Bisa Sebabkan Kanker Kulit, Ikuti 7 Tips Mengatasi Sunburn Berikut Agar Sembuh Dengan Cara Tepat!
Lifestyle

Sinar matahari yang mengandung sinar UV mampu membuat kulit iritasi yang disebut sunburn jika terlalu sering terpapar. Biasanya tanda sunburn yang umum adalah kulit yang memerah, melepuh, dan terasa perih saat disentuh.

WowKeren - Indonesia merupakan negara tropis yang kaya akan sinar matahari. Hal ini menyebabkan penggunaan tabir surya atau sunblock adalah hal yang sangat penting. Pasalnya sinar matahari yang mengandung sinar UV mampu membuat kulit iritasi jika terlalu sering terpapar. Iritasi dan kulit melepuh akibat sinar matahari ini sering disebut dengan sunburn.

Tidak hanya sinar matahari yang berperan dalam terjadinya sunburn, namun juga dapat disebabkan oleh paparan dari sumber sinar UV lain seperti tanning-bed atau tanning-salon yang sangat populer saat ini.


Sunburn juga dapat terjadi pada pasien dengan usia berapapun. Orang juga dapat mengalami sunburn pada hari yang berawan, karena sinar UV dapat menembus awan. Tanda-tanda sunburn pada tiap orang juga bisa berbeda-beda, tergantung pada warna atau phototype kulit dan lamanya paparan sinar matahari pada kulit. Biasanya tanda sunburn yang umum adalah kulit yang memerah, melepuh, dan terasa perih saat disentuh.

Jika kalian mengalaminya, berikut tim WowKeren rangkum 7 cara untuk mengatasi sunburn. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Langkah Pertama Saat Alami Sunburn Adalah Kompres Dengan Handuk Dingin


Langkah Pertama Saat Alami Sunburn Adalah Kompres Dengan Handuk Dingin

Saat mengalami sunburn, kulit biasanya terasa panas dan perih. Untuk itu, kalian harus mendinginkan dulu kulit kalian yang mengalami sunburn. Langkah mudah mendinginkannya adalah dengan mengompres kulit menggunakan handuk yang telah direndam air dingin.

Dikutip dari halaman Self, menurut penjelasan asisten profesor klinis dermatologi di Fakultas Kedokteran dari Rumah Sakit Mount Sinai, Gary Goldenberg, M.D., mengompres kulit dengan handuk dingin dapat membantu meringankan rasa perih akibat terbakar sinar matahari. Jika ingin hasil lebih maksimal, Anda juga bisa mencoba berendam dengan air dingin untuk menenangkan kulit.

2. Gunakan Pelembab Terutama Yang Berbahan Aloe Vera Untuk Kulit


Gunakan Pelembab Terutama Yang Berbahan Aloe Vera Untuk Kulit

Saat kulit terkenal sunburn, kalian dianjurkan untuk memakai pelembab agar kulit terhidrasi dan meredakan iritasinya. Bahan pelembab yang dianjurkan adalah aloe vera. Joshua Zeichner seorang direktur dan ahli kecantikan dari Mount Sinai Hospital menjelaskan jika kulit yang terbakar akibat sinar UV bisa menyebabkan peradangan yang sama seperti ketika kulit mengalami luka bakar akibat panas kompor atau oven.

Karena itu ketika kulit terbakar maka Anda perlu menenangkan kulit terlebih dahulu dengan menggunakan losion yang memiliki efek menenangkan untuk membantu memperbaiki jaringan pelindung kulit. Joshua Zeichner merekomendasikan produk pelembab yang memiliki kandungan aloe vera untuk membantu menenangkan kulit yang mengalami sunburn.

3. Oleskan Salep Anti Peradangan Agar Kulit Tidak Terlalu Lama Terasa Perih


Oleskan Salep Anti Peradangan Agar Kulit Tidak Terlalu Lama Terasa Perih

Jika ada beberapa daerah yang terasa perih, kalian dapat membeli krim atau salep anti radang yang diproduksi khusus untuk luka bakar. Salah satu salep anti inflamasi yang dapat dibeli tanpa resep dokter adalah hidrokortison.

Memakai obat anti-peradangan seperti ibuprofen, naproxen, atau aspirin dapat mengurangi rasa sakit dan inflamasi, seperti yang dikatakan oleh Dr. Brackeen, di Skin Cancer Institute Texas. Selain itu, hindari produk yang mengandung bahan berakhiran -caine, seperti benzocaine, dll, karena bahan tersebut dapat menyebabkan reaksi alergi dan iritasi kulit.

4. Ingat Untuk Jangan Sering Sentuh Kulit Yang Melepuh


Ingat Untuk Jangan Sering Sentuh Kulit Yang Melepuh

Untuk mengatasi kulit terbakar dan membuatnya lekas sembuh, usahakan untuk tidak memencet atau menggaruk saat lepuhan mulai muncul. Kulit yang melepuh menandakan kalian mengalami luka bakar tingkat kedua. Menggaruk atau bahkan memencetnya akan membuat luka sunburn semakin parah.

Oleh sebab itu, kendalikan keinginan untuk menggaruknya agar kulit terhindar dari infeksi. Meski tampak seperti kondisi yang sementara dan tidak berlangsung lama, sunburn bisa menyebabkan kerusakan kulit permanen loh. Kerusakan ini bisa meningkatkan risiko kalian terkena kanker kulit. Jadi jangan sepelekan kondisi ini dan atasilah dengan cara yang tepat.

5. Banyak Minum Air Putih Agar Kulit Terus Terhidrasi


Banyak Minum Air Putih Agar Kulit Terus Terhidrasi

Luka bakar biasanya menarik cairan ke permukaan kulit untuk menjauh dari bagian tubuh lainnya. Akibatnya, kalian akan mudah mengalami dehidrasi. Dengan mencukupi kebutuhan cairan, tubuh akan tetap terhidrasi dengan baik dan menghindarkan kulit dari kekeringan malah bisa memperparah gejala sunburn yang dialami.

Pasalnya, kulit yang kering biasanya akan terasa sangat gatal. Padahal menggaruk kulit yang sedang mengalami luka bakar hanya akan membuatnya mengalami iritasi. Selain air putih, kalian bisa mengonsumsi air kelapa atau minuman olahraga untuk membantu mengisi kembali elektrolit yang hilang.

6. Lindungi Kulit Melepuh Saat Penyembuhan Agar Terhindar Dari Infeksi


Lindungi Kulit Melepuh Saat Penyembuhan Agar Terhindar Dari Infeksi

Saat proses penyembuhan, lindungilah luka sunburn dari beberapa gesekan benda keras atau bahkan pakaian. Gunakan baju yang dapat menutupi kulit kalian ketika melakukan kegiatan di luar ruangan. Gunakan bahan yang tidak dapat menembus cahaya dan juga berbahan longgar akan pakaian tidak menggesek luka sunburn.

Hal ini karena pakaian yang ketat dapat membuat luka tertekan dan bahkan memecahakan luka lepuh sunburn kalian. Jika luka melepuh tersebut pecah dan terbuka, makan rentan mengalami infeksi dan bahkan semakin parah.

7. Kunjungi Dokter Jika Perlu Untuk Mendapatkan Penanganan Tepat


Kunjungi Dokter Jika Perlu Untuk Mendapatkan Penanganan Tepat

Seperti yang dikatakan sebelumnya jika meski terkesan sederhana, sunburn dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah. Kalian harus mencari bantuan medis jika kulit yang terbakar lebih dari sebagian tubuh, mengalami demam dan menggigil, serta pusing.

Jangan menggaruk kulit yang terkena luka bakar karena akan mengakibatkan infeksi. Tanda-tanda kulit kalian infeksi adalah terdapat nanah dan garis-garis merah pada kulit. Meskipun sunburn pada kulit akan dapat menghilang, namun terlalu banyak terkena sinar UV dapat menyebabkan kerusakan pada kulit yang bersifat tahan lama dan bahkan kanker.

Intip juga beberapa manfaat penggunaan sunblock untuk kulit di artikel berikut. Selain itu, simak beberapa kesalahan saat merawat wajah yang ternyata bikin jerawatan di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait