8 Cara Mudah Merawat Laptop Biar Awet dan Enggak Gampang Rusak, Lakukan Mulai Sekarang!
Tekno

Karena pemakaian yang kurang tepat, tanpa sadar kita malah menyebabkan laptop bermasalah. Karena itu, simak beberapa tips mudah ini untuk merawat laptop agar lebih tahan lama dan awet.

WowKeren - Di era modern seperti saat ini, laptop seolah jadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Sebab laptop bisa memudahkan kita dalam menyelesaikan tugas sekolah, kuliah maupun pekerjaan. Selain itu, laptop juga berperan penting untuk pecinta film maupun para gamers. Karena itulah, saat membeli laptop kita biasanya berharap agar bisa awet dan tahan lama.

Namun saat sudah digunakan kita mungkin jarang memperhatikan kondisi laptop. Banyak juga di antara kita yang tidak mengerti cara merawat laptop dengan baik dan benar lalu menggunakannya dengan asal-asalan. Jika sudah demikian, bukan tidak mungkin jika sewaktu-waktu laptop kita akan bermasalah atau bahkan mengalami kerusakan.

Kamu pasti tidak mau hal itu terjadi kan? Untuk menghindari itu, tim WowKeren telah merangkum beberapa tips yang mudah dilakukan untuk merawat laptop. Mau tahu apa saja itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Jangan Gunakan Laptop di Atas Kasur Biar Bisa Awet dan Tahan Lama


Jangan Gunakan Laptop di Atas Kasur Biar Bisa Awet dan Tahan Lama
Getty Images

Di antara kebiasaan banyak orang adalah menggunakan laptop di atas kasur. Padahal perilaku ini sangat tidak disarankan karena bisa berdampak buruk pada laptop itu sendiri. Hal ini disebabkan karena menggunakan laptop di atas kasur bisa menghambat sirkulasi udara di dalam laptop.

Jika sudah demikian, laptop kamu akan mengalami overheat atau kelebihan suhu. Akibatnya, kinerja perangkat keras laptop akan terganggu dan bisa mengalami kerusakan dalam waktu cepat. Nah, jika kamu tidak mau itu terjadi, mulai sekarang jangan lagi menggunakan laptop di atas kasur. Jika sulit untuk langsung menghentikan kebiasaan ini, kamu bisa menguranginya secara berkala.

2. Lakukan Pembersihan Secara Rutin Jika Tak Ingin Laptop Kamu Cepat Rusak


Lakukan Pembersihan Secara Rutin Jika Tak Ingin Laptop Kamu Cepat Rusak

Pembersihan laptop secara rutin sangat penting dilakukan karena tanpa kita sadari ada banyak sekali debu yang menempel dan masuk ke dalam laptop. Pembersihan ini tak hanya dilakukan di bagian luar laptop, tapi juga di bagian dalamnya. Di bagian luar, kalian bisa membersihkan debu yang menempel di sela-sela tombol keyboard dan di bagian layar. Kalau bisa gunakan tisu basah agar hasilnya lebih maksimal.

Setelah bagian luarnya dibersihkan, kamu juga harus membersihkan bagian dalam laptop atau hardware. Untuk membersihkan bagian dalam laptop, jangan menggunakan tisu basah, tapi kuas atau tisu biasa saja. Bersihkan dengan maksimal hingga tidak ada debunya lagi.

3. Jangan Gunakan Laptop Terlalu Lama dan Hindari Bermain Game yang Terlalu Berat


Jangan Gunakan Laptop Terlalu Lama dan Hindari Bermain Game yang Terlalu Berat

Saat sedang bermain game, para gamers mungkin bisa sampai lupa waktu dan tidak sadar kalau dia sudah bermain dengan sangat lama. Padahal dalam beberapa kasus, penyebab kerusakan paling banyak dari kerusakan laptop adalah karena pemiliknya memainkan game berat terlalu lama dan terus-menerus.

Jika game yang kamu mainkan ringan seperti Angry Birds atau Zuma tidak terlalu jadi masalah. Tapi beda ceritanya jika kamu terlalu lama memainkan game berat seperti GTA V, Call off Duty Advanced Warfare, PES 2016, dan sebagainya. Karena jika terus melakukan itu komponen laptop bisa oherheat dan baterai laptop bisa rusak atau bocor.

4. Jangan Sembarangan Menaruh Barang Berat di Atas Laptop Biar Enggak Gampang Rusak


Jangan Sembarangan Menaruh Barang Berat di Atas Laptop Biar Enggak Gampang Rusak

Sebagian orang terbiasa meletakkan barang di atas laptop saat sedang tak dipakai. Mulai dari kertas, pensil, handphone, tablet, buku dan sebagainya. Kebiasaan buruk ini tentu harus diperhatikan, karena bisa berdampak buruk pada laptop kita sendiri.

Kebiasaan menaruh barang di atas laptop, apalagi yang berat bisa menyebabkan kerusakan pada laptop itu sendiri. Yang rusak bisa saja layar maupun komponen laptop lainnya. Tanpa sadar, laptop kamu mungkin bakal ganti tema sendiri. Jika sudah demikian, biaya perbaikannya tentu tidak murah. Kamu pasti tidak mau itu terjadi kan?

5. Memindahkan Laptop Saat Menyala Bisa Membuatnya Mengalami Kerusakan


Memindahkan Laptop Saat Menyala Bisa Membuatnya Mengalami Kerusakan

Tanpa sadar kita mungkin sering memindahkan laptop dari satu tempat ke tempat lain dalam keadaan masih menyala. Hal ini biasanya kita lakukan misalnya saat ingin memperlihatkan sesuatu pada seseorang atau sekedar memindahkan posisi laptop ke sudut yang lebih nyaman. Tapi jika kamu sering melakukan itu, sebaiknya segera hentikan mulai dari sekarang.

Hal ini disebabkan karena saat laptop menyala, hard disk-nya juga sedang menyala. Nah, ketika piringan hard disk berputar, piringannya akan berubah jika digerakkan. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya goresan pada piringan hard disk. Akibatnya, hard disk akan mengalami bad sector atau penurunan speed read atau write secara signifikan. Karena itu, semua prosesnya akan melambat. Dan lama-kelamaan laptop kamu akan rusak.

6. Ingin Laptop Punyamu Awet dan Tahan Lama? Maka Jangan Browsing dan Download Sembarangan


Ingin Laptop Punyamu Awet dan Tahan Lama? Maka Jangan Browsing dan Download Sembarangan

Kita pasti akan merasa sangat kesal saat laptop terserang virus, karena virus itu akan mengganggu kinerja dari laptop. Sebagian besar virus berasal dari situs-situs tidak jelas yang kita akses, baik situs yang melakukan transfer file maupun aplikasi yang kita download dan instal sembarangan. Karena itu, sebaiknya jangan browsing dan download file sembarangan jika tak ingin laptop milikmu mengalami kerusakan.

Karena itu, jika ingin melindungi laptop dari serangan virus berbahaya sebaiknya selalu pasang antivirus yang bagus. Sebab antivirus ini nantinya akan memberikan peringatan kepada kita jika situs yang kita akses berbahaya. Selain itu, antivirus ini juga akan mencegah pengunduhan berbahaya yang mungkin tidak sengaja kamu lakukan.

7. Selalu Perhatikan Suhu Laptop Jika Ingin Laptopmu Awet, Tahan Lama dan Tak Mudah Rusak


Selalu Perhatikan Suhu Laptop Jika Ingin Laptopmu Awet, Tahan Lama dan Tak Mudah Rusak

Saat menggunakan laptop, kamu harus selalu memperhatikan suhunya. Sebab suhu yang tinggi merupakan salah satu penyebab overheat pada laptop yang berujung pada kerusakan. Kamu pasti tidak mau laptopmu cepat rusak bukan?

Karena itu, sebaiknya gunakan laptopmu sewajarnya saja. Jangan menggunakannya terlalu lama karena bisa meningkatkan suhunya dan mengalami overheat. Jika sudah demikian, berbagai komponen di dalamnya akan terancam bahaya, seperti motherboard, CPU, hard disk dan lain sebagainya.

8. Tak Ingin Laptop Gampang Rusak? Maka Jauhkan dari Makanan dan Minuman


Tak Ingin Laptop Gampang Rusak? Maka Jauhkan dari Makanan dan Minuman

Biasanya bermain laptop paling asyik jika ditemani dengan camilan, minuman maupun makanan. Apalagi jika laptop itu kita gunakan untuk menonton film atau sekedar mengerjakan tugas. Tapi sebaiknya kamu mulai berhati-hati jika sering melakukan itu. Sebab remukan makanan yang jatuh ke atas laptop bisa menyebabkan masalah yang cukup mengganggu. Kenapa demikian?

Hal ini disebabkan karena remukan makanan bisa saja jatuh ke atas tombol-tombol keyboard. Sebab jika begitu, tombol itu nantinya akan bermasalah dan kita juga yang akan kesulitan. Karena itu, sebaiknya gunakan pelindung keyboard pada laptop, agar keyboard tetap aman dan terlindungi. Dengan demikian, kamu bisa mengetik dengan aman dan nyaman.

Demikian delapan cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk merawat laptop. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai tips yang sebaiknya kamu perhatikan sebelum membeli laptop. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tanda-tanda laptop sedang terinfeksi virus.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait