Klaim Sejak Awal Sudah 'Deal', Golkar PD Dapat Posisi Ketua MPR
Nasional

Golkar mengaku sudah ada kesepakatan antar partai pengusung Jokowi-Ma'ruf soal 'pemilik' kursi Ketua MPR RI 2019-2024. Golkar pun optimis kesepakatan itu akan terwujud.

WowKeren - Diketahui kursi Ketua MPR RI periode 2019-2024 menjadi rebutan sejumlah partai. Tercatat sudah ada empat partai yang ikut memperebutkan kursi RI 5, yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Gerindra, Demokrat, dan PDI Perjuangan.

Melihat situasi kian memanas, Golkar sepertinya enggan tinggal diam. Partai berlambang beringin ini mendadak "muncul" dan mengaku sudah "mengklaim" kursi tersebut.

Hal ini lantas kembali ditegaskan oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Golkar, Meutya Hafid. Meutya menyebut partai-partai di Koalisi Indonesia Kerja (KIK) sudah sejak awal menyepakati kursi Ketua MPR untuk Golkar.

Meutya sendiri mengaku optimis perjanjian itu akan terwujud. "Betul (partai-partai KIK sepakat memberikan kursi Ketua MPR ke Golkar). Insya Allah, bismillah, Ketua MPR untuk Golkar," tegasnya, Kamis (1/8).

Menurutnya, partai-partai di KIK saling menghormati. Selain itu, Meutya menilai kader Golkar pantas menjadi penerus Zulkifli Hasan. Pasalnya Golkar berhasil menjadi peringkat kedua dalam raihan kursi di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.


"Kan pembicaraan meski informal telah berjalan. Prinsipnya di koalisi juga saling menghormati," jelasnya, dilansir dari Detik News, Jumat (2/8). "Ada semangat yang sama bahwa kursi Ketua MPR untuk koalisi. Insya Allah peringkat kedua kan Golkar."

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal Golkar Dave Akbarshah Fikarno alias Dave Laskono juga menyatakan hal serupa. Menurutnya koalisi pengusung Joko Widodo-KH. Ma'ruf Amin telah sepakat untuk menyerahkan kursi Ketua MPR kepada partai yang diketuai Airlangga Hartarto itu.

"Dari awal kan deal-nya gitu. Ya sepatutnya Golkar-lah," kata Dave, Kamis (1/8). "Dari sejak sebelum Pemilu sudah ada gentlemen's agreement dengan seluruh koalisi. Agar menjaga kerukunan antar partai koalisi."

Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily juga membenarkan berita tersebut. Terang-terangan ia mengakui bahwa Golkar mengincar posisi Ketua MPR untuk lima tahun ke depan. Keinginan ini, tutur Ace, juga sudah disampaikan kepada Jokowi sejak dua bulan lalu.

"Kami sudah menyampaikan keinginan Partai Golkar kepada Presiden Jokowi tentang kursi Ketua MPR yang akan ditempati kader Partai Golkar," kata Ace. "(Sudah disampaikan) sejak dua bulan yang lalu."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait