Beri Syarat Menteri Milenial Jokowi Harus Hafal Perundangan, Megawati: Memang Mau Mejeng Saja?
Nasional

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, mengaku bahwa di era Soekarno juga ada anggota kabinet muda. Namun, mereka memang pintar dan menguasai permasalahan.

WowKeren - Isu mengenai penyusunan kabinet pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin kini tengah ramai diperbincangkan. Salah satunya mengenai isu para menteri milenial alias menteri yang masih berusia muda.

Wacana menteri milenial tersebut lantas dikomentari oleh Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri. Putri Soekarno tersebut mengaku setuju dengan adanya menteri milenial, asal mereka dipastikan memang bisa bekerja.

Menurut Megawati, terdapat anggota kabinet yang masih muda pada era Soekarno. Namun, mereka memang pintar dan menguasai permasalahan.

"Ini yang saya lihat kelemahan kita dewasa ini," tutur Megawati dalam keterangan tertulisnya pada Rabu (10/7). "Orang disodor-sodorkan, tapi tidak mengerti secara praktis tata pemerintahan."


Selain itu, Megawati juga menuturkan bahwa syarat minimal seorang calon menteri adalah mengetahui soal seluk beluk DPR RI. Pasalnya, DPR RI merupakan tempat untuk membuat UU, bertemu dan mengawasi rekan kerja, serta memutuskan RUU bersama pemerintah.

"Kalau tidak tahu proses bikin perundangan, bagaimana? Dan saya suka bilang, (jadi menteri) memang mau mejeng saja? Hehe," ujar Megawati. "Saya tidak akan menyebut nama. Kita lihat, mereka-mereka yang tidak punya latar belakang di dalam proses menjalankan tata pemerintahan di republik ini, dia fail (gagal)."

Oleh sebab itu, Megawati mengimbau kepada semua anak muda yang berniat menjadi menteri seperti wacana yang beredar, untuk menyiapkan diri mereka dengan sungguh-sungguh. "Jangan sampai dia bingung mau bikin apa, kalau perundang-undangan saja enggak hafal," pungkas Megawati.

Sebelumnya, Ma'ruf mengaku bahwa Jokowi tengah menyiapkan menteri dari kalangan muda untuk kabinet periode keduanya. Bahkan, Ma'ruf menyebut ada yang masih berusia di bawah 30 tahun.

"Saya kira karena Pak Jokowi sudah membuat pernyataan bahwa nanti akan ada menteri yang muda," tutur Ma'ruf di Hotel Grand Cempaka pada Rabu (3/7). "Bahkan beliau nyebut umur 25-30 (tahun) ya. Itu artinya berarti akan ada menteri yang (muda)."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru