Enggak Hanya Bikin Bahagia, Memelihara Hewan Juga Punya 7 Manfaat Ini Bagi Kesehatan
Health

Memelihara hewan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik loh. Penasaran apa saja manfaat memelihara hewan bagi kesehatan? Berikut tim WowKeren rangkum 7 manfaat memelihara hewan untuk kesehatan.

WowKeren - Sebagai sesama makhluk hidup, kita memang diwajibkan untuk saling menjaga satu sama lain. Tak hanya dengan sesama manusia, namun juga dengan makhluk hidup lain seperti hewan atau tumbuhan. Saat ini memelihara hewan memang sudah menjadi hobi, bahkan bagi beberapa orang memelihara hewan sudah menjadi "panggilan alam".

Saking sayangnya pada hewan peliharaan, banyak orang yang menganggap peliharaan mereka sebagai anggota keluarga sendiri. Memelihara hewan memang tidak gampang dan membutuhkan tanggung jawab besar, mengingat nyawa dan kesehatan hewan tersebut ada di tangan kita. Maka dari itu banyak orang yang enggan untuk memelihara hewan.

Namun rupanya, memelihara hewan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik loh. Penasaran apa saja manfaat memelihara hewan bagi kesehatan? Berikut tim WowKeren rangkum 7 manfaat memelihara hewan untuk kesehatan. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Memelihara Hewan Bisa Meningkatkan Ketenangan Diri Kalian


Memelihara Hewan Bisa Meningkatkan Ketenangan Diri Kalian

Bukan rahasia lagi jika memelihara hewan bisa membuat mental kita menjadi tenang. Bagi mereka, memelihara hewan peliharaan adalah sumber kebahagiaan yang bisa didapatkan dengan cara mudah. Tingkah lucu hewan yang dipelihara dianggap bisa membuat orang yang memeliharanya merasa senang setiap saat.

Hal ini membuat kalian menjadi tenang dalam menghadapi hari. Kalian akan terhindar dari rasa tegang yang didapat sepanjang hari karena ada sosok yang siap menghibur kalian setiap saat. Selain itu, hewan peliharaan juga cenderung lebih peka dengan suasana hati pemiliknya, sehingga mereka akan menghibur jika kalian sedang sedih.

2. Memelihara Hewan Juga Bisa Meningkatkan Kesehatan Jantung


Memelihara Hewan Juga Bisa Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selain menyehatkan batin, memelihara hewan juga bisa meningkatkan kesehatan jantung kalian loh. Hal ini juga dibenarkan oleh sebuah penelitian yang menyatakan bahwa memelihara hewan bisa menurunkan tingkat kolesterol, trigliserida, dan tekanan darah.

Periset Judith Siegel, PhD juga menambahkan bahwa ikatan batin yang kuat antara majikan dan peliharaan kesayangannya dapat menurunkan tensi darah tinggi akibat stres. Oleh karena itu, risiko terkena penyakit berbahaya akan semakin menurun. Namun, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan hewan peliharaan kalian ya.

3. Tak Disangka, Memelihara Hewan Juga Bisa Bantu Mengobati Kanker


Tak Disangka, Memelihara Hewan Juga Bisa Bantu Mengobati Kanker

Peneliti menemukan bahwa terapi dampingan hewan peliharaan ternyata juga berpotensi membantu mempercepat penyembuhan kanker. Dokter berpendapat bahwa bermain dengan binatang bantu mengurangi kelelahan dan rasa sakit yang sering dikeluhkan pasien kanker. Cara kerjanya sama seperti melepaskan stres.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, berinteraksi langsung dengan hewan peliharaan bisa membantu membuat pikiran lebih tenang. Jadinya, kadar hormon kortisol yang menyebab stres perlahan akan menurun dan tergantikan dengan hormon endorfin. Nah, hormon endorfin inilah yang membuat kalian merasa tenang dan nyaman, sekaligus juga meredakan nyeri secara alami.

