Perhatikan Keaslian Foto Apakah Ada Yang Diedit Atau Tidak
Tekno

Saking mudahnya mendapatkan informasi dan berita terkini, banyak sekali orang tak bertanggung jawab menyebarkan berita palsu yang merugikan. Berita palsu ini kerap disebut dengan berita hoax.

WowKeren - Biasanya para pembaca akan langsung percaya dengan foto dan video yang dilihat. Padahal bisa jadi foto atau video tersebut adalah editan. Meskipun sangat meyakinkan, jangan terlalu mudah percaya pada foto atau video yang dibagikan melalui media sosial. Perlu diketahui bahwa di era teknologi digital saat ini, bukan hanya konten berupa teks yang bisa dimanipulasi, melainkan juga konten lain berupa foto atau video.

Selain itu, foto dan video editan bisa jadi tidak bisa dibedakan lagi dengan foto atau video aslinya oleh orang awam karena keahlian para tukang edit. Cara untuk mengecek keaslian foto bisa dengan memanfaatkan mesin pencari Google, yakni dengan melakukan drag-and-drop ke kolom pencarian Google Images. Hasil pencarian akan menyajikan gambar-gambar serupa yang terdapat di internet sehingga bisa dibandingkan.

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait