Cari Referensi Untuk Penelitian? Akses 8 Situs Yang Sediakan Jurnal Ilmiah Gratis Ini
Tekno

Untuk melakukan penelitian, biasanya kita sangat membutuhkan referensi. Salah satunya bisa didapat dari jurnal ilmiah. Nah, jika kamu ingin mencari situs penyedia jurnal ilmiah gratis, simak informasinya berikut ini.

WowKeren - Mahasiswa biasanya disibukkan dengan sejumlah tugas kuliah dari dosen. Beberapa tugas biasanya sangat membutuhkan referensi dari berbagai jurnal ilmiah yang telah ditulis sebelumnya.

Namun beberapa mahasiswa biasanya mengalami kesulitan untuk mencari berbagai jurnal ilmiah. Bahkan ada beberapa situs yang mengharuskan untuk membayar jurnal-jurnal tersebut.


Namun, tidak perlu khawatir. Karena saat ini ada banyak situs menyediakan jurnal ilmiah yang bisa diakses secara gratis. Tentunya hal ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa.

Meski gratis, situs-situs ini memiliki koleksi yang cukup lengkap loh. Mau tahu apa saja situs itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Perpusnas Sediakan Jurnal Berbayar Secara Cuma-Cuma Bagi Umum, Manfaatkan!


Perpusnas Sediakan Jurnal Berbayar Secara Cuma-Cuma Bagi Umum, Manfaatkan!

Nah, situs pertama yang bisa kamu kunjungi untuk mendapatkan jurnal ilmiah adalah milik Perpustakaan Nasional Indonesia (Perpusnas). Kamu bisa mengaksesnya melalui "e-resources.perpusnas.go.id".

Perpusnas menyediakan banyak sekali referensi-referensi ilmiah berupa jurnal yang seharusnya berbayar. Namun, oleh pemerintah telah disewa, sehingga orang-orang bisa mengaksesnya secara gratis.

Untuk jurnal yang bisa diunduh di antaranya berasal dari penerbit Cambride University Press dan Ebrary. Dan untuk mengunduhnya, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah. Yakni kamu harus mendaftarkan diri menjadi anggota terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bebas mengaksesnya.

2. Google Scholar, Yang Menyediakan Ratusan Ribu Referensi Ilmiah Secara Gratis


Google Scholar, Yang Menyediakan Ratusan Ribu Referensi Ilmiah Secara Gratis

Google, mesin pencarian terbesar di dunia juga tak ingin kalah dalam menyediakan layanan yang bermanfaat. Sebab Google juga memiliki situs yang menyediakan jurnal ilmiah secara gratis yang dikenal dengan Google Scholar.

Google Scholar sendiri menyediakan ratusan ribu referensi ilmiah dan literatur pendidikan. Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai macam e-book yang bisa diunduh secara cuma-cuma.

Dan dengan adanya Google Scholar, penyusunan artikel ilmiah jauh lebih mudah. Cara pencariannya juga cukup mudah. Sebab kamu hanya harus masuk ke "scholar.google.co.id" lalu masukkan kata kunci yang relevan dan dapatkan jurnal yang sesuai.

3. Kunjungi Situs Jurnal Perempuan yang Menyediakan Berbagai Referensi Terkait Perempuan


Kunjungi Situs Jurnal Perempuan yang Menyediakan Berbagai Referensi Terkait Perempuan

Beberapa mahasiswa menjadikan perempuan sebagai objek penelitian. Sebab perempuan memiliki banyak peranan penting di masyarakat dari masa ke masa.

Nah, jika kamu sedang melakukan penelitian yang berkaitan dengan perempuan, ada baiknya untuk mengunjungi Jurnal Perempuan yang bisa kamu akses di "jurnalperempuan.org". Sebab situs ini merupakan situs feminis pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai macam jurnal yang berisi berbagai isu tentang perempuan.

Di Jurnal Perempuan, terdapat berbagai tema yang diangkat. Di antaranya adalah tentang perdagangan perempuan dan anak, kekerasan terhadap perempuan, permasalahan hukum, sosial, ekonomi, politik, lingkungan dan budaya.

4. Directory of Open Access Journals, Situs Penyedia Jurnal Ilmiah Yang Berkualitas


Directory of Open Access Journals, Situs Penyedia Jurnal Ilmiah Yang Berkualitas

Situs selanjutnya yang menyediakan jurnal ilmiah gratis adalah Directory of Open Access Journals. Untuk mengaksesnya, kamu hanya perlu mengunjungi "doaj.org".

Situs ini sendiri pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 silam. Hingga saat ini, Directory of Open Access Journals mengklaim telah memiliki belasan ribu jurnal ilmiah. Dan delapan ribu di antaranya dapat diakses melalui mesin pencarian yang telah disiapkan.

Untuk mencari jurnal di Directory of Open Access Journals, kamu hanya harus mengetik topiknya di kolom pencarian. Dan jangan khawatir soal kualitasnya. Sebab jurnal yang disediakan oleh Directory of Open Access Journals sudah memiliki sistem kontrol yang ketat, sehingga jurnal yang tersedia tetap berkualitas.

5. Dapatkan Jurnal Ilmiah Gratis di Academia, Media Sosialnya Para Akademisi


Dapatkan Jurnal Ilmiah Gratis di Academia, Media Sosialnya Para Akademisi

Kamu pasti sudah tidak asing dengan Academia. Sebab Academia dapat disebut sebagai media sosialnya para akademisi di dunia. Situs ini juga menyediakan beragam jurnal gratis yang dapat kamu dapatkan di "academia.edu".

Cara kerja Academia sendiri hampir mirip dengan Facebook. Hanya saja, dokumen yang mereka bagikan lebih fokus ke tema-tema yang berkaitan dengan pendidikan.

Karena itu, jika membutuhkan berbagai jurnal yang berkaitan dengan pendidikan, kamu bisa mendapatkannya di sini. Selain itu, Academia juga menyediakan jutaan makalah dan ratusan ribu jurnal yang telah dipublikasikan oleh para peneliti. Tapi untuk mengaksesnya, kamu harus daftar terlebih dulu ya melalui akun Google atau Facebook.

6. Dapatkan Jurnal Ilmiah Secara Cuma-Cuma Melalui Situs Online Yang Disediakan LIPI


Dapatkan Jurnal Ilmiah Secara Cuma-Cuma Melalui Situs Online Yang Disediakan LIPI

Salah satu lembaga pemerintahan non kementerian yang bergerak di bidang keilmiahan adalah LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Ingin bermanfaat untuk masyarakat luas, LIPI juga turut menyediakan berbagai macam jurnal yang dapat diakses di "jurnal.lipi.go.id".

Di situs online LIPI, berbagai jurnal dari beragam tema disediakan, seperti Kimia dan Fisika. Selain itu, jurnal-jurnal ini juga bisa diakses secara gratis loh.

Dan dengan sarana ini, penerbit jurnal bisa menerbitkan jurnalnya secara full online. Mereka juga tidak perlu menyediakan sarana apapun, sebab seluruh prosesnya bisa dilakukan secara online melalui situs ini.

7. Microsoft Academic, Tempat Download Jurnal Ilmiah Gratis Bagi Pegiat Skripsi dan Tesis


Microsoft Academic, Tempat Download Jurnal Ilmiah Gratis Bagi Pegiat Skripsi dan Tesis

Situs online selanjutnya yang juga menyediakan jurnal ilmiah gratis adalah Microsoft Academic yang bisa kamu akses di "academic.microsoft.com". Microsoft Academic sendiri adalah sarana yang tepat bagi orang-orang yang sedang aktif di berbagai bidang penelitian, seperti skripsi atau tesis.

Hal ini disebabkan karena Microsoft Academic menyediakan banyak referensi penelitian dalam format publikasi. Dan karena Microsoft Academic memiliki fitur filter, pencarian jurnal di situs ini akan jauh lebih mudah dan spesifik.

Keunggulan Microsoft Academic tidak berhenti di situ saja. Sebab Microsoft Academic juga memberikan layanan lebih bagi penggunanya melalui beragam informasi soal jadwal call for paper dari sejumlah konferensi atau seminar terkenal.

8. ResearchGate, Situs Jurnal Ilmiah Gratis Yang Jadi Tempat Berkumpulnya Peneliti Dunia


ResearchGate, Situs Jurnal Ilmiah Gratis Yang Jadi Tempat Berkumpulnya Peneliti Dunia

Dan situs penyedia jurnal ilmiah gratis terakhir yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian adalah ResearchGate. Untuk mengaksesnya kamu hanya harus pergi ke "researchgate.net".

ResearchGate sendiri disebut-sebut sebagai tempat berkumpulnya peneliti dunia. Pasalnya, di sini kamu bebas melontarkan pertanyaan publik atau berdiskusi untuk mendapatkan jawaban atas permasalahan terkait penelitian yang sedang kamu lakukan.

Sedangkan untuk jurnal ilmiahnya sendiri, kamu bisa mendapatkannya secara gratis dan ada beberapa jurnal yang harus mendapat izin akses dari pemiliknya. Meski demikian, ResearchGate adalah salah satu situs penyedia jurnal ilmiah yang sangat tepat untuk kamu manfaatkan.

Demikian delapan situs yang menyediakan jurnal ilmiah gratis yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Dan jika kalian ingin mengetahui berbagai aplikasi yang bermanfaat untuk mahasiswa, simak artikelnya di sini. Selain itu, bagi kamu yang ingin mencari aplikasi unik dan keren buatan anak negeri, kamu bisa memperhatikan artikel ini.

You can share this post!

Related Posts
Loading...