Viral Video Kaki Hewan Diduga Tikus Dalam Bakso, Ketahui Cara Membedakan Daging Sapi Asli dan Palsu
Kuliner

Video yang viral tersebut tentu membuat warganet was-was. Nah, agar tidak terjadi pada kalian, ayo cari tahu cara mendapatkan bakso berkualitas dan daging sapi asli.

WowKeren - Bakso merupakan makanan terkenal se-nusantara. Makanan berbentuk bulan yang umumnya terbuat dari daging sapi ini menjadi favorit banyak orang, apalagi pada musim penghujan.

Saking populernya bakso, kreasinya sangat banyak, lho. Mulai dari yang memiliki isian, berbentuk barbel , bakso beranak, bakso mangkok dan masih banyak lagi. Simak di sini untuk tahu lebih lengkapnya.


Sayangnya, beberapa oknum tidak bertanggung jawab kerap mencurangi pembuatan bakso. Seperti yang baru-baru ini viral. Pemilik akun Twitter @mevebumaju mengunggah sebuah video dirinya tengah memegang sebuah bakso.

Dalam video tersebut terlihat kejanggalan pada bakso itu. Benda tersebut tampak seperti kaki binatang kecil dengan tiga ruas jari. Wanita tersebut lantas mempertanyakan apakah kaki tersebut berasal dari binatang tikus.

Video yang viral tersebut tentu membuat warganet was-was. Maka dari itu, pilih teliti bakso kemasan yang dijual di pasaran. Kalian dapat mengamati beberapa hal di bawah ini.

(wk/nris)

1. Memilih Bakso Berkualitas dari Warnanya


Memilih Bakso Berkualitas dari Warnanya

Bakso berkualitas paling mudah terlihat dari warnanya. Bakso yang memiliki warna abu-abu menandakan daging sapi di dalamnya cukup banyak. Sementara jika berwarna pucat artinya memakai tepung terigu yang lebih banyak atau dengan tambahan bahan lain.

Selain itu, warna abu-abu tersebut diperoleh lantaran bakso menggunakan daging segar tanpa pengawet. Jadi, jika menemukan bakso dengan warna yang pucat, kalian wajib berhati-hati, ya. Namun, jangan berasusmsi sebelum mendapatkan bukti yang sah.

2. Perhatikan Tingkat Kekenyalan Bakso


Perhatikan Tingkat Kekenyalan Bakso

Selain warna, kalian juga harus memperhatikan tingkat kekenyalan bakso. Jika bakso terbuat dari daging sapi yang kualitasnya bagus, maka akan terasa kenyal dan bertekstur garing. Sementara jika banyak tepungnya akan cenderung kenyal namun keras.

3. Daya Tahan Bakso


Daya Tahan Bakso

Bakso yang sehat dapat bertahan selama kurang lebih empat hari di suhu ruangan. Namun, jika disimpan dalam lemari es bisa bertahan hingga seminggu. Nah, jika dalam suhu beku, bakso bisa bertahan selama tiga hingga enam bulan, lho.

Buat kalian yang ragu untuk membeli bakso kemasan, membuatnya sendiri di rumah tentu akan lebih aman. Kalian dapat menentukan daging dan bumbu apa yang akan digunakan. Selain sehat tentu juga hemat.

Untuk membuat bakso sendiri di rumah, kalian juga harus berhati-hati dalam memilih daging sapi. Seperti diketahui, saat ini banyak penjual nakal yang menukar daging sapi dengan daging babi hutan atau lainnya. Umumnya, daging akan langsung digiling sehingga tidak terlihat jelas perbedaannya.

Nah, buat yang ingin tahu cara membedakan daging sapi asli dan palsu, ayo simak di bawah ini!

4. Warna Daging Sapi Asli Lebih Merah


Warna Daging Sapi Asli Lebih Merah

Daging sapi asli dapat diketahui dari warnanya. Daging sapi akan memiliki warna yang lebih merah. Sementara jika daging babi, warnanya pucat sehingga mirip dengan daging ayam. Tapi perbedaan ini tidak dapat dijadikan pegangan. Penjual biasanya melakukan kamuflase warna daging babi dengan dicampur bersama darah sapi.

5. Serat pada Daging Sapi Asli Lebih Padat


Serat pada Daging Sapi Asli Lebih Padat

Cara kedua untuk membedakan daging sapi adalah dengan melihat seratnya. Daging sapi memiliki serat yang padat. Garis-garisnya juga terlihat jelas.

Sementara untuk daging babi, seratnya terlihat samar dan sangat renggang. Kalian dapat melihat perbedaan ini dengan jelas jika merenggangkan kedua daging tersebut.

6. Lemak Daging Sapi Lebih Kaku


Lemak Daging Sapi Lebih Kaku

Selain serat, kalian juga dapat memperhatikan lemak pada daging. Pada daging sapi, lemaknya lebih kaku. Sedangkan daging babi memiliki kandungan lemak yang elastis, basah dan sulit untuk dilepaskan. Jika dilihat secara kasat mata, lemak pada daging babi dan daging ayam hampir tidak ada bedanya.

7. Tekstur Daging Sapi Padat


Tekstur Daging Sapi Padat

Jika rasakan secara tekstur, daging sapi lebih padat dan kaku. Untuk daging babi, teksturnya lembek dan elastik. Dagingnya jadi mudah untuk direnggangkan. Jadi, saat membeli daging, jangan ragu untuk memegangnya sehingga kalian tidak tertipu oleh daging sapi yang palsu.

8. Mengetahui Daging Sapi Asli dari Aromanya


Mengetahui Daging Sapi Asli dari Aromanya

Perbedaan yang cukup jelas adalah sari aromanya. Daging sapi memiliki aroma yang lebih anyir daripada daging babi. Kemampuan untuk membedakan aroma ini membutuhkan waktu yang berulang-ulang. Tapi, dengan bantuan faktor lainnya, daging sapi asli sangat mudah dikenali, kok.

Buat yang ingin tahu cara membedakan madu asli dan palsu dengan mudah, simak di sini. Selain itu, simak di sini untuk mengetahui cara memasak daging sehat dan jauh dari kolesterol.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel