10 Rekomendasi Merek Makeup Halal yang Bisa Jadi Pilihan Muslimah Indonesia, Harganya Murah Pula!
Lifestyle

Saat ini, ada banyak wanita yang mempertimbangkan faktor harga, kualitas serta label halal sebelum membeli kosmetik. Nah, berikut rekomendasi kosmetik halal dan murah yang bisa kalian perhatikan.

WowKeren - Penampilan menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi kaum wanita. Jika memiliki penampilan yang menarik, rasa percaya diri wanita biasanya semakin meningkat.

Karena itu, menjadi cantik seolah menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap wanita. Maka, tidak heran jika wanita biasanya melakukan berbagai cara agar bisa tampil cantik, salah satunya adalah dengan menggunakan kosmetik.


Produk kosmetik sendiri memiliki banyak varian. Mulai dari kosmetik untuk mata, pipi, hidung, bibir, alis dan sebagainya. Harga kosmetik juga bermacam-macam, ada yang mahal namun ada juga yang murah.

Saat ini, minat wanita terkait pemilihan produk semakin meningkat. Pertimbangan wanita dalam memilih produk biasanya berkisar antara harga, kualitas dan label halal.

Nah, jika kalian adalah salah satu yang memiliki pertimbangan ini, ada baiknya untuk menyimak 10 rekomendasi produk kosmetik berikut ini. Sebab selain berkualitas, produk-produk ini juga telah mendapat sertifikat dari MUI (alias halal) dan harganya juga cukup terjangkau.

(wk/eval)

1. Wardah, Pelopor Kosmetik Halal di Indonesia


Wardah, Pelopor Kosmetik Halal di Indonesia

Sejak awal kemunculannya pada pertengahan tahun 1990-an silam, Wardah seolah mempunyai nilai muslim tersendiri. Sebab produk ini selalu menggunakan ambassador artis wanita yang berhijab. Selain itu, Wardah juga telah mengantongi sertifikat halal dari MUI. Wardah bahkan disebut-sebut sebagai pelopor kosmetik halal di Indonesia.

Terkstur yang dimiliki produk ini juga sangat ringan dan lembut, sehingga tidak terkesan berat di wajah. Di antara produk Wardah yang sedang ramai diperbincangkan adalah seri Instaperfect Mattesetter Lip Matte Paint dan Wardah Everyday Cheek & Lip Tint. Dan untuk kisaran harganya dibandrol mulai dari Rp 16 ribu hingga Rp 100 ribuan. Selain itu, produk ini juga mudah ditemukan di pasaran.

2. Zoya yang Muslim dan Dompet Friendly Banget!


Zoya yang Muslim dan Dompet Friendly Banget!

Siapa yang tidak kenal merek satu ini? Awalnya, Zoya lebih dikenal sebagai salah satu merek yang fokus pada fashion hijab. Namun saat ini Zoya sudah merambah ke produk kosmetik yang juga menargetkan wanita muslimah. Dan Zoya sudah pasti aman, karena memiliki sertifikat halal dari MUI serta sertifikat resmi dari BPOM.

Untuk masalah harga, Zoya juga ramah di kantong. Pasalnya, Zoya berani membandrol harga mulai Rp 15 ribu hingga Rp 200 ribu. Selain itu, kamu juga tidak akan kesulitan untuk menemukan produk ini, karena sudah beredar luas di supermarket hingga pusat perbelanjaan.

3. Make Over, Produk Lokal Kualitas Internasional


Make Over, Produk Lokal Kualitas Internasional

Rekomendasi berikutnya yang wajib kamu perhatikan adalah Make Over. Produk satu ini memiliki penampilan yang keren dan mewah, dipenuhi dengan nuansa hitam dengan tulisan Make Over yang berwarna abu-abu dan putih. Sekilas, produk ini tampak seolah berasal dari luar negeri, namun kenyataannya Make Over adalah produk lokal.

Make Over juga bisa disebut sebagai "adik" Wardah, karena sama-sama diproduksi di PT. Paragon Technology dan Innovation (PTI). Dan sama seperti Wardah, produk ini juga telah mendapat sertifikat halal dari MUI.

Dengan uang mulai Rp 50 ribuan, kamu sudah bisa mendapat produk berkualitas internasional ini. Dan untuk produk Make Over yang sedang hype belakangan ini adalah seri Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion, Make Over Powerstay Weightless Liquid Foundation dan Make Over Powerstay Collection.

4. Emina yang Ramah Bagi Remaja


Emina yang Ramah Bagi Remaja

Rangkaian produk Emina juga merupakan "adik" dari Wardah dan Make Over, karena diproduksi di perusahaan yang sama. Berbeda dengan para pendahulunya, Emina lebih ditujukan pada remaja wanita yang baru mulai menggunakan kosmetik. Karena itu, produk ini memiliki tampilan yang colorfull dan girly, sehingga anak muda banget.

Emina juga telah mengantongi sertifikat halal dari MUI dan tentunya aman. Dan karena ditujukan bagi remaja, harga rangkaian produk ini juga sangat ramah di kantong. Sebab harganya berkisar mulai Rp 20 ribu hingga Rp 200 ribuan.

5. Purbasari yang Tetap Eksis Selama Puluhan Tahun


Purbasari yang Tetap Eksis Selama Puluhan Tahun

Purbasari tentu sudah tidak asing di telinga. Sebab produk lokal satu ini sudah ada sejak tahun 1993 silam dan masih eksis hingga kini. Pada awalnya, Purbasari hanya mengeluarkan sebuah produk lulur mandi, namun seiring dengan berjalannya waktu, mulai merambah ke dunia makeup.

Menjadi favorit banyak orang, rangkaian harga Purbasari juga tergolong cukup terjangkau. Sebab mulai dengan uang Rp 20 ribu, kamu sudah bisa mendapatkan produk ini. Tidak hanya itu, Purbasari juga sudah memiliki sertifikat halal dari MUI loh, ladies.

6. SilkyGirl, Kosmetik Halal dan Murah yang Berasal dari Luar Negeri


SilkyGirl, Kosmetik Halal dan Murah yang Berasal dari Luar Negeri

Produk kosmetik SilkyGirl berasal dari Singapura dan Malaysia. Awal pertama berada di Indonesia dan masih dalam proses sertifikat halal MUI, sekitar tahun 2017. Namun ternyata di negara-negara lain, SilkyGirl sudah lebih dulu memiliki sertifikat halal. Dan di Indonesia, sertifikat halal SilkyGirl baru didapatkan pada tahun 2018 lalu.

Meski diimpor dari luar negeri, harga yang ditawarkan SilkyGirl untuk rangkaian produknya tergolong cukup terjangkau. Sebab kamu sudah bisa mendapatkan produknya mulai dengan harga Rp 27 ribu saja, loh. Dan salah satu produk yang terkenal adalah SilkyGirl No-Sebum Mineral Powder.

7. Sariayu yang Indonesia Banget dan Ramah di Kantong


Sariayu yang Indonesia Banget dan Ramah di Kantong

Rekomendasi kosmetik halal dengan harga terjangkau berikutnya adalah Sariayu. Meski telah berdiri hampir lima dekade, produk kecantikan dari Sariayu baru mendapat sertifikat halal dari MUI pada tahun 2012 lalu. Meski demikian, Sariayu sendiri menerapkan Sistem Jaminan Halal dengan grade A yang dikeluarkan oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetik (LPPOM).

Produk-produk Sariayu sendiri biasanya tahan lama, makeup-nya awet dan memiliki trend warna setiap tahunnya. Karena itu, Sariayu memiliki keunikannya sendiri. Selain itu, Sariayu juga dikenal Indonesia banget. Untuk harganya sendiri, Sariayu bisa dibilang sangat ramah di kantong. Sebab mulai dengan uang Rp 9 ribu saja, kamu sudah bisa mendapatkan produk ini.

8. Viva, Kosmetik yang Disesuaikan untuk Kulit Wanita di Daerah Tropis


Viva, Kosmetik yang Disesuaikan untuk Kulit Wanita di Daerah Tropis

Kalian tentunya sudah mengenal produk satu ini, sebab Viva sudah hadir sejak tahun 1962. Produk kecantikan dari Viva ini diklaim sangat cocok untuk kulit wanita di daerah tropis, khususnya Indonesia. Viva juga telah mengantongi sertifikat halal dari MUI dan sertifikat Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB).

Viva sendiri menggunakan bahan-bahan alami, seperti bengkuang, mentimun, alpukat, mawar dan beberapa lainnya. Dan meskipun dikenal karena harganya yang sangat terjangkau, yakni mulai Rp 5 ribuan, kualitas rangkaian produk kosmetik Viva tak perlu diragukan lagi. Karena itu, produk ini masih tetap eksis selama puluhan tahun dan dicintai oleh banyak wanita Indonesia.

9. Mazaya, Si "Bayi" yang Sudah Go Internasional


Mazaya, Si

Mazaya menjadi rekomendasi kosmetik halal dan murah selanjutnya yang patut kamu pertimbangkan. Produk ini mungkin terdengar asing bagi sebagian kalian, karena baru muncul pada tahun 2014 lalu. Meski tergolong masih "bayi" di industri kosmetik Indonesia, Mazaya sudah berhasil mengantongi sertifikat halal dari MUI.

Tidak hanya itu, Mazaya bahkan telah diakui oleh kancah internasional, memiliki kantor perwakilan di Dubai, serta diekspor ke sejumlah negara di kawasan ASEAN. Nah, untuk harganya sendiri, produk Mazaya berkisar antara Rp 32 ribu - Rp 150 ribu.

10. Inez yang Digemari Artis-Artis Indonesia


Inez yang Digemari Artis-Artis Indonesia

Nah, Inez menjadi rekomendasi kosmetik halal dan murah terakhir yang sudah tim WowKeren rangkum untuk kamu. Inez sendiri sudah diproduksi oleh PT Kosmetikatama Super Indah sejak tahun 1998 lalu. Selain terkenal, produk ini juga dipercaya sebagai makeup sehari-hari para artis Indonesia.

Dan yang paling penting adalah fakta bahwa Inez sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI. Selain itu, kualitas dari produk-produk Inez sudah tak perlu diragukan lagi. Dan jika kamu ingin memiliki produk ini, kamu bisa mengeluarkan uang mulai Rp 19 ribu hingga Rp 200 ribuan.

Selain rekomendasi produk di atas, kamu bisa menggunakan makeup yang berlabel Animal Cruelty Free berikut ini. Kamu juga bisa menyimak artikel ini jika penasaran tentang kosmetik yang menggunakan hewan sebagai proyek uji coba.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait