Kontroversi DN Aidit Perokok
Nasional

Pasca-Orde Baru tumbang, kebenaran akan isi cerita film G30S/PKI menuai perdebatan. Beberapa adegan dinilai tidak akurat dan cenderung menuai kritik serta kontroversi.

WowKeren - Dalam suatu adegan pada film tersebut, digambarkan sosok pemimpin CC PKI (Comite Central Partai Komunis Indonesia), sebagai seorang perokok.Padahal kenyataannya Aidit bukan bukan seorang pecandu tembakau.

Alih-alih menggilai rokok, Aidit justru diketahui sering menghimbau kawan-kawannya untuk meminimalisir rokok demi kesehatan finansial partainya. Dalam isi "Resolusi Dewan Harian Politbiro CC PKI" tertanggal 5 Januari 1959, Aidit menyerukan teman-temannya untuk menghentikan kebiasaan merokok atau setidaknya mengurangi ketergantungan pada rokok.

Aidit mengatakan akan lebih bermanfaat jika uang untuk membeli rokok, dialihkan untuk dana Kongres ke-6 PKI. Murad Aidit, adik DN Aidit, mengatakan bahwa dalam keluarga mereka tak ada yang merupakan pecandu rokok.

"Begitu pula ayah kami pun tak pernah atau jarang sekali merokok. Dalam film itu diperlihatkan seolah-olah DN Aidit merupakan pecandu rokok yang hebat. Aku dan teman-temanku selalu tersenyum kalau melihat adegan ini, karena DN Aidit merupakan orang yang tak pernah merokok," ungkap Murad dalam Aidit Sang Legenda

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait