Gerindra Sebut Prabowo Sudah Siapkan Nama Calon Menteri Untuk Kabinet Jokowi
Nasional
Peluang Prabowo Jadi Menhan

Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menuturkan bahwa Prabowo selaku ketua umum telah menyiapkan nama calon untuk ditempatkan di kursi menteri, jika konsepnya diterima.

WowKeren - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut bahwa Prabowo Subianto selaku ketua umum telah menyiapkan nama-nama khusus untuk ditempatkan di kursi menteri kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Meski demikian, Sufmi mengaku belum mengetahui persis siapa nama-nama tersebut.

"Mungkin sudah (nama-nama calon menteri), tapi saya enggak tahu persis orang-orangnya," kata Sufmi. "Tapi kalau konsepnya diterima, mungkin sudah."


Adapun konsep yang ditawarkan Gerindra yakni terkait swasembada pangan, energi, dan air. Yang mana, hal ini mengarah pada posisi Kementerian Pertanian. "Ya kalau diterima, ya mungkin pos itu (Kementerian Pertanian) yang diberikan," lanjut Sufmi.

Meski demikian, Sufmi paham betul jika komposisi kabinet merupakan hak prerogatif presiden. Dikatakannya, Gerindra tidak akan meminta jatah kursi menteri.

"Kan ini hak prerogatif presiden," tutur Sufmi. "Kami juga kan enggak bisa kemudian minta-minta ‘Pak, harus Gerindra, itu harus Gerindra’ kan enggak bisa. Itu kalau kami konsepnya diterima."

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Gerinda Ahmad Muzani menyebutkan bahwa sudah ada pembicaraan antara utusan Partai Gerindra dengan Jokowi terkait tawaran posisi menteri. Meski demikian, Prabowo selaku ketua umum belum memutuskan apakah partainya kan bergabung di koalisi pemerintah atau tetap menjadi oposisi.

"Pembicaraan itu memang ada dan kami tidak bisa mungkiri bahwa ada pembicaraan," kata Muzani di Jakarta, Senin (7/10). "Ada pemikiran di sekitar Istana untuk itu."

Lebih lanjut, Muzani menyatakan bahwa Gerindra telah mengajukan konsep terkait swasembada pangan, energi, dan air. Adapun konsep yang ditawarkan itu merupakan janji kampanye Prabowo pada momen Pilpres April 2019 lalu.

Sebelumnya, sempat beredar isu yang menyebut bahwa Gerindra meminta jatah kursi di kementerian. Isu ini tentu saja ditepis oleh Gerindra. Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria menegaskan bahwa partainya cukup tahu diri untuk tidak meminta jatah kursi di kementerian.

"Tidak ada sama sekali, nggak ada bicara menteri, nggak ada bicara kabinet, nggak ada," kata Riza dilansir dari Detik, Selasa (8/10). "Kami kan tahu dirilah, kami ini kan kontestan Pilpres belum diberi kesempatan. Jadi kami tahu dirilah."

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts