaran yang pas, kalian dapat menghilangkan stres bahkan anemia dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan kelelahan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru