Bertemu Jokowi, Anies Baswedan Bahas Bus Listrik Transjakarta dan Formula E 2020
Nasional

Selain dinyatakan siap mengaspal dalam waktu dekat, Anies Baswedan juga mengaku akan menambah jumlah armada bus listrik Transjakarta. Saat ini bus-bus listrik itu tengah dalam proses uji coba.

WowKeren - Hari ini (13/8), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dijadwalkan menggelar pertemuan dengan Presiden Joko Widodo. Bertempat di Istana Kepresidenan, Anies terlihat tiba di lokasi pada siang hari.

Usai pertemuan tersebut, Anies pun bersedia membagikan hasil diskusinya dengan sang presiden. Pertama, ia mengaku membahas soal rencana penggunaan bus bertenaga listrik untuk angkutan umum di Ibu Kota.


"Kami obrolin mobil listrik," kata Anies, dilansir oleh CNN Indonesia. "Dan rencana DKI bahwa semua kendaraan angkutan umum baru di Jakarta, bus-bus itu, akan berbentuk bertenaga listrik."

Lebih lanjut, Anies pun memaparkan pada Jokowi apa saja kelebihan penggunaan bus bertenaga listrik. Salah satunya adalah soal desibel suara mesin yang kecil sehingga masyarakat dapat merasa lebih nyaman di jalanan.

"Hampir semua yang merasakan bus listrik (pasti) rasanya seperti naik kendaraan yang tak ada bunyinya," terangnya. "Kayak naik golfcar."

Selain itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengaku juga membicarakan soal Formula E 2020 yang konon akan digelar di Ibu Kota. Sebagai pengingat, Anies pernah memamerkan pada publik bahwa Jakarta dilirik menjadi tuan rumah dalam ajang balap mobil listrik sekelas Formula 1 itu.

Menurut Anies, Jokowi sangat mendukung acara tersebut. Kendati demikian, Anies mengaku belum bisa memberikan bocoran apa-apa karena semua masih dalam proses diskusi.

"Belum bisa diumumkan (rutenya), karena memang harus dibicarakan final dengan tim di Formula E," ujar Anies, dikutip dari Detik News. "Tapi tadi saya melaporkan itu dan Presiden berikan dukungan, pemerintah pusat akan memfasilitasi. Karena nanti akan ada kendaraan-kendaraan formula yang masuk ke sini harus ada soal cukainya, soal imigrasinya, dan lain-lain, itu tadi."

Menurutnya, gelaran Formula E di Jakarta dapat berdampak positif terhadap perekonomian Ibu Kota. Anies pun menyampaikan kajian dari pihak panitia Formula E ke hadapan Jokowi dalam pertemuan tadi.

"Karena dari kegiatan ini kita akan bisa menggerakkan perekonomian Jakarta dengan efek yang cukup besar," pungkasnya. "Tadi saya tunjukkan hasil-hasil studi dari tim Formula E, yang mereka sudah melakukan studi tentang pasar, termasuk efek pasar dan sekaligus hasil studi mereka tentang rute yang akan digunakan."

You can share this post!

Related Posts
Loading...