Bangga Sambut PON XX, Nowela Idol cs Rilis Single 'Papua Bangkit'
Wowkeren/Fernando
Musik

Pembukaan acara penyelenggaraan PON XX akan digelar pada 20 Oktober 2020 sekitar pukul 20.00 WIT. Nowela cs merilis single berjudul 'Papua Bangkit' sebagai bentuk kebahagiaan menyambut PON XX.

WowKeren - Nama Nowela sempat mencuri perhatian saat bertarung dalam ajang pencarian bakat "Indonesian Idol" season 8 tahun 2014 lalu. Tidak hanya memiliki paras cantik, gadis kelahiran Wamena, Irian Jaya, ini juga bersuara emas. Terbukti saat ia menjuarai "Indonesian Idol".

Nowela baru-baru ini mengaku bangga lantaran bergabung dengan musisi dan penyanyi asal Papua lainnya dalam Komunitas Musisi dan Penyanyi Papua (Kompi Papua). Bersama Edo Kondologit, Nowela cs merilis single berjudul "Papua Bangkit" sebagai bentuk kebahagiaan menyambut perhelatan nasional PON XX tahun 2020 yang digelar di Provinsi Papua nanti.


"Lagu 'Papua Bangkit' kan diadakan untuk awal, karena kan lagu theme song PON 2020 belum ada," ujar Nowela saat ditemui WowKeren di Yan Kedai Kopitiam Sabang, Jakarta Pusat, Selasa (6/8). "Tapi sebagai musisi-musisi Papua, kami tuh seperti ada kerinduan untuk memberi tahu akan karya."

Senada dengan Nowela, Edo berharap agar gaung PON XX bisa semakin semarak. Menjadi tuan rumah, Papua harus merasa bangga.

"Setahun lagi tapi gaungnya kurang greget. Tahun 2020 akan jadi tuan rumah PON XX. Ini event besar dan enggak tahu lagi kapan akan menjadi tuan rumah," tambah Edo. "Makanya kami keluarin single ini 'Papua Bangkit'. Kami ini masyarakat Papua. Di sana ada panitia besarnya. Lakukan sosialisasi dan lain-lain."

Papua selama ini dianggap sebagai salah satu daerah di Indonesia yang kurang tersentuh dalam hal pembangunan. Andro Kalakmabin selaku projects manager sekaligus pencipta lagu pun berharap agar Papua bisa benar-benar bangkit dari segala aspek.

Sementara itu, Gubernur Papua, Lukas Enembe, telah meluncurkan maskot dan logo PON XX/2020 Papua. Dipilih dua hewan endemik khas Papua, yakni Kanguru dan burung Cenderawasih.

"Dua hewan yang digunakan sebagai maskot adalah Kanguru pohon mantel emas dan burung cenderawasih," terang Lukas belum lama ini. "Kangpho menjadi nama maskot Kanguru pohon yang selama ini populer sebagai satwa khas Australia, namun ternyata juga ada di Papua."

Kangpho digambarkan menggunakan rumbe-rumbe pada bagian kepala dan pinggang. Rumbe-rumbe ini merupakan busana kebesaran untuk kaum pria dan wanita asli Papua. Ada pula ukiran di bagian ikat pinggang yang merupakan desain khas Papua.

Di bagian depan mahkota terdapat gambaran gunung bersalju yang merupakan gambaran puncak Gunung Jaya Wijaya. Sedangkan maskot lain yang menggunakan burung cenderawasih diberi nama Drawa.

Seperti Kangpho, Drawa juga menggunakan mahkota dan rumbe-rumbe. Di bagian dada, tersemat medali dengan tali merah putih yang menandakan kebersamaan memperebutkan medali dalam bingkai NKRI. Jumlah sayap, ekor dan jari pada kedua kaki Drawa melambangkan penyelenggaraan PON XX yang rencananya dibuka pada pukul 20.00 WIT, 20 Oktober 2020.

You can share this post!

Related Posts
Loading...