4. Merawat Binatang Bisa Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Merawat Binatang Bisa Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seseorang yang merawat dan memiliki hewan peliharaan akan memiliki sistem imun yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak. Hal ini karena hewan peliharaan ternyata bisa memacu tubuh untuk membentuk lebih banyak sel kekebalan tubuh sehingga lebih terlindungi dari beberapa penyakit.

Faktanya, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa bayi yang hidup dengan anjing cenderung mengalami lebih sedikit infeksi dan biasanya lebih sehat daripada mereka yang tidak memelihara hewan. Jadi jangan takut memperkenalkan hewan peliharaan kalian kepada buah hati ya, asal hewan peliharaan kalian sehat dan telah divaksin sebelumnya. Intip yuk penyakit apa saja yang bisa menular dari kucing ke manusia di sini.

5. Mengatasi Sakit Tulang dan Otot Bisa Dilakukan Dengan Memelihara Hewan


Mengatasi Sakit Tulang dan Otot Bisa Dilakukan Dengan Memelihara Hewan

Kucing diketahui sering mengeluarkan suara seperti mendengkur ketika merasa nyaman. Perlu diketahui bahwa penelitian menemukan bahwa suara itu merupakan suara paling menghibur dan juga telah lama dikaitkan dengan kemampuan penyembuhan terapeutik pada tulang dan otot.

Seekor kucing mendengkur menciptakan getaran pada frekuensi 20-140 HZ, dan penelitian telah menunjukkan bahwa frekuensi di kisaran 18-35 HZ memiliki efek positif pada mobilitas sendi setelah cedera. Selain itu, memelihara hewan yang aktif seperti anjing akan membuat kita otomatis bergerak untuk bermain bersama. Hal ini juga bisa meningkatkan kesehatan sendi dan otot kalian.

6. Memelihara Hewan Justru Bisa Mencegah Alergi Loh


Memelihara Hewan Justru Bisa Mencegah Alergi Loh

Meskipun bukan jaminan bahwa memiliki hewan peliharaan akan menghentikan anak-anak mengembangkan alergi tertentu, bukti menunjukkan bahwa bulu hewan peliharaan justru bisa membantu. Seperti yang dibahas sebelumnya, bulu hewan bisa membentuk lebih banyak sel kekebalan tubuh sehingga lebih terlindungi dari alergi dan asma khususnya.

Namun, perlu diketahui bahwa anak tetap tidak boleh memiliki kucing atau anjing jika alergi terhadap hewan tersebut karena tidak akan tiba-tiba menjadi kebal namun akan berkurang secara bertahap. Memelihara hewan sejak masih baru melahirkan bayi dan sampai ia balita, maka ia akan terhindar dari alergi. Kalaupun ia terkena alergi ketika memelihara hewan maka alerginya dapat berkurang dengan baik.

7. Mengusir stres Bisa Dengan Mudah Dilakukan Dengan Hewan Peliharaan Kalian


Mengusir stres Bisa Dengan Mudah Dilakukan Dengan Hewan Peliharaan Kalian

Stres tentunya bisa melemahkan sistem imun sehingga membuat kalian gampang sakit. Stres juga dapat meningkatkan tekanan darah dalam jangka panjang apabila dibiarkan terus. Merawat hewan peliharaan sama saja seperti aktivitas menyenangkan untuk mengusir stres. Bermain bersama binatang peliharaan dapat secara langsung menurunkan kortisol dan meningkatkan kadar hormon serotonin, oksitosin, dan dopamin dalam tubuh.

Serotonin, oksitosin, dan dopamin adalah dua hormon yang bertanggung jawab menciptakan rasa senang, bahagia, dan ketenangan (rileksasi) ketika kalian mengalami stres atau merasa cemas. Lebih baik lagi, kadar hormon-hormon ini akan berangsur bertambah semakin lama kalian bermain bersama peliharaan tercinta. Intip juga yuk tips atasi stres di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait