Jokowi Resmikan Palapa Ring, Minta Tak Dipakai Sebar Hoaks
Nasional

Presiden Joko Widodo telah meresmikan Palapa Ring hari ini, Senin (14/10) di Istana Negara. Ia berharap dengan begitu bisa menghadirkan keadilan yang merata ke seluruh rakyat.

WowKeren - Presiden Joko Widodo alias Jokowi telah meresmikan pengoperasian jaringan Palapa Ring. Peresmian digelar di Istana Negara pada Senin (14/10).

Dengan meningkatnya kecepatan internet yang mulai merata di seluruh Indonesia, Jokowi berharap agar hal itu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Ia melarang penggunaan internet cepat untuk menyebarkan kabar hoaks atau berita-berita yang tak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Ujaran kebencian, enggak, enggak boleh dipakai untuk ini," kata Jokowi. "Ini bukan untuk hal itu, fitnah enggak, untuk hoaks enggak, untuk fake news enggak. Ini yang harus dicegah."

Mantan Wali Kota Surakarta itu mengingatkan agar masyarakat tidak saling membenci satu sama lain. Salah satunya dengan berhenti saling mencaci maki di media sosial. "Termasuk mencegah kejahatan siber dan kejahatan lainnya agar tidak semakin berkembang di negara kita," ujarnya.


Dengan adanya koneksi internet yang cepat itu, ia berharap hal ini bisa menghadirkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebab, setiap warga negara memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan akses internet yang cepat.

Selama ini, akses internet cepat sudah bisa dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di wilayah Indonesia bagian barat dan tengah. Namun belum untuk warga yang tinggal di belahan Indonesia bagian timur. Oleh sebab itu, masyarakat di bagian Indonesia timur juga memerlukan akses internet cepat guna meningkatkan kesejahteraan mereka.

"Kita juga mengharapkan terjadi di Palapa Ring Timur," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta itu. "Agar bisa meningkatkan kesejahteraan di Papua, Maluku, dan NTT."

Pemerintah telah berupaya menyediakan jaringan tulang punggung berupa serat fiber optik guna mendukung internet berkecepatan tinggi. "Untuk mempercepat terwujudnya birokrasi yang efisien, birokrasi yang melayani yang meningkatkan akuntabilitas publik, serta akurasi dalam kebijakan-kebijakannya," kata Jokowi.

Sementara itu Menkominfo Rudiantara menuturkan bahwa Palapa Ring ini diibaratkan seperti jalan tol untuk internet berkecepatan tinggi. "Palapa ring seperti jalan tol, internet kecepatan tinggi. Nanti dibangun dari pintu tol oleh oleh teman-teman operator," jelas Rudiantara dilansir dari CNN Indonesia.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait